Olahraga dan Senam Jantung Sehat yang Bisa Dilakukan Secara Aman Setiap Pagi

Olahraga & Senam Jantung Sehat, Aman Dilakukan Setiap Pagi! Olahraga & Senam Jantung Sehat, Aman Dilakukan Setiap Pagi!

Perbesar Huruf :

Langkah-langkah apa yang Anda lakukan sebagai cara menjaga kesehatan otot, hati, dan juga kesehatan secara menyeluruh? Apakah itu termasuk melakukan salah satu jenis olahraga aerobik atau kardio, seperti senam jantung sehat?

Faktanya, olahraga jenis aerobik atau kardio memang membawa manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan fisik, terutama fungsi hati. Kemudian, bukan hanya itu saja! Olahraga seperti senam kesehatan jantung juga sangat mudah dilakukan karena Anda tidak perlu tempat yang luas atau alat-alat khusus. Bisa jadi, perlengkapan yang dibutuhkan sudah ada di rumah dan bisa langsung Anda praktikkan.

Ingin tahu manfaat serta jenis-jenisnya? Simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung

Olahraga kardio dan aerobik membantu detak jantung lebih cepat serta memicu darah agar mengalir lebih cepat. Nantinya, darah akan dapat membawa lebih banyak oksigen ke seluruh jaringan tubuh serta sehatkan jantung dan paru-paru.

Menurut the American Heart Association olahraga jenis ini dibutuhkan setidaknya 30 menit selama 5 hingga 7 hari dalam seminggu. Kemudian, jika tidak kuat untuk melakukannya selama 30 menit berturut-turut, Anda masih dapat membaginya menjadi beberapa sesi, misalnya: 15 menit jalan pagi hari dan 15 menit di sore hari. Yang paling penting adalah berolahraga secara aman dan rutin.

Berikut adalah manfaat dari melakukan olahraga aerobik atau kardio bagi kesehatan!

  • Risiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dementia yang lebih rendah
  • Tingkatkan fungsi kognitif, termasuk proses berpikir, kemampuan konsentrasi, serta ingatan yang lebih baik
  • Tingkatkan kualitas tidur
  • Tingkatkan kesehatan otot, termasuk otot jantung
  • Bantu kurangi gejala depresi dan cemas
  • Kurangi risiko obesitas dan berat badan berlebih

Manfaat yang disebutkan ini hanyalah sebagian dari kebaikan olahraga aerobik dan kardio, termasuk senam jantung sehat. Tapi, bagaimana cara memperoleh manfaat di atas, ya?

Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan & Cara Aman Berolahraga

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, keamanan saat berolahraga adalah hal yang penting. Jadi, Anda perlu persiapan yang matang untuk menghindari cedera.

  • Hindari olahraga yang membuat Anda terlalu lelah
  • Ikuti instruksi dari pemandu senam atau bacalah buku instruksi sebelum olahraga
  • Lakukan pemanasan dan juga pendinginan tubuh
  • Pastikan olahraga dilakukan pada lingkungan yang aman (contoh: hindari jalan raya)
  • Jangan lupa untuk minum agar tidak dehidrasi
  • Bila perlu, ajak salah satu anggota keluarga untuk mendampingi Anda

Setelah memahami langkah-langkah amannya, sekarang Anda dapat mempraktikkan olahraga senam jantung sehat. Berikut adalah panduan singkatnya!

  • Berjalan pelan-pelan atau jogging di sekitar kediaman
  • Melakukan kegiatan lari di tempat (high knees)
  • Membuka kaki lebar dan merentangkan tangan, kemudian memutar dan menundukkan badan agar salah satu tangan menyentuh lantai (rotational jacks)
  • Melangkah ke kanan dua kali, kemudian ke kiri dua kali (lateral shuffles)
  • Bersepeda di sekitar kediaman
  • Berdansa di rumah (atau melakukan senam “poco-poco”)
  • Berkebun

Catatan: utamakan keamanan fisik Anda saat berolahraga. Konsultasikan pada dokter bila Anda punya penyakit tertentu yang meningkatkan risiko cedera.

Perlukah Olahraga untuk Kekuatan Massa Otot?

Kekuatan otot adalah salah satu indikator dari kesehatan tubuh dan Anda tetap harus fokus berolahraga demi menjaga kesehatannya. Pasalnya, meski Anda berusia paruh baya, ‘usia otot’ atau muscle age yang Anda miliki mungkin jauh lebih tua dari itu.

Memang, penurunan massa otot karena pertambahan usia (sarcopenia) adalah hal yang wajar terjadi di kehidupan. Namun, sebisa mungkin, lakukan olahraga (seperti senam jantung sehat) dan perbanyak konsumsi protein agar tubuh lebih kuat lebih lama.

Salah satu cara menjaga kesehatan otot lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan minum produk susu tinggi protein berkualitas, salah satunya adalah susu Ensure. Pasalnya, Ensure diperkaya dengan formula unik Triple Protein yang merupakan gabungan dari whey, soya, dan juga casein untuk memberi kebaikan protein yang optimal bagi tubuh Anda.

Selain itu, Ensure juga mengandung 14 vitamin dan 9 mineral, omega 3 & 6, serat pangan FOS, kalsium dan vitamin D, rendah laktosa, dan juga mengandung nutrisi penting lainnya. Kebaikan-kebaikan ini ada pada seluruh varian Ensure, yakni dengan rasa vanila dan cokelat dalam kemasan 150gr*, 400gr, dan juga 900gr. (Catatan: kemasan 150gr hanya tersedia untuk varian vanila). Tapi, sebelum mengonsumsi Ensure secara rutin, jangan lupa untuk baca label pada kemasan sebelum membeli dan kunjungi website Ensure untuk informasi lebih lanjut.