Apa Fungsi Tulang dan Otot? Yuk, Cek di Sini!

3952x Dibaca
Apa Fungsi Tulang dan Otot? Yuk, Cek di Sini! Apa Fungsi Tulang dan Otot? Yuk, Cek di Sini!

Perbesar Huruf :

Tulang dan otot adalah bagian penting dalam sistem gerak manusia. Bekerja sama dengan sendi, tendon, ligamen, sendi, tulang rawan, dan jaringan ikat; fungsi tulang dan otot adalah untuk membantu tubuh bergerak.

Orang dewasa memiliki sedikitnya 600 otot di dalam tubuh. Selain itu, kerangka tubuh manusia ditopang 206 tulang.

Sebelum mengenal lebih dekat apa fungsi tulang dan otot, yuk, kenali dulu macam-macam tulang dan otot pada manusia.

Macam-macam Tulang dan Otot pada Manusia

Dari ratusan jumlah tulang dan otot yang terdapat dalam tubuh manusia, ada beberapa jenis yang berbeda. Simak macam-macam tulang dan otot pada manusia berikut.

Macam-Macam Tulang Manusia

Tulang adalah jaringan hidup yang menyusun kerangka tubuh manusia. Tanpa kerangka, tubuh tidak dapat berdiri tegak.

Tulang terbuat dari protein yang disebut kolagen, mineral yang dikenal dengan kalsium fosfat, serta sumsum tulang.

Proses pembentukan jaringan tulang terus berlangsung seumur hidup. Jaringan tulang yang sudah lama bakal tergantikan jaringan baru. Tulang lama bakal tergantikan oleh tulang baru sepenuhnya setiap 10 tahun.

Dalam kerangka tubuh manusia, terdapat lima macam tulang, antara lain:

1. Tulang pipih

Seperti namanya, tulang pipih bentuknya cenderung pipih mirip perisai. Tulang ini juga menjadi tempat otot melekat. Tulang pipih dapat ditemukan di tengkorak, dada, rusuk, dan panggul.

2. Tulang pipa

Tulang pipa memiliki bentuk memanjang dan tipis. Sebagian besar jenis tulang ini termasuk anggota gerak atas seperti lengan dan jari, anggota gerak bawah seperti paha dan kaki, sampai tungkai atas dan bawah.

3. Tulang pendek

Tulang ini dikatakan pendek karena panjangnya hanya seukuran lebarnya. Tulang pendek terletak di pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

4. Tulang sesamoid

Tulang sesamoid adalah tulang yang tertanam di dalam tendon. Tulang berbentuk bulat kecil ini biasanya ditemukan di tendon tangan, lutut, dan kaki. Contoh tulang sesamoid adalah patela atau tempurung lutut.

5. Tulang tak beraturan

Tulang tak beraturan memiliki bentuk dan struktur bervariasi yang tidak termasuk dalam jenis tulang pipih, pipa, pendek, atau sesamoid. Bentuk tulang ini cenderung kompleks. Contohnya, tulang belakang dan tulang panggul.

Macam-Macam Otot Manusia

Otot adalah jaringan lunak yang terbuat dari serat elastis. Kinerja otot ada yang diatur oleh sistem saraf. Sebagian otot juga bekerja secara otomatis sesuai isyarat dari sistem tubuh lain seperti pencernaan atau kardiovaskular.

Terdapat tiga jenis otot yang memiliki letak dan bentuk berbeda, di antaranya:

1. Otot lurik

Otot lurik bentuknya seperti serabut-serabut halus yang memanjang dan memiliki banyak inti sel. Otot yang bekerja dengan dikendalikan otak ini terletak pada rangka manusia.

2. Otot polos

Otot polos memiliki bentuk gelendong dan punya satu inti sel di bagian tengahnya. Jenis otot ini gerakannya dikendalikan saraf tak sadar. Letak otot polos tidak menempel pada rangka, tapi mengelilingi arteri dan usus.

3. Otot jantung

Otot jantung bentuknya sekilas mirip otot rangka, tapi terlihat memiliki anyaman dari percabangan otot. Jenis otot yang hanya ditemukan pada dinding jantung ini secara otomatis dapat berkontraksi dan berelaksasi terus-menerus.

Perlu diketahui, macam-macam tulang dan otot pada manusia di atas memiliki fungsi yang berbeda-beda.

5 Fungsi Tulang dan Otot pada Manusia

Fungsi tulang dan otot pada manusia ternyata tak sebatas mengendalikan pergerakan tubuh. Berikut penjelasannya.

Fungsi tulang

Terdapat 5 fungsi tulang yang utama dalam tubuh, di antaranya:

1. Menopang Tubuh Dan Membantu Pergerakan Tubuh

Tulang adalah penyangga tubuh. Tanpa tulang, tubuh bisa rebah. Postur tubuh juga ditentukan tulang. Selain itu, tulang juga berguna untuk menggerakkan tubuh.

2. Melindungi organ dalam

Tulang juga berfungsi untuk menjaga organ dalam agar aman ketika terbentur, terjatuh, atau mengalami cedera. Contohnya, tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru serta tengkorak melindungi otak.

3. Memproduksi sel darah

Beberapa jenis tulang juga berguna untuk menghasilkan trombosit, sel darah merah, dan sel darah putih. Tulang yang bertanggung jawab atas fungsi ini adalah tulang belakang.

4. Menyimpan dan melepaskan lemak

Sejumlah tulang juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak. Cadangan lemak ini bisa bisa digunakan sewaktu-waktu ketika tubuh membutuhkan tambahan energi.

5. Menyimpan serta melepaskan mineral dan vitamin

Selain lemak, tulang juga dapat menyimpan kelebihan beberapa jenis mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, dan vitamin D dalam darah. Cadangan mineral dan vitamin ini juga bisa digunakan lagi ketika tubuh membutuhkannya.

Fungsi otot

Beberapa fungsi otot yang utama untuk tubuh, antara lain:

1. Menunjang pergerakan

Kontraksi otot dapat menggerakkan anggota tubuh. Gerakan yang bisa dikendalikan otot termasuk motorik kasar seperti berjalan, berlari; atau motorik halus seperti menulis, bicara, menelan. Sebagian besar gerakan otot ini dikendalikan otak. Tapi, ada juga gerakan refleks, seperti tiba-tiba menarik tangan yang terkena panci panas.

2. Menjaga stabilitas tubuh

Peregangan tendon otot berguna untuk menjaga stabilitas sendi, contohnya tendon otot di sendi dan lutut. Otot di perut, punggung, dan panggul juga dapat menjaga stabilitas tubuh sembari membantu mengangkat beban.

3. Mempertahankan postur tubuh yang baik

Otot rangka membantu menjaga postur tubuh tetap berada pada posisi yang benar. Postur tubuh yang baik membutuhkan otot yang kuat dan fleksibel. Apabila postur tubuh buruk, Anda bisa terkena nyeri otot dan masalah sendi.

4. Menjalankan sirkulasi darah

Jantung adalah organ berupa otot yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Dari jantung, otot polos di pembuluh darah arteri dan vena lantas melanjutkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Otot ini juga menjaga tekanan dan peredaran darah saat tubuh mendadak pendarahan atau dehidrasi.

5. Mengatur suhu tubuh

Sistem otot juga mengatur suhu tubuh agar tetap normal. Ketika kedinginan, otot lurik akan meningkatkan aktivitasnya untuk menghasilkan panas dengan cara menggigil. Demikian juga ketika demam. Otot polos di pembuluh darah berelaksasi untuk melepaskan panas berlebih lewat kulit.

Ensure Gold Bantu Menjaga Fungsi Tulang dan Otot

Mengingat tulang dan otot memiliki peranan sangat penting untuk tubuh, sebaiknya Anda menjaganya. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi Ensure Gold.

Pasalnya, selepas usia 30 tahun, kepadatan alami tulang mulai berkurang dan proses kehilangan massa otot tubuh mulai bergulir. Proses penuaan alami ini bisa lebih cepat jika seseorang mengidap sakit kritis atau kurang gerak.

Tanpa dukungan asupan nutrisi tambahan memadai, proses penuaan bisa menurunkan fungsi dari tulang dan otot secara signifikan.

Ensure Gold, nutrisi dewasa nomor 1 di dunia dan memiliki uji klinis untuk kekuatan setiap hari agar hidup makin berkualitas.

Saat ini Ensure Gold hadir dengan varian rasa baru, yaitu Gandum. Ensure Gold Rasa Gandum mengandung 100 persen minyak nabati. MUFA, PUFA, minyak bunga matahari, canola, dan kedelai yang baik untuk bantu menjaga fungsi jantung.

Ensure Gold diperkaya dengan triple protein yakni kasein, isolat protein soya, dan whey, serta vitamin D yang penting untuk bantu menjaga kepadatan tulang dan otot. Nutrisi harian yang mudah dicerna ini dilengkapi dengan rasa Vanilla dan Gandum yang lezat.

Untuk mendapat manfaat bantu menjaga fungsi tulang dan otot yang optimal, minum Ensure Gold 2 kali sehari ya!

 

 

 

SOURCE:

Bones, muscles and joints - healthdirect. Retrieved on August 6, 2022 from https://www.healthdirect.gov.au/bones-muscles-and-joints  

Anatomy of the Bone - Johns Hopkins Medicine. Retrieved on August 6, 2022 from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/anatomy-of-the-bone  

Bones, Muscles, and Joints (for Teens) - Nemours KidsHealth. Retrieved on August 6, 2022 from https://kidshealth.org/en/teens/bones-muscles-joints.html  

Bones - Bone, Joint, and Muscle Disorders - MSD Manual Consumer Version. Retrieved on August 6, 2022 from https://www.msdmanuals.com/home/bone,-joint,-and-muscle-disorders/biology-of-the-musculoskeletal-system/bones  

Types of Bones | Learn Skeleton Anatomy - Visible Body. Retrieved on August 6, 2022 from https://www.visiblebody.com/learn/skeleton/types-of-bones  

Bones - Better Health Channel. Retrieved on August 6, 2022 from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/bones 

Muscle: Types of Muscles, Functions & Common Conditions - Cleveland Clinic. Retrieved on August 6, 2022 from https://my.clevelandclinic.org/health/body/21887-muscle  

Jenis-jenis | JARINGAN HEWAN - OTOT - Kemendikbud. Retrieved on August 6, 2022 from https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/jaringan%20otot%20hewan-%20BPSMG/materi2.html  

The 5 Functions of Bones and the Importance of Your Skeletal System - WebMD. Retrieved on August 6, 2022 from https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-are-five-functions-bones