Agar Tetap Sehat, Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung

2490x Dibaca
Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat! Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat!

Perbesar Huruf :

Jantung merupakan organ vital yang fungsinya mempengaruhi seluruh organ tubuh lainnya. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, darah bertugas membawa nutrisi untuk setiap organ tubuh.

Apabila kondisi jantung dan darah terganggu, maka semua organ tubuh juga akan mengalami efek buruk. Artinya, ketika jantung bermasalah maka akan mempengaruhi kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Mengapa Kita Harus Menjaga Kesehatan Jantung?

Alasan mengapa kita harus menjaga kesehatan jantung adalah untuk menjaga kualitas dan bertahan hidup. Sayangnya, semakin bertambah usia, kondisi kesehatan jantung makin terancam. Sebab, usia merupakan faktor risiko yang mengancam kondisi jantung.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) tahun 2018 menunjukkan hal serupa dengan menyebut prevalensi penyakit jantung pada orang dengan usia 65 tahun ke atas adalah 4,6 persen.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa semakin bertambah usia, makin tinggi prevalensi penyakit jantung. Korelasinya adalah penuaan menyebabkan perubahan pada jantung dan pembuluh darah, yang mungkin meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, penuaan juga berkaitan dengan kurangnya respons tubuh dalam menghadapi penyakit jantung.

Kabar buruknya, kondisi ini juga bisa diperparah dengan gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga, kurang asupan nutrisi, dan lain sebagainya. Pola makan yang buruk seperti konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, gula, dan garam dapat menjadi pemicu penyakit jantung.

Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat? Setidaknya ada 6 cara agar jantung tetap sehat yang bisa kita lakukan. Berikut ini di anataranya:

1. Tidur 7-8 Jam Setiap Malam

Tidur cukup merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kondisi jantung sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa tidak cukup tidur atau kualitas tidur yang buruk berhubungan dengan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan aterosklerosis. Semua hal tersebut memperburuk kondisi jantung.

Sebaliknya, tidur malam terlalu banyak juga dapat membahayakan jantung karena meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Dengan kata lain, untuk menjaga kesehatan jantung, Anda perlu tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malam. Demi mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda perlu menghindari konsumsi kafein dan alkohol mendekati jam tidur.

Anda juga perlu mematikan handphone, televisi, dan komputer menjelang tidur untuk menghindari distraksi. Bergerak aktif pada siang hari, seperti berolahraga, juga dapat membantu Anda memiliki kualitas tidur lebih baik.

2. Olahraga Setidaknya 30 Menit Setiap Hari

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung dengan gaya hidup sehat adalah aktif berolahraga. Melakukan aktivitas olahraga secara rutin mampu mengurangi risiko serangan jantung dan atau berkembangnya penyakit jantung.

Gaya hidup sehat melalui olahraga rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah, kolesterol, dan berat badan. Semua ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Untuk memulai rutinitas olahraga jantung sehat, Anda cukup melakukan olahraga intensitas sedang, seperti jalan cepat atau jogging selama 30 menit setiap hari.

Selain mendapatkan jantung yang tetap sehat, olahraga rutin juga membantu menguatkan tulang dan otot. Bahkan, sebagai bonus, Anda akan merasa lebih berenergi, bahagia, dan rileks.

3. Mengelola Stres dengan Baik

Stres kerap dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, salah satu pemicu penyakit jantung. Mengelola stres dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, stres kronis juga dapat meningkatkan hormon kortisol, yang tidak baik untuk jantung.

Untuk mengatasi stres yang dirasakan, Anda bisa melakukan latihan pernapasan atau meditasi. Anda juga bisa melakukan olahraga untuk mengelola stres. Cara-cara tersebut membantu Anda merasa rileks dan dapat mengendalikan rasa tertekan yang dirasakan.

4. Menghindari Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama adalah salah satu ciri dari gaya hidup sendentari atau kurang gerak. Gaya hidup ini banyak dikaitkan dengan penyakit jantung. Terlalu banyak duduk dan dalam jangka waktu lama atau terus menerus dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker.

Untuk itu, Anda perlu mencoba menghindari duduk terlalu lama. Setidaknya, Anda wajib berdiri setelah 30 menit duduk. Saat berdiri, lakukan aktivitas yang membutuhkan beberapa gerakan.

Alternatif lain, cobalah berjalan-jalan keluar ruangan selama beberapa menit untuk sebentar menghirup udara segar.

5. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Selain itu, sayur dan buah mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Pola makan yang penuh dengan beragam buah dan sayur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Anda bisa memilih jenis sayur yang memiliki warna-warna menarik untuk menggugah selera. Selain itu, sayuran dengan warna-warna indah memiliki kandungan mineral dan vitamin yang Anda butuhkan.

6. Jaga Pola Diet dengan Makanan atau Minuman yang Rendah Lemak atau Sumber Lemak Nabati

Pemilihan jenis lemak juga penting dalam menjaga kondisi jantung. Anda perlu membatasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans yang dikonsumsi.

Hal tersebut menjadi langkah penting untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah serta menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Alih-alih memilih makanan dengan sumber lemak jenuh yang banyak ditemui di sumber hewani, Anda bisa memilih sumber lemak nabati. Anda bisa mengonsumsi alpukat, kacang-kacangan, atau minyak zaitun sebagai sumber lemak yang lebih sehat.

Asupan Nutrisi untuk Kesehatan Jantung

Berbagai cara agar menjaga fungsi jantung tetap sehat tersebut akan jadi lebih optimal bila Anda memberi asupan nutrisi tambahan dari Ensure.

Abbott Ensure adalah nutrisi tambahan untuk menjaga fungsi jantung tetap optimal dengan kandungan omega-3 dan omega-6 yang dimilikinya. Dua kandungan penting tersebut dapat mengurangi risiko pembentukan plak pada pembuluh darah, tekanan darah tinggi, dan trigliserida.

Bagian yang lebih menyehatkan lagi adalah lemak Ensure bersumber dari 100% lemak nabati sehingga rendah kolesterol.

Selain itu, Ensure juga dilengkapi dengan Triple Protein (whey, kasein, dan soya), serat prebiotik FOS, 14 vitamin dan 9 mineral demi mendukung daya tahan tubuh, aktif, dan mandiri dalam menjaga berbagai kegiatan sepanjang hari.

Hal menarik dari Abbott Ensure adalah Anda bisa meminumnya dalam kondisi dingin atau hangat. Anda juga bisa memilih ingin minum Ensure rasa coklat atau vanila. Anda hanya cukup memilih sesuai selera.

Untuk mendapatkan manfaat optimal bagi fungsi jantung Anda, cukup minum Ensure dua kali sehari. Cukup tambahkan 5 sendok takar Ensure ke dalam 200 ml air matang, lalu aduk merata, maka asupan nutrisi tambahan Ensure pun siap diminum.

 

 

 

 

SOURCE:

Hasil Utama RISKESDAS 2018 - KEMKES RI. Retrieved 11 June 2022, from https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf

Heart Health and Aging - US National Institute of Aging. Retrieved 11 June 2022, from https://www.nia.nih.gov/health/heart-health-and-aging

Cardiovascular Disease and Aging - Springer Link. Retrieved 11 June 2022, from https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-23246-1_5

Sleep plays an important role in heart health - American Heart Association. Retrieved 11 June 2022, from https://www.heart.org/en/health-topics/sleep-disorders/sleep-and-heart-health

Why Good Sleep Matters for Your Heart’s Health - WebMD. Retrieved 11 June 2022, from https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/how-sleep-affects-your-heart

Keeping your heart healthy - National Heart Foundation of Australia. Retrieved 11 June 2022, from https://www.heartfoundation.org.au/Heart-health-education/Keeping-your-heart-healthy

Keeping Your Heart Healthy - Family Doctor. Retrieved 11 June 2022, from https://familydoctor.org/keeping-heart-healthy/

What are the risks of sitting too much? - Mayo Clinic. Retrieved 11 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sitting/faq-20058005