Manfaat Olahraga untuk 50 Tahun Keatas

1934x Dibaca
Manfaat Olahraga untuk 50 Tahun Keatas Manfaat Olahraga untuk 50 Tahun Keatas

Perbesar Huruf :

Tahukah Anda bila olahraga untuk orang tua yang dilakukan secara teratur saat usia 50 tahun pun dapat memiliki dampak kesehatan yang sama dengan olahraga yang dilakukan di masa muda?

Menurut penelitian terbaru di Amerika pada tahun 2019, penyakit penyebab kematian seperti penyakit jantung dan kanker dapat berkurang dengan melakukan aktivitas fisik teratur, dan angkanya terlihat hampir sama pada orang yang melakukan dari usia muda ataupun baru memulainya setelah usia 40 bahkan 50 tahunan. Selain itu, olahraga orang tua yang dilakukan secara teratur akan membuat secara psikologis perasaan yang lebih bahagia dan lebih berenergi.

 

Manfaat olahraga untuk usia 50 tahun keatas ini dapat terlihat bila Anda setidaknya beraktivitas fisik sedang (seperti berkebun, melakukan pekerjaan rumah) setidaknya selama total 150 menit per minggu atau aktivitas yang lebih intens (seperti jogging, aerobik, dan berenang) selama setidaknya 75 menit per minggu.

 

Berikut panduan agar Anda dapat menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup Anda.

 

1. Tentukan motivasi Anda

Walaupun usia sudah memasuki kepala 5, bukan berarti Anda menyiapkan pensiun dengan rencana untuk berdiam diri di rumah saja. Ini saatnya mewujudkan ambisi yang mungkin tertunda ketika Anda masih sibuk bekerja saat usia muda dulu. Untuk mengejarnya, pastikan fisik Anda kuat membawa kemanapun Anda ingin melangkah. 

 

2. Konsultasikan dengan dokter Anda

Tujuan utama adalah untuk menjadi sehat dan tetap sehat agar Anda dapat melakukan impian Anda saat lanjut usia. Oleh karena itu, konsultasikan kepada ahlinya jenis olahraga untuk usia 50 tahun yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda, serta nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukungnya.

Buatlah jadwal latihan dan asupan harian yang sesuai dengan masukan dari dokter dan segeralah memulainya.