Begini Cara Menjaga Kesehatan Otot Agar Terhindar dari Nyeri dan Pegal

551x Dibaca
Begini Cara Menjaga Kesehatan Otot Agar Terhindar dari Nyeri dan Pegal Begini Cara Menjaga Kesehatan Otot Agar Terhindar dari Nyeri dan Pegal

Perbesar Huruf :

Manusia membutuhkan otot serta tulang untuk melakukan fungsi gerak hariannya. Seseorang yang memiliki otot yang kuat akan memiliki kontrol, keseimbangan, serta koordinasi tubuh yang baik.

Oleh karenanya, Anda perlu menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan otot agar tetap bisa aktif bergerak saat usia senja.

Apalagi, manusia mulai kehilangan massa otot ketika berusia 30-40 tahunan. Dengan demikian, Anda yang sudah berusia atau menjelang usia 40 tahunan perlu memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan otot tubuh Anda.

Manfaat Menjaga Kesehatan Otot

Kebugaran dan kesehatan otot merupakan salah satu dari tiga jenis kebugaran fisik yang diperlukan manusia. Ketika kebugaran fisik terjaga, maka Anda dengan mudah melakukan aktivitas setiap hari, seperti membawa barang yang lebih berat atau tidak mudah merasa lelah.

Manfaat lain dari menjaga kesehatan otot adalah membantu persendian, otot dapat bekerja lebih lama, lemak tubuh menjadi lebih sedikit, tulang lebuh kuat, postur dan keseimbangan tubuh membaik, menurunkan gula darah, mengurangi stres, mengurangi risiko sakit pada tubuh, dan memiliki banyak energi.

Anda pun terhindar dari pegal dan nyeri yang kerap menjadi salah satu masalah karena kurangnya perhatian akan kesehatan otot tubuh.

Selain itu, menjaga kekuatan otot tubuh dapat mengembangkan postur badan Anda, sehingga mampu meredakan sakit punggung. Anda pun akan memiliki stabilitas dan keseimbangan tubuh yang baik dan terhindar dari risiko cedera saat beraktivitas.

Kesehatan otot yang tetap terjaga juga mampu meningkatkan cara tubuh Anda untuk memproses makanan, mencegah diabetes, dan penyakit-penyakit lainnya. Bahkan, kesehatan otot yang terjaga juga mampu meningkatkan suasana hati hingga meningkatkan pola tidur yang sehat.

Banyak sekali manfaat menjaga kesehatan otot, bukan?

Tapi, bagaimana cara menjaga dan merawat otot manusia dengan tepat? Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan otot manusia.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Otot Lansia Agar Terhidar Dari Sarkopenia!

Menjaga Asupan Protein

Menjaga berat badan ideal adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan otot tubuh. Oleh karenanya, Anda perlu menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan kata lain, salah satu cara menjaga kesehatan otot yang benar adalah dengan menjaga asupan nutrisi, terutama protein.

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan protein manusia juga bertambah. Saat memasuki usia senja, kebutuhan protein meningkat sekitar 50 persen.

Nutrisi ini berfungsi membangun tubuh, memperbaiki jaringan tubuh, serta menjaga daya tahan tubuh.

Tubuh akan memecah protein menjadi asam amino yang berguna untuk membangun otot.

Salah satu makanan yang punya manfaat besar untuk otot adalah telur. Bahan makanan ini mengandung protein berkualitas tinggi, lemak, dan nutrisi lain seperti vitamin B dan kolin.

Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon. Setiap 85 gram salmon mengandung sekitar 17 gram protein, 1,5 gram asam lemak Omega 3, dan beberapa vitamin B untuk berfungsi membangun kekuatan otot.

Selain sumber protein hewani, menjaga kesehatan otot juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi sumber protein nabati, seperti kedelai.

Dalam setengah cangkir kedelai (85 gram) kedelai yang telah dimasak, mengandung 16 gram protein, lemak tak jenuh, serta beberapa vitamin dan mineral. Kedelai juga sumber vitamin K, zat besi, dan fosfor yang baik untuk kesehatan otot.