7 Olahraga yang Tepat untuk Jaga Kesehatan Jantung

687x Dibaca
7 Olahraga yang Tepat untuk Jaga Kesehatan Jantung 7 Olahraga yang Tepat untuk Jaga Kesehatan Jantung

Perbesar Huruf :

Jantung adalah organ tubuh yang sebagian besar terdiri dari otot; dan seperti yang kita tahu, otot akan semakin kuat dan sehat jika menerapkan gaya hidup aktif.

Dengan kata lain, untuk menjaga dan memperkuat kesehatan jantung, Anda perlu menerapkan gaya hidup aktif dengan rutin berolahraga.

Menurut penelitian, orang yang tidak atau jarang berolahraga lebih berisiko terkena penyakit jantung dibanding orang dengan gaya hidup aktif.

Risiko penyakit jantung juga meningkat seiring bertambahnya usia. Penuaan menyebabkan perubahan pada jantung dan pembuluh darah, yang mungkin meningkatkan risiko penyakit jantung. Penuaan juga berkaitan dengan kurangnya respons tubuh dalam menghadapi penyakit jantung.

 

Apakah Olahraga Bisa Memperkuat Jantung Lansia?

Dengan faktor-faktor di atas, maka disarankan lansia untuk memiliki gaya hidup aktif dan menghindari gaya hidup sendentari.

Salah satu gaya hidup aktif yang bisa dijalani lansia adalah rutin berolahraga. Tentu saja akan timbul pertanyaan apakah benar olahraga bisa memperkuat jantung lansia?

Asosiasi Ahli Penyakit Jantung Amerika Serikat merekomendasikan setidaknya orang dewasa melakukan olahraga 150 menit per minggu dengan intensitas sedang.

Pertanyaanya, apa olahraga yang tepat untuk kesehatan jantung? Di bawah ini beberapa rangkuman olahraga yang bermanfaat menjaga jantung tetap sehat. Yuk, simak selengkapnya!

1. Stretching

Stretching bukanlah olahraga yang berdampak langsung pada jantung. Stretching memberi manfaat pada otot muskulosketal, yang akan menjadi pondasi pada olahraga-olahraga lain untuk kesehatan jantung.

 

Menurut penelitian terbaru, Stretching pasif yang dilakukan selama 12 minggu berturut-turut dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan dinding arteri sentral maupun perifer, dan meningkatkan fungsi jantung.

 

Dengan kata lain, Stretching dapat menjadi salah satu olahraga pilihan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

2. Yoga

Anda bisa memilih yoga untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Yoga meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah.

 

Sebagai manfaat tambahan, yoga juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, kadar gula darah, dan detak jantung. Yoga tidak hanya baik bagi orang yang ingin menjaga kondisi jantung tetap sehat, tapi juga bagi orang dengan penyakit jantung.

 

British Heart Foundation merekomendasikan orang dengan penyakit jantung untuk melakukan yoga. Alasannya karena beberapa manfaat yoga membantu mengurangi stres, kecemasan, dan menurunkan risiko depresi; hal yang dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

 

3. Zumba

Zumba adalah salah satu alternatif olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Zumba merupakan olahraga interval perubahan gerakan antara intensitas tinggi dan ringan sehingga dapat meningkatkan ketahanan jantung.

 

Penelitian menunjukkan, wanita yang melakukan olahraga zumba dapat menekan risiko penyakit jantung. Zumba terbukti dapat menjaga berat badan ideal dan menurunkan tekanan darah.

 

4. Jalan Kaki Cepat

Salah satu olahraga yang mudah, murah, dan bisa dilakukan di mana saja adalah jalan kaki cepat. Anda cukup jalan kaki cepat 30 menit setiap hari 5 kali dalam seminggu untuk menjaga jantung tetap sehat.

 

Dengan intensitas yang disesuaikan, jalan kaki juga termasuk olahraga yang baik bagi penderita jantung lemah. Alasannya, olahraga jalan kaki meningkatkan kekuatan otot dan menjaga tubuh kehilangan ketahanannya atau membuat otot lemah.

 

Anda bisa memulai olahraga ini dengan kecepatan sedang terlebih dahulu, ketika sudah cukup kuat bisa tambahkan kecepatannya.