Tanya Jawab Ensure: Nutrisi Untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

3196x Dibaca
Tanya Jawab Ensure: Nutrisi Untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Tanya Jawab Ensure: Nutrisi Untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Perbesar Huruf :

Q: Bagaimana memenuhi kebutuhan gizi saat berpuasa ?

A: Ketika kita berpuasa selama 13 – 14 jam sehari maka tubuh kita akan sangat tergantung pada cadangan energi di dalam badan. Oleh sebab itu Anda harus makan dengan prinsip gizi seimbang dan jangan sampai melewatkan sahur.

Caranya, yang pertama konsumsilah bahan makanan sumber karbohidrat komplek seperti misalnya nasi, umbi-umbian seperti ubi, singkong dan juga kentang. Kemudian tambahkan dengan sayur-sayuran sebagai sumber serat dan jangan lupa Anda harus menambahkan protein di dalam makanan Anda ketika sahur. Anda juga bisa menambahkan susu sebagai salah satu sumber protein dan energi untuk berpuasa sehari penuh.

Q: Tips agar imunitas tetap bagus walau berpuasa?

A: Agar imunitas tetap terjaga, ingatlah bahwa Anda harus cukup makan dan penuhilah kebutuhan protein Anda. Karena di dalam bahan makanan sumber protein juga terkandung mineral, seng, dan selenium. Ini bisa Anda dapatkan dari bahan makanan sumber seperti telur, ikan, ayam, dan daging. Selain itu, di dalam ikan juga terkandung vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubu. Tidak lupa juga penuhi vitamin C Anda dengan mengonsumsi buah-buahan sebanyak 2 porsi sehari yang bisa dikonsumsi pada waktu berbuka puasa dan juga sahur. Jangan lupa istirahat yang cukup, kemudian olahraga teratur dan juga manage stress Anda

Q: Nutrisi apa yang perlu diperhatikan lebih khususnya untuk lansia?

A: Salah satu nutrisi yang perlu diperhatikan pada orang tua adalah kalsium, karena biasanya kepadatan tulangnya sudah mulai menurun. Dengan mengonsumsi satu gelas susu per hari setidaknya kita bisa mencukupi 25% dari kebutuhan kalsium sehari. Kalsium juga bisa kita dapatkan dari bahan makanan sumber lain, misalnya ikan, ayam, dan daging ataupun protein nabati.

Salah satu vitamin yang juga rentan kurang pada orang tua adalah vitamin D-12, karena biasanya tambahan makanan sumbernya sulit untuk dikonsumsi orang tua (daging, ayam karena keterbatasan untuk mengunyah). Oleh sebab itu perhatikan pengolahannya dan sebisa mungkin dibuat dalam bentuk kecil-kecil sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

Hindari juga makanan yang terlalu berminyak karena pada orang tua pengosongan lambungnya sudah lebih lambat sehingga dikhawatirkan bisa menimbulkan keluhan sebah atau kembung.