Penyebab & Cara Mengatasi Badan Lemas dan Mudah Lelah

Penyebab & Cara Mengatasi Badan Lemas dan Mudah Lelah

Banner
Banner
Banner
Tags:

Jantung memiliki fungsi penting dalam tubuh. Organ ini mempunyai tugas memompa darah ke seluruh tubuh agar nutrisi dan oksigen dapat diserap oleh tubuh.

Perlu dupahami bahwa ada berbagai penyakit yang bisa menyerang organ vital ini, misalnya serangan jantung, penyakit jantung koroner, hingga gagal jantung.

Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung mayoritas berbahaya karena memiliki nilai fatalitas yang tinggi, sehingga menjaga kesehatan jantung sangatlah penting dilakukan.

Untuk menjaga jantung tetap sehat, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat, salah satunya menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Pentingnya Menjaga Pola Makan agar Jantung Tetap Sehat

Pola makan sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner, obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Makanan yang sehat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Prinsip dasar pola makan sehat untuk jantung meliputi pola makan tinggi buah dan sayuran, makanan kaya gandum (oat), tinggi protein, makanan rendah garam dan lemak saturasi, hingga pengolahannya yang lebih baik direbus atau dikukus dibandingkan digoreng.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Serat bisa diperoleh dari berbagai jenis sumber yang ada seperti gandum, kentang dengan kulitnya, dan berbagai jenis sayur, serta buah-buahan.

Makan sayur dan buah bisa diperbanyak dengan mengkonsumsi keduanya sebesar 2-3 porsi dalam sehari.

Berbanding terbalik dengan serat, Anda disarankan untuk mengurangi kandungan garam agar tekanan darah tetap terjaga. Anda perlu membatasi asupan garam kurang dari 2000 mg atau sekitar satu sendok teh per hari.

Bukan hanya garam, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh juga sebaiknya dikurangi karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Saat kolesterol dalam darah naik, otomatis akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, Anda bisa memilih daging dan susu rendah lemak dibandingkan yang biasa.

Alih-alih mengonsumsi makanan berlemak jenuh, Anda dapat menggantinya dengan makanan berprotein tinggi seperti ikan, paling tidak dua kali dalam seminggu.

Selain mengurangi konsumsi garam, lemak, memperbanyak asupan serat, cara memasak juga mempunyai peranan penting. Ubah cara memasak dari menggoreng dengan minyak menjadi memanggang, merebus, atau mengukus.

Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain pola makan, jenis makanan juga berpengaruh dalam menjaga jantung tetap sehat. Berikut beberapa makanan untuk kesehatan jantung.

1. Sayuran segar

Anda dapat memasukkan sayuran segar dalam diet harian, karena kandungan nutrisinya yang penting untuk memelihara jantung agar tetap sehat.

Sayuran segar berwarna merah, kuning, dan oranye; seperti wortel, ubi jalar, paprika merah, dan tomat; mengandung  berbagai nutrisi yang membantu menjaga jantung tetap sehat.

Sedangkan sayuran hijau seperti bayam, lobak, sawi, kangkung, dan pakcoy menjadi sumber vitamin K yang membantu melindungi arteri dan membantu penyembuhan luka.

Selain itu, sayuran berwarna hijau tinggi akan nitrat, yang terbukti mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Jenis sayuran hijau lain seperti brokoli dan asparagus kaya akan vitamin C dan E, potasium, folat, kalsium, dan serat, yang bagus untuk jantung.

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti jeruk, melon, dan pepaya kaya akan beta-karoten, kalium, magnesium, dan serat yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Selain ketiga buah tersebut, beberapa jenis buah beri yang tinggi fitonurtien yakni blueberry, stroberi, blackberry, atau raspberry juga bisa menyehatkan jantung.

Baca Juga: Daftar Buah Yang Baik Untuk Jantung Lansia!

3. Biji-bijian

Anda dapat memasukkan biji rami atau flaxseed yang telah digiling dalam diet harian, karena kandungan asam lemak omega-3, serat, dan fitoestogennya, mampu menjaga jantung sehat.

Jika malas untuk menggiling, Anda dapat memilih biji chia yang bisa dimakan secara utuh. Biji chia juga mengandung omega-3, serat, dan protein.

Mengkonsumsi biji-bijian dapat memberikan manfaat yang baik bagi jantung, sebab kaya akan lemak tak jenuh dengan manfaat mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Alpukat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Alpukat menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan polifenol yang mampu bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi jantung.

Sejumlah penelitian menuliskan bahwa katekin teh hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total yang jauh lebih rendah.

6. Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid, yang dapat membantu menjaga jantung agar tetap sehat.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi cokelat hitam setidaknya lima kali per minggu menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 57 persen.

Penelitian lainnya menemukan bahwa cokelat hitam yang dimakan setidaknya dua kali seminggu menurunkan risiko plak terkalsifikasi di arteri hingga 32 persen.

Kendati begitu, penelitian-penelitian tersebut tidak memperhitungkan faktor lain yang mungkin berpengaruh seperti cokelat yang dijual secara bebas mengandung banyak gula dan kalori. Ini menghilangkan khasiat cokelat hitam dan berimbas sebaliknya.

Sehingga, pastikan untuk memilih cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao minimal 70 persen dan penting untuk membatasi asupan agar manfaat yang diberikan bisa maksimal.

7. Edamame

Edamame adalah salah satu makanan untuk menjaga kesehatan jantung karena kaya akan isoflavon kedelai, sejenis flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga jantung.

Selain kandungan isoflavonnya, edamame merupakan sumber nutrisi sehat bagi jantung, yang mengandung serat makanan dan antioksidan.

Memasukkan protein kedelai dalam diet harian membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Jika dikombinasikan dengan perubahan lain dalam pola makan dan gaya hidup, yang bahkan hanya sedikit mengurangi kadar kolesterol, dapat berdampak besar terhadap risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh Yang Wajib Dikonsumsi!

Ensure Gold, Bantu Jaga Kesehatan Jantung Lansia

Dari ulasan di atas, Anda telah mengetahui jenis makanan untuk penyakit jantung yang bisa membantu memelihara jantung tetap sehat.

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan organ jantung, Anda dapat menambahkan suplemen makanan yang mengandung nutrisi penting.

Salah satu suplemen dengan kandungan nutrisi lengkap dan seimbang adalah Ensure Gold.

Produk bernutrisi untuk usia dewasa ini telah terbukti klinis untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan tubuh agar tetap aktif sepanjang hari.

Ensure Gold, nutrisi dewasa no. 1 di dunia dan memiliki uji klinis untuk keuatan setiap hari agar hidup makin berkualitas

Ensure Gold mengandung triple protein perpaduan whey, kasein, dan soya yang mudah dicerna dan bertahan lama di dalam tubuh sehingga meningkatkan sintesis protein.

Selain itu, Ensure Gold mengandung omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, zinc, selenium, dan kalsium, yang membantu menjaga fungsi jantung.

Saat ini, Ensure gold hadir dengan varian rasa gandum. Ensure Gold Rasa Gandum sendiri mengandung β - Hydroxy – β – methylbutyrate (HMB) yakni metabolit asam amino leucine yang telah terbukti klinis dapat mencegah pemecahan protein sehingga dapat mencegah kehilangan massa otot atau berat badan.

Penelitian membuktikan, suplementasi 1,5 gram HMB setiap hari selama 8 minggu signifikan meningkatkan kekuatan tubuh.

Ensure Gold Rasa Gandum mengandung 100 persen minyak nabati. MUFA, PUFA, minyak bunga matahari, canola, dan kedelai yang baik untuk fungsi jantung.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dalam membantu menjaga fungsi jantung, Anda bisa konsumsi Ensure Gold rasa gandum 2 kali sehari.

SOURCE:

Human heart: Anatomy, function & facts - Live Science. Retrieved on August 4, 2022 from https://www.livescience.com/34655-human-heart.html  

penyakit jantung penyebab kematian terbanyak ke-2 di indonesia - Kemenkes. Retrieved on August 4, 2022 from https://www.kemkes.go.id/article/view/19093000001/penyakit-jantung-penyebab-kematian-terbanyak-ke-2-di-indonesia.html  

Diet and heart disease risk - Better Health Channel. Retrieved on August 4, 2022 from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/heart-disease-and-food  

Healthy eating - reduce your risk of developing heart disease - British Heart Foundation. Retrieved on August 4, 2022 from https://www.bhf.org.uk/informationsupport/support/healthy-living/healthy-eating  

Cara Mencegah Penyakit Jantung - Kemenkes. Retrieved on August 4, 2022 from https://promkes.kemkes.go.id/?p=7373  

Tips 4 - Agar Jantung Tetap Sehat - Direktorat P2PTM. Retrieved on August 4, 2022 from http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/tips-4-agar-jantung-tetap-sehat  

Tips 6 - Agar Jantung Tetap Sehat - Direktorat P2PTM. Retrieved on August 4, 2022 from http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/tips-6-agar-jantung-tetap-sehat  

The Skinny on Fats - American Heart Association. Retrieved on August 4, 2022 from https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/prevention-and-treatment-of-high-cholesterol-hyperlipidemia/the-skinny-on-fats  

High cholesterol - Symptoms and causes - Mayo Clinic. Retrieved on August 4, 2022 from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800  

Yuk, coba 7 hal ini untuk membuat dan menjaga jantung tetap sehat. - Direktorat P2PTM. Retrieved on August 4, 2022 from http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/yuk-coba-7-hal-ini-untuk-membuat-dan-menjaga-jantung-tetap-sehat  

Tips 5 - Agar Jantung Tetap Sehat - Direktorat P2PTM. Retrieved on August 4, 2022 from http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/tips-5-agar-jantung-tetap-sehat

Produk Rekomendasi

Artikel Terkait