Tanya Jawab Ensure : Otot Kuat Kunci Masa Tua Berkualitas

Tanya Jawab Ensure : Otot Kuat Kunci Masa Tua Berkualitas Tanya Jawab Ensure : Otot Kuat Kunci Masa Tua Berkualitas

Perbesar Huruf :

1. Apakah anda mengetahui persentase jumlah massa otot kita berkurang seiring bertambahnya usia?

Massa otot menurun rata-rata 0,5-1,0% per tahun setelah dekade keempat kehidupan pada laki-laki dan perempuan. Sedangkandan kekuatan eksplosif  yang terakhir mewakili kemampuan untuk dengan cepat dan kuat menghasilkan kekuatan otot (yaitu kekuatan per waktu). Telah dilaporkan adanya penurunan kekuatan otot maksimal 1–2% dan kekuatan otot 3–5% per tahun pada ekstensor lutut, kelompok otot yang berperan dalam aktivitas sehari-hari.

2. Seberapa bahayakah penurunan massa otot terhadap kesehatan dan kegiatan sehari-hari?

Perubahan yang terjadi proses menua bisa menyebabkan adanya penurunan massa otot, maka fungsi otot juga berkurang. Akibatnya menyebabkan gangguan pada aktivitas harian, gangguan mobilitas dan menurunkan kualitas hidup. Otot punya peran penting dalam metabolisme protein tubuh, dimana mempengaruhi respon tubuh terhadap stres, dan pemulihan dari trauma atau penyakit. Penurunan massa otot, juga dapat menyebabkan kerentaan, peningkatan risiko jatuh, dan patah tulang.

3. Apa yang harus dilakukan untuk tetap mengoptimalisasikan massa otot di usia yang semakin bertambah?

Dianjurkan untuk melakukan latihan fisik dan berolahraga secara teratur. Jadi memang diharuskan kita tetap aktif secara fisik di setiap hari.  Jika seseorang belum terlalu aktif dan baru mulai melakukan latihan fisik atau berolahraga, maka harus dilakukan dengan perlahan. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai rutinitas latihan fisik atau olahraga yang baru, agar dapat disusun program latihan khusus yang disesuaikan dengan keadaan tubuh masing-masing sehingga mengoptimalkan manfaatnya bagi kesehatan dan terhindar dari risiko cedera atau risiko kesehatan lainnya.

4. Nutrisi seperti apa yang dibutuhkan untuk menjaga massa otot?

Prinsip utama untuk membangun massa otot adalah mengonsumsi nutrisi kaya protein. Standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah sekitar 56–59 gram per hari untuk perempuan dan 62–66 gram per hari untuk laki-laki. 

5. Latihan seperti apa yang dapat kita lakukan agar kekuatan otot selalu terjaga?

Dianjurkan latihan fisik dilakukan sejak masih berada pada usia 18–64 tahun minimal  dengan kombinasi latihan aerobik, latihan kekuatan, dan latihan kelenturan. Durasi 75 menit/minggu, untuk melakukan olahraga tersebut.