Tips Menambah Berat Badan Agar Anda Tetap Kuat di Usia Lanjut

Perbesar Huruf :

Salah satu keluhan yang sering dialami lansia yaitu penurunan berat badan seiring usia bertambah. Kondisi ini bisa memengaruhi kenyamanan aktivitas dan kemampuan fisiknya.

Berat badan yang terus menurun akan berdampak juga pada kekuatan dan menyusutnya massa otot secara menyeluruh. Orang lanjut usia yang kekurangan berat badan juga berisiko mengalami masalah kesehatan lain seperti sistem kekebalan tubuh menurun, patah tulang, dan penyempitan pembuluh darah.

Salah satu penyebab berat badan yang berkurang pada lansia karena hilangnya nafsu makan. Beberapa penyebab yang membuat orang tua atau lanjut usia jadi berkurang nafsu makannya yaitu:

  • Memiliki beberapa masalah kesehatan, misalnya mengalami stres berlebih, gangguan pencernaan, atau kondisi gigi yang membuat mereka jadi sulit mengunyah atau menelan makanan

  • Perubahan hormon

  • Perubahan indera perasa, penciuman, dan penglihatan

  • Sedang mengonsumsi obat tertentu seperti nyeri otot dan antibiotik

Tips Menambah Berat Badan untuk Orang Lansia

1. Atur Jadwal Waktu Makan yang Sama Setiap Hari

Tips menambah berat badan pertama yaitu dengan memastikan jika orang tua Anda selalu makan dengan jadwal yang sama setiap harinya. Ini penting agar orang tua tidak melewatkan sesi makannya setiap hari. Pastikan juga untuk selalu ada teman untuk makan atau mendampinginya agar orang tua tidak merasa sendiri ketika sedang menyantap hidangan di rumah. 

2. Pastikan Porsi Makan Cukup atau Tidak Terlalu Banyak

Saat Anda menyajikan makanan yang porsinya besar saat sekali makan, terkadang bisa memengaruhi nafsu makan orang tua karena ia merasa sudah terlalu kenyang melihat makanan satu piring penuh. Dengan menyajikan makanan yang porsinya cukup atau tidak terlalu banyak akan membuat hidangan jadi mudah untuk disantap. 

Tips menambah berat badan lainnya juga bisa dengan mengenalkan lauk yang tidak umum namun tetap menggugah selera. Anda juga bisa memberi bumbu yang harum atau rempah-rempah untuk menambah rasa makanan dan mendorong nafsu makan orang tua Anda. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan pada dokter apa saja bahan bumbu atau rempah-rempah yang aman diberikan sesuai dengan kondisi kesehatan orang tua Anda. 

3. Berikan Makanan Utama dan Camilan yang Bergizi

Makanan utama juga perlu diperhatikan. Hindari memberikan makanan dan minuman tinggi lemak dan gula seperti junk food, soda dan lainnya. Pasalnya asupan tersebut hanya akan memberi rasa kenyang dan tidak memberi nutrisi yang diperlukan tubuh. Berikan makan yang bernutrisi seperti daging kaya protein yang baik untuk pertumbuhan otot, memberi tambahan karbohidrat agar lebih berenergi, dan biji-bijian. 

Salah satu tips menambah berat badan juga yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan camilan sehat dan bergizi pada orang tua Anda setiap hari. Sebagai contoh semangkuk kecil popcorn yang diberi taburan keju parut, yoghurt dengan buah segar, porsi kecil kacang tawar, biskuit gandum utuh dengan paduan selai kacang atau keju rendah lemak. 

4. Ajak Orang Tua Olahraga

Melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan santai di sekitar lingkungan dengan seorang pendamping bisa menjadi salah satu tips menambah berat badan untuk orang tua. Alasannya karena olahraga akan membuat kalori jadi terbakar dan meregangkan otot. Hasilnya orang tua Anda jadi memiliki nafsu makan saat sudah selesai melakukan olahraga. 

Jangan lupa juga untuk minum cukup cairan agar tubuhnya tetap terhidrasi. Namun hindari orang tua Anda minum terlalu banyak air karena hal itu membuatnya kembung dan nafsu makannya jadi berkurang. 

Selain dari makanan, lengkapi juga dengan susu untuk menambah berat badan seperti Ensure. Susu Ensure menjadi solusi nutrisi lengkap dan seimbang. Di dalamnya ada Triple Protein, yaitu perpaduan unik protein whey, kasein dan soya, mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. 

Bukan hanya itu, Ensure juga mengandung omega 3 & 6, serat pangan, rendah laktosa serta 14 vitamin dan 9 mineral, kalsium dan vitamin D yang baik untuk menjaga kepadatan tulang. Susu Ensure dapat membantu  jaga daya tahan tubuh serta memberi kekuatan pada tulang dan otot.

 

Ensure tersedia dalam dua varian rasa vanila dan cokelat yang lezat. Ukuran tersedia 150 gram (hanya untuk varian vanila), 400 gram, dan 900 gram.