4 Faktor yang Harus Diperhatikan saat Memilih Produk Susu untuk Orang Dewasa

4 Cara Memilih Produk Susu untuk Orang Dewasa - Ensure 4 Cara Memilih Produk Susu untuk Orang Dewasa - Ensure

Perbesar Huruf :

Tentu Anda sudah pernah mendengar manfaat dari minum susu sejak kecil. Pasalnya, susu memang mampu mendukung pertumbuhan dan kesehatan, terutama bagi kesehatan tulang, otot, dan juga tubuh secara menyeluruh. Kandungan yang terdapat dalam susu seperti protein, kalsium, dan vitamin D menjadi asupan penting tidak hanya bagi anak-anak, tapi juga orang dewasa hingga lansia.

Memilih susu untuk orang dewasa di pasaran memang bukan hal yang mudah. Perlu disadari bahwa tidak semua susu untuk orang dewasa memiliki kandungan yang sama. Setiap produk asupan nutrisi atau produk mengandung susu tentunya akan memiliki formula khusus dan manfaat utama. Misalnya untuk menjaga kekuatan tulang atau mempertahankan massa otot dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan saat memilih susu untuk orang dewasa. Hal apa yang perlu Anda perhatikan?

 

Kenali Kandungan Nutrisi yang Diperlukan Tubuh

Jika Anda sering mengalami gangguan kesehatan ringan, seperti cepat lelah, badan lemas, meriang, pegal, flu atau batuk, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa daya tahan tubuh Anda sedang dalam kondisi yang kurang optimal. Padahal, daya tahan tubuh sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk mengeliminasi patogen yang masuk ke dalam tubuh sehingga membantu terhindar dari berbagai penyakit.

Semakin bertambahnya usia orang dewasa, kebutuhan energi juga dapat berkurang akibat penurunan metabolisme basal dan penurunan aktivitas fisik. Terdapat pula perubahan lain seperti penyerapan vitamin D yang kurang efektif. Pada beberapa kasus, penanganan dalam pemenuhan kebutuhan orang dewasa pun memang harus terkonsentrasi. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan gizi individu yang berbeda-beda.

Misalnya saja bagi Anda yang sudah memasuki usia lanjut, kekuatan otot Anda akan mengalami penurunan sebanyak 3% per tahun. Dengan demikian, asupan protein sebaiknya menjadi prioritas yang diperhatikan sehingga Anda mampu terhindar dari risiko penyakit sarkopenia.

Oleh karena itulah, kandungan nutrisi menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan saat memilih susu untuk orang dewasa. Namun, secara garis besar, Anda harus mempertimbangkan berapa kebutuhan nutrisi yang diperlukan pasalnya  orang-orang lansia memang membutuhkan nutrisi khusus per individu dan mungkin tidak bisa disamakan dengan orang lain.

Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan, adalah dengan memilih kandungan-kandungan yang dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh selagi Anda bertambah usia. Berikut adalah beberapa kandungan utama yang bisa jadi pertimbangan dalam memilih produk susu untuk orang dewasa:

 

1. Kandungan Protein

Biasanya, produk susu untuk orang dewasa atau asupan nutrisi tambahan memiliki kandungan protein. Namun, sebaiknya, pilihlah produk yang memang dirancang untuk menjaga kekuatan otot, jika kehilangan massa otot merupakan sesuatu yang Anda khawatirkan.

Terdapat tiga jenis protein yang bisa diperoleh lewat produk-produk susu untuk orang dewasa, yaitu protein whey, kasein, dan soya. Setiap protein ini memiliki kelebihan masing-masing. Jadi, pahami manfaatnya dan pastikan hal tersebut dapat mendukung kesehatan Anda.

 

2. Kandungan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium memiliki peran penting, beberapa di antaranya untuk gigi dan tulang, mengatur kontraksi otot serta detak jantung. Mineral satu ini menjadi kandungan yang terus dibutuhkan dari lahir sampai usia tua. Dalam tubuh, tulang menjadi bagian yang paling banyak kalsium karena bertindak sebagai tempat penyimpanan mineral. Namun, dengan bertambahnya usia, kalsium dalam tubuh akan menurun karena dilepaskan dari tubuh secara alami lewat kotoran, keringat, dan sel kulit.

Maka dari itu, pilihlah produk susu untuk orang dewasa atau asupan nutrisi tambahan dengan kandungan vitamin D yang tinggi, bukan hanya susu kalsium tinggi saja.

Baca Juga: 6 Karakteristik Produk Susu Kalsium Tinggi yang Baik bagi Lansia

 

3. Aman Bagi Pencernaan

Seiring berjalannya waktu, tubuh manusia akan mengalami penurunan, termasuk sistem pencernaannya. Jadi, sebaiknya cari produk asupan nutrisi tambahan dengan kandungan serat yang tinggi dan juga laktosa yang rendah. Dengan bertambahnya usia, tubuh Anda akan mengalami penurunan produksi laktase yang menyebabkan intoleransi laktosa, sehingga mengonsumsinya dapat memicu gejala-gejala seperti buang angin, diare, dan rasa tidak nyaman di perut. Oleh karena itu, konsumsi serat dengan jumlah yang tepat dapat melancarkan pencernaan dan menghindari risiko konstipasi, kolesterol tinggi, dan gula darah meningkat.

 

4. Rendah Gula

Pastikan produk susu untuk orang dewasa yang Anda pilih tidak mengandung gula tambahan yang banyak. Seperti yang kita ketahui bersama, mengonsumsi terlalu banyak gula tidak baik untuk kesehatan para pengidap diabetes melitus.

Itulah hal-hal yang wajib jadi pertimbangan Anda ketika memilih susu yang baik untuk orang dewasa. Kesimpulannya, memilih susu yang bagus untuk orang dewasa tidak semudah memilih susu kalsium tinggi atau dengan rasa tertentu. Ada berbagai macam kandungan yang perlu diperhatikan karena tubuh manusia membutuhkan banyak sekali nutrisi. Maka dari itu, semakin lengkap kandungannya, maka semakin banyak manfaat yang dapat diraih.

Susu Ensure dapat menjadi solusi tambahan bagi Anda yang ingin menjaga kekuatan dan kesehatan tubuh dengan nutrisi yang dikandungnya. Namun, sebelum mengonsumsinya, Anda disarankan untuk melihat label kemasan atau website ensure sebelum membeli untuk melihat kandungan dan saran penyajiannya. Selamat mencoba!

Ensure, brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan produk nutrisi yang telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure memiliki uji klinis untuk bantu jaga kekuatan dan daya tahan untuk aktif sehari-hari!

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021

Sumber

Panduan Lengkap Memenuhi Kebutuhan Gizi Lansia: https://hellosehat.com/lansia/gizi-lansia/panduan-memenuhi-kebutuhan-gizi-lansia/

Older Adults Nees More Protein: https://www.healthhub.sg/live-healthy/2076/seniors-need-more-protein