Manfaat Olahraga untuk 50 Tahun Keatas

Perbesar Huruf :

Tahukah Anda bila olahraga untuk orang tua yang dilakukan secara teratur saat usia 50 tahun pun dapat memiliki dampak kesehatan yang sama dengan olahraga yang dilakukan di masa muda?

Menurut penelitian terbaru di Amerika pada tahun 2019, penyakit penyebab kematian seperti penyakit jantung dan kanker dapat berkurang dengan melakukan aktivitas fisik teratur, dan angkanya terlihat hampir sama pada orang yang melakukan dari usia muda ataupun baru memulainya setelah usia 40 bahkan 50 tahunan. Selain itu, olahraga orang tua yang dilakukan secara teratur akan membuat secara psikologis perasaan yang lebih bahagia dan lebih berenergi.

 

Manfaat olahraga untuk usia 50 tahun keatas ini dapat terlihat bila Anda setidaknya beraktivitas fisik sedang (seperti berkebun, melakukan pekerjaan rumah) setidaknya selama total 150 menit per minggu atau aktivitas yang lebih intens (seperti jogging, aerobik, dan berenang) selama setidaknya 75 menit per minggu.

 

Berikut panduan agar Anda dapat menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup Anda.

 

1. Tentukan motivasi Anda

Walaupun usia sudah memasuki kepala 5, bukan berarti Anda menyiapkan pensiun dengan rencana untuk berdiam diri di rumah saja. Ini saatnya mewujudkan ambisi yang mungkin tertunda ketika Anda masih sibuk bekerja saat usia muda dulu. Untuk mengejarnya, pastikan fisik Anda kuat membawa kemanapun Anda ingin melangkah. 

 

2. Konsultasikan dengan dokter Anda

Tujuan utama adalah untuk menjadi sehat dan tetap sehat agar Anda dapat melakukan impian Anda saat lanjut usia. Oleh karena itu, konsultasikan kepada ahlinya jenis olahraga untuk usia 50 tahun yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda, serta nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukungnya.

Buatlah jadwal latihan dan asupan harian yang sesuai dengan masukan dari dokter dan segeralah memulainya.

 

3. Start low, go slow

Anda mungkin sudah bersemangat menggunakan semua alat olahraga yang sudah Anda persiapkan, namun jangan lupa untuk melakukan stretching yang benar terlebih dahulu sebelum memulai latihan apapun. Setelah itu mulailah latihan dengan intensitas ringan terlebih dahulu, dan taati jadwal latihan yang sudah Anda buat.

 

4. Kuncinya adalah keteraturan

Walaupun sibuk, usahakan selalu mengikuti rencana latihan Anda, dan lakukan variasi olahraga untuk menghindarkan kebosanan. Misalnya, Anda bisa melakukan jalan cepat (100 langkah per menit) sekitar rumah, bergantian dengan bersepeda, berenang atau aerobik dengan mengikuti video tutorial secara online.

 

5. Nutrisi untuk dukung gaya hidup sehat Anda

Jangan lupakan peran nutrisi yang penting dalam mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Pastikan juga asupan protein berkualitas harian Anda yang dapat berfungsi dalam menjaga kesehatan otot dan juga memperbaiki jaringan yang rusak. Lengkapi juga nutrisi harian dengan vitamin dan mineral yang dapat mendukung daya tahan tubuh dan juga kekuatan Anda.

 

Bila perlu, lengkapi nutrisi harian dengan segelas Ensure, yang merupakan solusi nutrisi lengkap dan seimbang dengan tTriple Protein, yaitu perpaduan unik protein whey, kasein dan soya, mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Ensure juga dilengkapi omega 3 & 6, rendah laktosa serta 14 vitamin dan 9 mineral, termasuk kalsium dan vitamin D yang besar manfaatnya untuk menjaga kepadatan tulang. Selain itu, manfaat Ensure juga telah didukung 30 uji klinis, dan terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memberi kekuatan aktif sepanjang hari. Dengan teratur melakukan olahraga untuk 50 tahun keatas dilengkapi dengan nutrisi tepat, Anda akan segera membuktikan bahwa usia bukan halangan untuk menikmati hidup sehat.

 

Sumber:

Saint-Maurice PF, Coughlan D, Kelly SP, et al. 2019. Association of Leisure-Time Physical Activity Across the Adult Life Course With All-Cause and Cause-Specific Mortality. JAMA Netw Open.;2(3):e190355.

 

Puggle, M. 2019. Getting Into Shape After Age 40: The Best Ways to Do It. Diakses dari https://www.healthline.com/health-news/how-to-finally-get-in-shape-after-40