Cegah Hilangnya Massa Otot untuk Jaga Kekuatan dan Daya Tahan Tubuh

2005x Dibaca
Cegah Hilangnya Massa Otot untuk Jaga Kekuatan dan Daya Tahan Tubuh Cegah Hilangnya Massa Otot untuk Jaga Kekuatan dan Daya Tahan Tubuh

Perbesar Huruf :

Cegah kurangnya massa otot dini untuk hidup yang berkualitas. Sejak usia 40 th, kehilangan massa dan kekuatan otot dapat dipercepat oleh karena gaya hidup yang kurang sehat, baik karena pola makan yang tidak seimbang, kurang bergerak ataupun kondisi sakit yang membutuhkan bedrest (rawat inap). Jika hal tersebut dibiarkan, maka dapat menyebabkan hilangnya massa otot akibat pengurangan jumlah massa otot dan penurunan ukurannya. Kombinasi massa otot yang lebih sedikit dan lebih kecil menyebabkan otot menjadi atrofi atau menyusut, sehingga memicu terjadinya sarkopenia. 

Gejala sarkopenia dapat bervariasi tergantung pada seberapa banyak massa otot yang hilang. Gejalanya meliputi:

  • Penurunan massa dan ukuran otot
  • Cepat lLelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari
  • Kehilangan daya tahan tubuh, mudah sakit 
  • Keseimbangan yang buruk
  • Kesulitan menaiki tangga

Gejala-gejala tersebut dapat menyebabkan disabilitas diikuti kualitas hidup yang menurun. Menurut International Osteoporosis Foundation (IOF), massa otot mulai menurun sekitar usia 40 tahun. Hilangnya jaringan otot dapat berkembang lebih cepat ketika seseorang mencapai usia 60-an dan 70-an.