Tetap Aktif dengan Senam untuk Jantung Sehat dan Otot yang Kuat Berikut Ini!

Perbesar Huruf :

Aktif secara fisik menjadi salah satu cara jitu untuk memelihara kesehatan jantung. Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa memberikan manfaat seperti meminimalisir risiko terjadinya gagal jantung dan membuat jantung jadi lebih kuat. 

Tak hanya itu, olahraga juga membantu tubuh memperoleh berat badan yang ideal, mengontrol stres, kualitas tidur jadi lebih baik, tekanan darah tinggi bisa menurun, mood serta kepercayaan diri lebih meningkat.

Senam jantung sehat merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga agar jantung terus bekerja dengan baik. Senam jantung sehat membuat tubuh lebih berkeringat dan detak jantung menjadi lebih cepat.  Fungsi dari senam jantung sehat yaitu membuat aliran oksigen ke seluruh tubuh meningkat, otot jantung lebih kuat, dan membuat fungsi jantung bekerja lebih optimal.

Gerakan senam jantung sehat cukup bervariasi yaitu terdiri dari gerakan senam aerobik atau kardio dasar. Kecepatannya juga beragam ada yang intensitas ringan, sedang sampai berat. Beberapa gerakan senam jantung sehat yaitu jalan di tempat, squat jump, burpees, gerakan memanjat, atau jumping jacks. 

Tips Melakukan Senam Jantung Sehat Agar Memperoleh Hasil Maksimal

1. Lakukan pemanasan kurang lebih 5–10 menit untuk menghindari risiko cedera, membuat aliran darah jadi meningkat, dan melenturkan otot-otot. Saat melakukan pemanasan, pastikan kecepatan gerakan lebih lambat agar membantu jantung dan bagian tubuh lainnya menyesuaikan secara perlahan

2. Tutup senam jantung sehat dengan pendinginan kurang lebih 5–10 menit. Caranya dengan perlambat gerakan atau langkah secara bertahap – bukan berhenti (berdiri diam, duduk, berbaring) tiba-tiba. Pasalnya diam secara tiba-tiba justru akan membuat Anda merasa pusing dan jantung berdebar-debar cepat

3. Minumlah air mineral sebelum, selama, dan setelah melakukan senam jantung sehat

4. Tunggu minimal satu jam setelah makan sebelum melakukan olahraga

5. Lakukan senam jantung sehat minimal 30 menit, selama 5 kali seminggu

6. Bila saat melakukan senam jantung sehat mengalami nyeri dada, bahu, leher, lengan, atau pusing secara mendadak segera berhenti

7. Agar lebih bersemangat dan seru, Anda bisa memasang musik yang disukai dan mengajak  keluarga atau kerabat lain

8. Lakukan senam jantung sehat secara bertahap, misalnya bila sudah terbiasa melakukannya selama beberapa waktu, Anda bisa sedikit demi sedikit meningkatkan durasi olahraga menjadi lebih lama atau lebih banyak

9. Bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu seperti radang sendi, diabetes, hipertensi, dan paru-paru serta baru mulai melakukan olahraga atau sudah lama tidak melakukannya, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter sebelum memulai sesi senam jantung sehat. 

Selain senam jantung sehat, Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik lain seperti menaiki tangga, bersepeda, berjalan cepat, atau berenang kurang lebih 30 menit sehari. Aktivitas-aktivitas tersebut akan membantu jantung bekerja dengan optimal. 

Tips tambahan, jaga juga pola makan Anda. Kurangi mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, gula, dan garam serta perbanyak konsumsi serat. Bila perlu berikan nutrisi tambahan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan otot dengan mengonsumsi susu untuk orang tua seperti Ensure. 

Susu Ensure merupakan solusi nutrisi lengkap dan seimbang yang dilengkapi triple protein dari protein whey, kasein dan soya yang mudah mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Terdapat juga omega 3 & 6, rendah laktosa serta 14 vitamin dan 9 mineral, serat pangan, termasuk kalsium dan vitamin D yang besar manfaatnya untuk menjaga kepadatan tulang. 

 

Selain itu, susu Ensure dapat membantu jaga daya tahan tubuh dan memberi kekuatan agar aktif sepanjang hari. Ayo minum susu Ensure dua kali sehari secara rutin agar manfaat yang dirasakan bisa maksimal.