Aktif di Usia 50 Tahun Keatas

Perbesar Huruf :

Age is nothing but a number!

Jika Anda mempunyai gaya hidup sehat dan aktif secara fisik sebelum usia 50 tahun, tentunya Anda akan merasakan dampak yang baik, karena artinya Anda telah menyiapkan diri dan otot Anda untuk hidup berkualitas di usia lanjut. Tetapi jika saat ini Anda belum memiliki kebiasaan berolahraga secara reguler, maka belum terlambat untuk memulai dengan memulai olahraga untuk orang tua sekarang.

 

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu meringankan beberapa gejala menopause (seperti hot flashes), nyeri sendi, dan masalah tidur. Olahraga juga menurunkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan osteoporosis. Plus, olahraga juga dapat membantu mengontrol berat badan dan mendukung sistem fisiologis dalam tubuh menjadi lebih baik. Jadi Anda mungkin berusia 55 tahun, namun bila Anda rutin melakukan kegiatan fisik teratur dan memiliki gaya hidup sehat, maka usia biologis Anda bisa jadi 35 tahun.. Bayangkan apa saja yang dapat Anda lakukan bila memiliki fisik yang awet muda!

 

Jadi mari mulai kebiasaan berolahraga secara teratur. Namun sebelum Anda mulai, tanyakan olahraga untuk usia 50 tahun keatas yang cocok kepada dokter Anda, terutama jika Anda memiliki salah satu faktor risiko penyakit jantung (merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, atau riwayat keluarga). Apa saja yang bisa mulai Anda coba, berikut inspirasi jenis olahraga untuk 50 tahun keatas:

 

  • Latihan Aerobik

Berjalan, jogging, berenang, dan latihan menari adalah hal yang baik untuk dicoba sebagai alternatif olahraga orang tua. Latihan aerobik dapat melatih otot-otot besar di tubuh dan akan terlihat dampaknya pada berat badan Anda. Cobalah untuk berolahraga dari tahap yang ringan selama 20 menit per sesinya, setidaknya 3 atau 4 hari seminggu. Pastikan Anda bisa lulus "tes bicara," yang berarti berolahraga dengan kecepatan yang memungkinkan Anda tetap dapat melakukan percakapan normal.

 

  • Latihan kekuatan

Angkat beban dengan tangan dapat membantu meningkatkan kekuatan dan postur tubuh Anda, mempertahankan kepadatan tulang, mengurangi risiko cedera punggung bagian bawah, dan juga membantu Anda mengencangkan otot. Mulailah dengan berat tangan yang bisa Anda tangani dengan nyaman untuk delapan kali pengulangan. Secara bertahap tambahkan lebih banyak repetisi hingga Anda dapat menyelesaikan 12 pengulangan setiap kali latihan.

 

  • Peregangan

Latihan peregangan membantu menjaga kelenturan dan rentang gerak pada persendian. Latihan ini juga dapat membantu mengurangi risiko cedera dan nyeri otot. Yoga dan Pilates adalah bentuk latihan peregangan yang baik karena dapat membangun kekuatan inti tubuh dan meningkatkan stabilitas. Untuk semua olahraga untuk orang tua yang baru dilakukan pertama kali, cobalah untuk memulai dengan dibimbing guru yang ahli untuk mengurangi kemungkinan cedera.

 

Jadikan Gaya Hidup Aktif dan Sehat Sebagai Bagian dari Rutinitas Harian Anda

Setiap latihan pasti ada manfaatnya. Jika Anda terlalu sibuk untuk berolahraga secara teratur, cari cara lain untuk bergerak. Anda bisa rutin berjalan sekeliling daerah rumah setiap hari, misalnya untuk membeli sesuatu di minimarket, tinggalkan kendaraan Anda di rumah dan berjalanlah. Jika memungkinkan, berjalanlah menaiki anak tangga, dan tidak dengan eskalator atau elevator. Alat olahraga untuk orang tua yang diperlukan juga sederhana, yaitu sepasang sepatu! Selalu kenakan sepatu yang nyaman sehingga kaki Anda bisa menjadi moda transportasi utama Anda. Jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan otot Anda. Bila perlu, suplementasi nutrisi dapat menjadi solusi agar Anda dapat memperoleh semua zat gizi yang penting setiap hari. Ensure merupakan solusi nutrisi lengkap dan seimbang dengan Triple Protein, yang merupakan perpaduan unik protein whey, kasein dan soya, mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Ensure juga dilengkapi omega 3 & 6, rendah laktosa serta 14 vitamin dan 9 mineral, termasuk kalsium dan vitamin D yang besar manfaatnya untuk menjaga kepadatan tulang. Selain itu, Ensure juga sudah terbukti klinis dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memberi kekuatan aktif sepanjang hari, tepat seperti yang Anda butuhkan untuk tetap aktif di usia 50 tahunan.

 

 

Sumber

 

WebMD Medical Reference. 2019. Get-Fit Advice for Women Over 50. Diakses dari https://www.webmd.com/women/guide/women-over-50-fitness-tips

 

Puggle, M. 2019. Getting Into Shape After Age 40: The Best Ways to Do It. Diakses dari https://www.healthline.com/health-news/how-to-finally-get-in-shape-after-40