Tips Memilih Susu yang Bagus untuk Orang Tua Lansia

1606x Dibaca
Rekomendasi & Tips Memilih Susu Orang Tua Lansia Yang Bagus Rekomendasi & Tips Memilih Susu Orang Tua Lansia Yang Bagus

Perbesar Huruf :

Pertanyaan mengenai bolehkah minum susu untuk orang tua sering kali terlontar. Hal ini tentu wajar saja sebab banyak orang berpikir susu hanya dibutuhkan oleh anak-anak saja. Padahal, orang lanjut usia (lansia) juga memerlukan susu sebagai nutrisi tambahan.

Apalagi jika melihat data yang menyebut setiap tahun hampir 1,5 juta orang mengalami patah tulang. Padahal, hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan pemberian nutrisi yang lengkap.

Khususnya orang tua lansia, mereka membutuhkan nutrisi khusus untuk tubuhnya. Nah, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian adalah minum susu. Tak hanya anak-anak, susu juga penting untuk orang tua.

Banyak produk susu orang tua beredar di pasaran, yang semuanya menjanjikan manfaat kesehatan tinggi.

Namun, seberapa penting minum susu untuk orang tua lansia? Berikut penjelasan lengkap mengenai pentingnya minum susu untuk lansia!

Pentingnya Susu untuk Orang Tua

Susu untuk lansia sama pentingnya dengan susu untuk anak-anak. Sebab, susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang tinggi. Tubuh membutuhkan kedua zat gizi tersebut untuk memperkuat tulang dan gigi.

Sekitar 93 persen lansia mengalami kerusakan gigi dan gusi. Rata-rata, 5 persen kehilangan semua gigi mereka karena pembusukan.

Menyikat gigi saja tak cukup untuk menjaga gigi dari pembusukan. Susu membantu mengurangi efek pertumbuhan bakteri menyebabkan pembusukan pada gigi dan gusi.

Seiring berjalannya waktu, kemampuan tubuh menyerap kalsium juga berkurang. Vitamin D membantu mendorong penyerapan kalsium di tubuh agar bisa digunakan dalam pembentukan gigi dan tulang.

Di sisi lain, kalsium dalam susu juga sangat diperlukan tubuh agar tulang dan gigi kita tumbuh sehat. Secara rinci, berikut alasan mengapa minum susu penting untuk orang tua lansia:

Baca Juga: Manfaat Susu Orang Tua Untuk Menjaga Kesehatan!

1. Penambah nutrisi

Orang tua lansia sangat rentan mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi. Biasanya, hal ini terjadi karena terganggunya komposisi tubuh dan fungsi organ, gangguan kesehatan, efek samping pemakaian obat, hingga perubahan sosial dan ekonomi.

Oleh karena itu, orang tua butuh nutrisi tambahan dari sumber makanan seperti susu.

Susu yang bagus untuk lansia seringkali diperkaya dengan kandungan gizi seperti kalsium, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Mengonsumsi susu bisa menjadi alternatif penambah nutrisi. Dengan minum susu untuk lansia yang susah makan dapat menambah nutrisi, sehingga terhindar dari risiko malnutrisi. Cara ini juga menurunkan risiko mereka terkena berbagai penyakit kronis.

2. Memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D

Kalsium merupakan mineral penting yang menyusun tulang. Hampir 99 persen tulang kita terdiri dari kalsium.

Namun seiring waktu, jumlah kalsium dalam tubuh berkurang. Kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium juga mulai menurun. Padahal, kekurangan kalsium bisa membuat kita rentan mengalami osteoporosis.

Susu orang tua seringkali diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.

Kalsium membantu pembentukan tulang, sedangkan Vitamin D diperlukan tubuh untuk memaksimalkan penyerapan kalsium. Kombinasi kedua nutrisi tersebut akan membantu lansia terhindar dari resiko osteoporosis.

3. Mencegah peradangan otak

Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan korelasi antara asupan susu dan tingkat antioksidan yang disebut glutathione di otak pada orang tua lanjut usia.

Peserta penelitian yang minum susu memiliki kadar glutathione yang lebih tinggi. Glutathione merupakan indikator adanya stres oksidatif di otak. Semakin tinggi tingkat glutathione, semakin rendah risiko kita mengalami penyakit Alzheimer.

Berapa banyak susu yang harus diminum lansia?

Berapa banyak susu yang harus diminum lansia mungkin menjadi pertanyaan sebagian besar orang. Namun, tidak ada anjuran spesifik mengenai berapa banyak susu yang harus diminum lansia.

Jika merunut panduan USDA, orang yang berusia 50 tahun ke atas dianjurkan minum susu tiga cangkir susu per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

Selain susu murni, asupan tersebut bisa didapatkan melalui sejumlah produk olahan susu, termasuk susu, yogurt, keju, dan susu kedelai yang diperkaya kalsium.

Orang tua juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium dari makanan penutup berbahan dasar susu seperti es krim dan puding.

3 Tips Memilih Susu Orang Tua

Memilih susu untuk orang tua juga tidak bisa sembarangan, apalagi jika lansia mengalami susah makan. Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi didalamnya agar kebutuhan gizi tubuh terpenuhi. Berikut tips memilih susu untuk orang tua:

1. Pilih Jenis Susu Yang Rendah Gula dan Lemak

Beberapa produk susu biasanya mengandung gula yang tinggi untuk menambah variasi rasa. Padahal, konsumsi gula berlebihan bisa berbahaya untuk kesehatan.

Konsumsi gula berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, memperburuk kinerja jantung, dan mempercepat proses penuaan.

Sementara itu, terlalu banyak lemak bisa meningkatkan kolesterol jahat di tubuh, yang pada akhirnya membuat kita rentan terkena stroke atau penyakit jantung.