Tanya Jawab Ensure : Bagaimana Supaya Tubuh Tetap Dalam Kondisi Prima Saat Puasa di Masa Pandemi?

Tanya Jawab Ensure : Bagaimana Supaya Tubuh Tetap Dalam Kondisi Prima Saat Puasa di Masa Pandemi? Tanya Jawab Ensure : Bagaimana Supaya Tubuh Tetap Dalam Kondisi Prima Saat Puasa di Masa Pandemi?

Perbesar Huruf :

1. Bagaimana kebutuhan nutrisi kita di bulan puasa? apakah berbeda dengan bulan lainnya?

Kebutuhan nutrisi di bulan puasa pada prinsipnya adalah sama dengan bulan lainnya. Makronutrien yaitu zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan mikronutrien yaitu zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah relatif lebih sedikit, yaitu vitamin dan mineral. Yang membedakan saat bulan puasa sebenarnya adalah jadwal makannya, serta pembagian komposisi makanannya. Jika dibagi dalam presentasi total asupan harian, saat sahur 30-40%, buka puasa 10-20%, makan malam 40-50% dan sebelum tidur 10-20 %

2. Apa yang harus kita lakukan untuk memastikan kecukupan nutrisi di bulan puasa?

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan harian kita, sesuai dengan prinsip gizi seimbang, walaupun harus menyesuaikan dengan jadwal yang berbeda.Saat sahur, sebaiknya konsumsi menu makanan lengkap dengan karbohidrat kompleks contohnya nasi, kentang, serealia dan hindari karbohidrat olahan seperti mie, roti, pasta saat sahur. Lengkapi sahur dengan protein hewani misal ayam, ikan. konsumsi lemak yaitu minyak untuk menumis, serta buah dan 2 gelas air putih. Jangan lupa untuk mengonsumsi makro dan mikronutrien lainnya, Nah Segelas susu saat sahur bisa dikonsumsi untuk menambah asupan protein dan cairan kita, serta melengkapi makro dan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh

3. Untuk kondisi puasa di musim pandemi, adakah nutrisi yang harus kita tambah jumlah asupannya?

Saat pandemi seperti ini asupan nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan untuk dapat menjaga daya tahan tubuh. Asupan protein penting sekali diperhatikan, sumber protein yang bisa kita tambahkan dalam asupan harian misalnya : Protein hewani : ayam, ikan, daging, telur, susu, Protein nabati : tahu, tempe, kacang-kacangan serta biji-bijian. Serta kebutuhan akan mikronutrien juga penting selama pandemi. Beberapa mikronutrien berperan dalam menjaga daya tahan tubuh, seperti Vit A, Vit C, Vit D, VIt E, Zinc, Selenium

4. Apakah kita perlu minum suplemen? bagaimana mencukupi kebutuhan zat gizi mikro tanpa minum suplemen?

Penuhi asupan mikronutrien yaitu vitamin dan mineral terutama dari bahan makanan sumber. Vitamin dan mineral bisa kita dapatkan dari sumber buah-buahan serta sayur-sayuran. Jika asupan harian kurang dari yang direkomendasikan, silahkan tambahkan suplemen makanan

5. Kapan waktu yang tepat untuk minum susu di bulan puasa? berapa kali kita perlu minum susu?

Jika ingin mengonsumsi susu di bulan puasa, kita bisa minum 2 x dalam sehari, yaitu segelas susu saat sahur, dan segelas lagi sebelum tidur malam.
Susu mengandung makronutrien dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga konsumsinya dapat menjaga asupan harian kita dan membuat kita lebih ternutrisi.

6. Tips sehat dan bugar untuk berpuasa di masa pandemic untuk usia dewasa disamping memperhatikan asupan nutrisi?

Selain asupan nutrisi yang seimbang, diperlukan aktivitas fisik teratur serta istirahat yang cukup agar tetap sehat dan bugar di masa pandemi. WHO merekomendasikan aktivitas fisik sebanyak 150 menit/minggu. Lakukan olahraga intensitas ringan saat kita berpuasa, misalnya jalan kaki, jalan cepat, jogging, sepeda santai. Serta Pastikan istirahat/tidur cukup selama 6-8 jam per harinya