Tips Menghindari Penyakit Jantung Koroner, Simak Juga Jenis Susu untuk Kesehatan Jantung

Perbesar Huruf :

Tahukah Anda jika penyakit jantung koroner menjadi salah satu yang paling banyak diidap oleh penduduk di negara berkembang seperti Indonesia? Survei Sample Registration System (SRS) yang dilakukan pada 2014 di Indonesia menyatakan penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian tertinggi di setiap usia dengan persentase pengidap 12,9% setelah strok. Bila dikelompokkan berdasarkan usia, jantung koroner paling banyak diidap di kisaran 35 hingga 75 tahun ke atas.

 

Dari angka di atas, Anda perlu waspada. Pasalnya, penyakit jantung koroner juga diidap oleh orang yang usianya masih tergolong produktif. Agar terhindar dari penyakit ini, yuk ikuti tips menjaga kesehatan jantung dan simak rekomendasi susu untuk kesehatan jantung berikut.

 

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

1. Makanan Bergizi dan Seimbang Harus Ada dalam Menu Harian

Konsumsi makanan mengandung vitamin dan mineral, karbohidrat, serat, protein serta lemak sehat. Sumber mineral, vitamin, dan serat bisa diperoleh dari buah dan sayur. Lemak baik diperoleh dari alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan. Karbohidrat dari gandum, singkong, ubi, kentang, nasi, dan roti. Sumber protein dari tahu, tempe, ayam, daging, telur, ikan, dan susu untuk kesehatan jantung.

 

Khusus bagi susu untuk kesehatan jantung pastikan terdapat omega-3 dan omega-6. Omega-3 mampu meningkatkan kolesterol baik, mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah, tekanan darah tinggi, dan trigliserida. Sedangkan omega-6 mampu mengurangi peradangan. Susu untuk kesehatan jantung yang bisa Anda konsumsi setiap hari, yaitu Ensure.

 

Selain mengandung omega-3 dan 6, susu Ensure juga dilengkapi dengan Triple Protein (whey, kasein, dan soya), serat prebiotik FOS, 14 vitamin dan 9 mineral demi mendukung daya tahan tubuh, aktif, dan mandiri dalam menjaga berbagai kegiatan sepanjang hari.

 

2. Batasi Makanan Tinggi Lemak Jahat, Garam, dan Gula

Mengonsumsi makanan tinggi garam, gula, dan lemak jahat seperti cepat saji, gorengan, makanan manis, dan MSG terlalu banyak dan sering berisiko memicu penyakit jantung. Makanan tersebut bisa memicu tekanan darah tinggi dan memberikan efek buruk bagi jantung. 

 

3. Buat Seluruh Anggota Badan Bergerak dengan Berolahraga

Senam jantung sehat dan berjalan kaki menjadi salah satu olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan melakukan olahraga rutin akan membantu Anda mengontrol berat badan. Berat badan yang ideal tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung. 

 

Baca juga: Tetap Aktif dengan Senam untuk Jantung Sehat dan Otot yang Kuat Berikut Ini!

 

4. Relaksasi demi Hindari Stres Berlebih

Relaksasi dari berbagai kesibukan yang Anda jalani sepanjang hari bisa membantu mengurangi rasa stres berlebih. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya melakukan hobi, menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat, atau meditasi. 

 

5. Tidak Merokok dan Hindari Asapnya

Baik perokok aktif maupun pasif sama-sama berisiko mengalami sakit jantung koroner. Kandungan yang ada di dalam rokok seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida membuat paru-paru dan jantung rusak. Paru-paru jadi tidak bisa memasok udara yang mengandung oksigen dengan baik ke seluruh bagian tubuh termasuk jantung. Akibatnya jantung jadi tidak berfungsi maksimal dalam memompa darah.

 

6. Tidur Cukup dan Berkualitas

Kurang tidur di malam hari akan berimbas negatif pada kesehatan tubuh, salah satunya mempengaruhi kondisi jantung. Tiap usia memiliki jam waktu tidur yang berbeda-beda. Usia 18–60 tahun perlu tidur 7 jam setiap hari. Orang usia 61-64 tahun, perlu tidur 7-9 jam per hari. Sedangkan orang berusia 65 tahun ke atas tidur 7-8 jam per hari.

 

7. Memeriksa Kesehatan Secara Berkala

Kolesterol jahat yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2 berisiko memicu sakit jantung koroner.  Jika Anda sudah memiliki penyakit di atas baiknya jadikan pemeriksaan kesehatan secara berkala sebagai bagian dari gaya hidup. Dengan begitu Anda bisa mendeteksi secara dini penyakit jantung atau kondisi kesehatan lainnya. 

 

Umumnya pengecekan kesehatan akan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Pengecekan kesehatan ada baiknya dilakukan minimal satu tahun sekali.

 

Tujuh tips menghindari penyakit jantung koroner di atas perlu dilakukan secara konsisten. Buatlah komitmen pada diri sendiri dan ajak juga seluruh anggota keluarga untuk menerapkan gaya hidup sehat demi terhindar dari penyakit jantung koroner. 

 

Baca juga: 5 Buah yang Baik untuk Jantung para Orang Lansia