5 Cara Menambah Stamina Tubuh Secara Alami Agar Tidak Mudah Lelah

673x Dibaca
5 Cara Menambah Stamina Tubuh Agar Tidak Mudah Lelah 5 Cara Menambah Stamina Tubuh Agar Tidak Mudah Lelah

Perbesar Huruf :

Apakah minum susu penambah stamina tubuh bisa membuat badan tidak mudah lelah dalam beraktivitas? Mungkin pertanyaan sejenis sering bergelayut di benak sebagian orang.

Namun, sebelum membahas manfaat susu sebagai penambah stamina, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu stamina.

Stamina adalah kekuatan dan energi yang memungkinkan Anda untuk mempertahankan upaya fisik atau mental untuk jangka waktu yang lama. Meningkatkan stamina membantu Anda menahan rasa tidak nyaman, stres saat melakukan aktivitas, sekaligus mengurangi kelelahan.

Memiliki stamina yang tinggi juga memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik tanpa harus mengeluarkan banyak energi.

Cara Menambah Stamina Tubuh

Lalu bagaimana cara menambah stamina? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah stamina, di antaranya:

1. Olahraga kardio (jogging, bersepeda, lompat tali) setiap hari

Olahraga mungkin menjadi hal terakhir di pikiran Anda ketika Anda merasa kekurangan energi, tetapi olahraga yang konsisten akan membantu membangun stamina Anda.

Studi tahun 2017 menunjukkan orang yang mengalami kelelahan terkait pekerjaan mampu meningkatkan tingkat energi mereka setelah enam minggu intervensi olahraga. Olahraga juga meningkatkan kemampuan kerja, kualitas tidur, dan fungsi kognitif.

Salah satu jenis olahraga yang membantu meningkatkan stamina tubuh adalah kardio, seperti jogging, bersepeda, dan lompat tali. Olahraga kardio termasuk jenis aktivitas praktis karena tidak membutuhkan peralatan mahal dan bisa dilakukan siapa saja.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga kardio, The American College of Sports Medicine merekomendasi untuk melakukan olahraga kardio minimal 150 menit hingga 300 menit per minggu.

2. Rutin Meditasi dan Yoga

Cara menambah stamina berikutnya adalah rutin meditasi dan yoga. Selama ini, yoga dan meditasi dikenal sebagai cara ampuh untuk mencegah stres. Faktanya, yoga dan meditasi juga bisa menjadi cara menambah stamina tubuh agar tidak mudah lelah.

Sebuah penelitian tahun 2016 membuktikan bahwa yoga mampu meningkatkan daya tahan tubuh para responden yang terlibat dan membuat mereka tidak mudah lelah.

Riset serupa dalam jurnal International of Yoga juga membuktikan bahwa yoga membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot, menjaga sistem pernapasan, serta kesehatan jantung.

Penelitian dalam Jurnal Ners juga membuktikan bahwa yoga mampu menurunkan indeks massa tubuh. Dengan kata lain, latihan yoga juga membantu kita untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh

3. Penuhi Kebutuhan Tidur Minimal 7 Hingga 8 Jam Setiap Malam

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia untuk mempertahankan hidup. Tidur bukan sekedar melepas lelah dan rasa kantuk. Kurang tidur bisa membuat energi berkurang dan membuat masa pemulihan otot berjalan lebih lama

Tidur juga membantu mengistirahatkan pikiran agar bisa kembali bugar. Lebih jauh lagi, tidur merupakan salah satu cara menambah stamina tubuh secara alami dan efektif. Sebagai contoh, menjaga pola tidur yang dilakukan para atlet olahraga berarti menjaga performa untuk pertandingan.

Tidur juga berperan penting untuk berbagai aspek fungsi otak. Tidur yang cukup juga menjadi bagian penting dalam menurunkan berat badan. Riset 2020 membuktikan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari 7 jam per malam  41% lebih mungkin mengalami obesitas. Hal ini terjadi karena kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin, yang merangsang rasa lapar sehingga nafsu makan menjadi tak terkontrol.

4. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang dan Susu Penambah Stamina Tubuh

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang membantu memasok nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Tanpa nutrisi seimbang, tubuh Anda lebih rentan terhadap penyakit, infeksi, dan kelelahan. Produktivitas kerja juga bisa menurun tanpa adanya nutrisi seimbang.

Menerapkan pola makan bergizi seimbang bisa dibilang sebagai hal yang susah-susah gampang. Karenanya, tidak heran banyak orang mengambil jalan pintas dengan hanya minum susu penambah tenaga untuk dewasa. Padahal minum susu, idealnya, harus diimbangi dengan makanan sehat untuk mendapat hasil optimal.

Dalam penerapan pola makan bergizi seimbang, kita perlu memperhatikan variasi jenis makanan dalam proporsi yang tepat. Pola makan yang sehat dan seimbang harus mencakup hal berikut:

        Makan setidaknya 5 porsi berbagai buah dan sayuran setiap hari

        Makanan dasar pada makanan bertepung serat tinggi seperti kentang, roti, nasi atau pasta

        Minum susu penambah stamina tubuh dan memiliki beberapa alternatif susu, seperti minuman kedelai

        Konsumsi kacang-kacangan, ikan, telur, daging, dan protein lainnya

        Konsumsi lemak tak jenuh dalam jumlah kecil

        Minum air yang cukup, minimal 6 hingga 8 gelas setiap hari.