Pentingnya Melakukan Latihan Kekuatan Otot dan Cara Mudah Melakukannya

Penting Latihan Kekuatan Otot dan Cara Mudah Melakukannya Penting Latihan Kekuatan Otot dan Cara Mudah Melakukannya

Perbesar Huruf :

Rutin melakukan latihan kekuatan otot ternyata tidak hanya memberikan dampak yang baik pada bentuk tubuh. Namun, kegiatan olahraga ini juga memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan imun hingga meminimalisir stres.

Latihan kekuatan umumnya dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, memperkuat sendi, serta menambah stamina. Namun, sebelum memulai latihan kekuatan, Anda dianjurkan untuk mempelajari lebih dahulu jenis dan teknik latihan kekuatan yang cocok untuk melatih bagian otot tubuh Anda.

Untuk mengurangi risiko cedera dan memaksimalkan manfaat latihan kekuatan, Anda disarankan untuk melakukan latihan kekuatan otot secara bertahap sebanyak 2 kali per minggu, tetapi jangan dalam waktu 2 hari berturut-turut. Latihan kekuatan dapat dilakukan di pusat kebugaran atau di rumah dengan peralatan yang sederhana. Hanya saja perlu Anda ingat, sebelum melakukan latihan kekuatan otot, Anda harus terlebih dahulu melakukan pemanasan berupa jalan cepat atau stretching selama 5–10 menit.

Manfaat yang Diperoleh dari Latihan Kekuatan Otot

Tidak hanya meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, latihan kekuatan juga dapat memberikan beberapa manfaat berikut ini:

        Memperlancar peredaran darah

        Meningkatkan metabolisme dan menjaga fungsi organ tubuh

        Meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang

        Menjaga fleksibilitas dan keseimbangan tubuh

        Memperbaiki postur tubuh

        Mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, arthritis, diabetes, obesitas, dan sakit pinggang

        Meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia

Namun, Anda perlu ingat, manfaat tersebut tidak bisa didapatkan secara instan. Untuk memperoleh manfaat latihan kekuatan otot, Anda perlu melakukannya secara rutin serta menerapkan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat dengan cukup, menghindari stres, dan tidak merokok.

Jenis-Jenis Latihan Kekuatan Otot

Berikut ini adalah beberapa jenis latihan kekuatan otot yang dapat Anda lakukan tanpa bantuan alat khusus:

1. Squats

Gerakan squat adalah salah satu latihan yang baik untuk melatih tubuh bagian bawah dan inti otot, jika Anda melakukan latihan ini secara teratur, maka Anda dapat mengencangkan otot paha dan pinggul serta meningkatkan sirkulasi pencernaan.

Cara melakukan squat yang benar:

        Awali dengan posisi berdiri tegak

        Berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul

        Turunkan tubuh Anda sejauh yang Anda bisa dengan mendorong punggung ke belakang, sambil naikkan lengan Anda lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan

        Tubuh bagian bawah harus sejajar dengan lantai dan dada harus dibusungkan, tidak membungkuk. Lalu angkat sebentar dan kembali ke posisi awal

        Saat Anda menurunkan tubuh Anda seperti ingin duduk atau jongkok, paha belakang memanjang di sendi pinggul dan memperpendek sendi lutut

        Pada saat yang sama, otot punggung atas menegang, yang membantu Anda mempertahankan batang tubuh Anda tetap tegak, sehingga punggung Anda tidak berputar

2. Sit Up

Sit up merupakan sebuah aktivitas olahraga atau latihan kekuatan otot perut yang bertujuan untuk memperkuat otot-otot perut dan mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan massa otot tanpa lemak. Selain untuk menguatkan beberapa otot tersebut, latihan sit up juga dapat mengurangi lemak pada bagian perut sehingga lingkar perut berlebih dapat diatasi.

Cara melakukan sit up dengan gerakan standar:

        Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki Anda berlabuh

        Selipkan dagu ke dada untuk memanjangkan bagian belakang leher

        Silangkan tangan Anda dengan tangan di bahu yang berlawanan atau letakkan telapak tangan Anda di samping tubuh Anda

        Buang napas saat Anda mengangkat tubuh bagian atas ke arah paha

        Tarik napas saat Anda perlahan-lahan menurunkan diri kembali ke lantai

3. Mountain Climbers

Gerakan mendaki gunung atau yang juga dikenal dengan sebutan mountain climbers jika dilakukan secara tepat sangat bermanfaat untuk memperkuat otot dan sendi. Gerakan dasar ini dikemas dengan banyak manfaat, dan merupakan pokok dalam High-intensity interval training. Bagaimana melakukan gerakan mountain climbers?

        Mulailah dengan posisi seperti akan melakukan push up dengan tangan tepat di bawah bahu dan kaki terentang di belakang

        Dorong lantai menjauh dari tubuh dan lihat ke depan secara diagonal

        Tubuh harus dalam garis lurus

        Tekuk satu lutut dan tarik ke dada, lalu luruskan di belakang

        Ulangi di sisi lain, bergantian tanpa henti, seperti orang yang sedang menaiki gunung

4. Yoga

Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Manfaat yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar, tetapi juga dapat membantu mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah. Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu Anda menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran.

Guna mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda harus memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuan melakukan yoga serta preferensi pribadi Anda. Mungkin Anda bisa menjadikan yoga hatha, iyengar, dan kripalu sebagai permulaan, karena jenis yoga ini memiliki gerakan ringan.

Itulah tadi manfaat dari melakukan latihan kekuatan otot dan cara mudah untuk melakukannya. Selain rutin melakukan latihan kekuatan otot, jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuh Anda. Mulai dari vitamin, mineral, protein, serta kadar laktosa dan lemak jenuh rendah merupakan hal esensial yang menjadikan alasan susu tersebut baik dikonsumsi oleh orang usia lanjut.

Berdasarkan alasan tersebut, Abbott menghadirkan produk nutrisi Ensure sebagai pilihan untuk orang dewasa dan lanjut usia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang seimbang. Dilengkapi dengan triple protein (perpaduan Whey, Kasein, dan Soya), 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, sumber serat serta kadar laktosa yang rendah, membuat Ensure nyaman diminum sebagai pelengkap untuk membantu menjaga daya tahan dan kebugara tubuh Anda, tentunya jika disertai makanan bergizi dan juga olahraga teratur.

Produk nutrisi Ensure juga telah didukung 30 uji klinis, dan dapat membantu jaga daya tahan tubuh dan memberi kekuatan aktif sehari-hari. Ensure juga rendah laktosa sehingga nyaman di perut dan tidak menggunakan pemanis buatan. Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah kebaikan nutrisi Ensure secara rutin dua kali sehari. Ensure juga tersedia dalam 2 varian rasa, yaitu vanila dan coklat yang bisa didapatkan langsung melalui minimarket atau supermarket terdekat.

 

*Pastikan untuk membaca label yang tertera pada kemasan dan konsultasikan dengan dokter Anda apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

 

Sumber:

https://tirto.id/bagaimana-latihan-kekuatan-dan-daya-tahan-otot-giLH

https://www.youtube.com/watch?v=aXd1MsuEUw8&t=662s