6 Karakteristik Produk Susu Kalsium Tinggi yang Baik bagi Lansia

6 Karakteristik Produk Susu Kalsium Tinggi yang Baik bagi Lansia 6 Karakteristik Produk Susu Kalsium Tinggi yang Baik bagi Lansia

Perbesar Huruf :

Selain Vitamin D, kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk dipenuhi pada lansia. Hal ini diperlukan untuk menguatkan tulang dan gigi. Lebih dari itu, kalsium juga bertugas sebagai penyokong yang memastikan otot, saraf, serta sel-sel di dalam tubuh bekerja dan berfungsi dengan baik.

Seperti yang kita ketahui, pada faktanya produksi kalsium pada tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan di antaranya oleh:

        Porsi makan yang makin sedikit akibat kurangnya nafsu makan karena umur Anda menua.

        Berkurangnya efisiensi kinerja ginjal, sehingga kalsium pun berkurang dalam urin.

Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan yang optimal agar nutrisi Anda terpenuhi setiap harinya. Hal ini bisa juga didukung dengan mengonsumsi susu berkalsium tinggi. Namun, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih  susu berkalsium tinggi untuk dewasa; bagi Anda atau orang terdekat Anda yang berusia lanjut. Simak enam karakteristik produk kalsium tinggi yang perlu diperhatikan berikut.

Tinggi Protein

Pada orang dewasa atau usia lanjut, keharusan untuk mengonsumsi protein tinggi mungkin sering dikaitkan dengan kebutuhan saat diet atau saat sedang menjalani pengobatan penyakit kronis. Namun, nyatanya bagi orang dewasa yang sehat sekalipun tetap membutuhkan kadar protein yang banyak di dalam tubuh. Sebab, keberadaan protein memiliki fungsi membantu pertahanan massa otot agar kecenderungan risiko mobilitas yang terganggu dan kesulitan pemulihan pascasakit dapat diredam.

Menurut penelitian, pada orang dewasa dan lanjut usia protein harian yang dibutuhkan bagi wanita adalah sekitar 55 gram, sedangkan untuk laki-laki sebanyak 65 gram.  Sumber protein ini bisa didapatkan melalui beberapa jenis makanan seperti daging dada ayam, daging tanpa lemak, biji-bijian, sayur-mayur, sampai kacang-kacangan.

Selain itu, konsumsi suplemen dan susu juga bisa mendukung pemenuhan kebutuhan ini sebab di dalamnya terdapat sumber-sumber protein tersebut. Misalnya pada susu Ensure dari Abbott, terdapat sumber protein yaitu whey, kasein, dan soya. Jadi, saat memilih susu berkalsium tinggi untuk orang tua, Anda perlu memerhatikan kandungan protein di dalamnya.

Bukan Sumber Kalori Kosong

Setelah memastikan kandungan protein pada klaim susu berkalsium tinggi, Anda juga perlu melihat takaran kalori di dalamnya. Dalam kata lain, kandungan kalori (energi) di dalamnya betul-betul memberikan manfaat gizi yang mumpuni.

Jika biasanya sumber kalori pada pangan bisa didapatkan dari jenis makanan seperti ikan laut (salmon), buah-buahan (pisang, alpukat), yang di dalamnya memiliki ragam kandungan seperti omega 3, serat, vitamin, folat, dan lain-lain, sama halnya dengan kandungan susu. Anda perlu memastikan kandungan dari hal-hal di atas tersebut.

Karakteristik ini merupakan hal yang esensial dalam susu, sebab tentu saat menyertakannya dalam rutinitas pemenuhan gizi harian, bertambahnya energi dalam beraktivitas menjadi salah satu manfaat yang ingin didapatkan.

Kandungan Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Karakteristik susu kalsium selanjutnya adalah kekayaan vitamin di dalamnya. Pada orang dewasa atau lanjut usia, kebanyakan memiliki kecenderungan kekurangan vitamin, sebab asupan makanannya yang mulai berkurang karena selera yang turut menurun. Hal ini bisa mengganggu kelangsungan aktivitas sehari-hari, bahkan kemampuan tubuh dalam melawan kuman penyakit.  

Ragam kandungan vitamin yang ditemukan dalam susu berkalsium tinggi, bisa menjadi salah satu manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh bagi orang dewasa dan lanjut usia. Mulai dari fungsi anti-inflamasi, memperkuat tulang, menangkal kuman penyakit, sampai menambah daya tahan tubuh.

Rendah Lemak Jenuh

Saat usia mulai menua, efektivitas fungsi organ di dalam tubuh Anda menjadi berkurang, khususnya dalam membakar kelebihan kalori dan lemak. Oleh karenanya, konsumsi akan lemak perlu dikurangi, khususnya lemak jenuh. Selain memiliki nutrisi yang sangat terbatas, konsumsi berlebih lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, mengganggu tekanan darah, dan juga persendian.

Pada usia lanjut, pembatasan konsumsi lemak jenuh pun perlu diterapkan sampai kurang dari 10% asupan kalori, agar risiko timbulnya penyakit bisa dihindari. Maka dari itu, karakteristik pada produk susu yang baik bagi orang dewasa, semestinya memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Seperti halnya yang berasal dari sumber biji-bijian atau minyak ikan.

Nyaman di Perut

Sensitivitas orang dewasa atau lanjut usia terhadap hal-hal yang dikonsumsi memang akan kian terasa. Hal tersebut bisa dipengaruhi kebiasaan-kebiasaan di saat masih muda, mulai dari gaya hidup, diet tidak sehat, konsumsi obat-obatan, atau penyakit yang pernah diderita. Hal ini kemudian menjadi akumulasi yang menyebabkan berkurangnya fungsi pencernaan.

Tidak jarang, pada orang lanjut usia memiliki ragam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti sering sembelit, divertikulitis, GERD, radang/iritasi pada usus, dan lain-lain. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar akan produksi susu orang dewasa yang memiliki sifat nyaman di perut. Kandungan serat di dalamnya dan kadar laktosa yang rendah akan membantu proses digestif agar saat mengonsumsinya, perut tetap terasa aman pada lansia.

Mengandung Nutrisi yang Lengkap dan Seimbang

Terakhir, karakteristik yang dimiliki susu berkalsium tinggi untuk orang dewasa adalah kelengkapan dan keseimbangan nutrisi di dalamnya. Kadar protein, vitamin, mineral, lemak nabati dan tingkat laktosanya dimaksudkan untuk menyokong kelebihan satu sama lain dalam memenuhi kebutuhan harian bagi orang dewasa.

Formulasinya pun teruji secara klinis, agar tidak terjadi kontraindikasi antara kandungan satu dan lainnya. Studi epidemiologis juga sudah membuktikan bahwa asupan susu dapat menyokong kesehatan, membantu fungsi organ tubuh lebih baik, dan menjaga kestabilan kinerja fisik seiring bertambahnya usia jika kandungannya saat kandungannya lengkap juga seimbang.

Nah, itu dia 6 karakteristik susu berkalsium tinggi yang baik bagi lansia, kandungan di dalamnya memang patut diperhatikan sebab kelengkapan kandungan nutrisinya memang penting untuk tubuh Anda. Mulai dari vitamin, mineral, protein, serta kadar laktosa dan lemak jenuh rendah merupakan hal esensial yang menjadikan alasan susu tersebut baik dikonsumsi oleh orang usia lanjut.

Berdasarkan alasan tersebut, Abbott menghadirkan susu Ensure sebagai pilihan untuk orang dewasa dan lanjut usia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang seimbang. Dilengkapi dengan triple protein (perpaduan Whey, Kasein, dan Soya), 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, sumber serat serta kadar laktosa yang rendah, membuat Ensure terasa nyaman diminum sebagai pelengkap untuk menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh Anda yang tentunya juga diiringi oleh olahraga teratur. Ensure juga tersedia dalam 2 varian rasa, yaitu vanila dan coklat yang bisa didapatkan langsung melalui minimarket atau supermarket terdekat.

 

*Pastikan untuk membaca label yang tertera pada kemasan dan konsultasikan dengan dokter Anda apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.