Apa, sih, Gunanya Makanan & Susu Tinggi Kalori untuk Aktivitas Sehari-hari?

Apa, sih, Gunanya Makanan & Susu Tinggi Kalori? Apa, sih, Gunanya Makanan & Susu Tinggi Kalori?

Perbesar Huruf :

Bukan hanya kendaraan saja yang membutuhkan bahan bakar, tubuh manusia pun begitu. Saat beraktivitas, tubuh akan membakar kalori agar dapat bergerak dengan penuh energi.

Selain itu, kalori juga penting karena, tanpa energi, sel tubuh, jantung, paru-paru, dan organ vital lainnya tidak dapat bekerja dengan semestinya  Maka dari itu, tidak jarang dari kita yang mengandalkan makanan atau susu tinggi kalori tertentu untuk memenuhi kebutuhan kalori ini.

Ingin tahu bagaimana kalori membawa manfaat bagi tubuh? Langsung saja simak ulasannya!

Mekanisme dan Fungsi dari Kalori

Manusia menggunakan sistem perhitungan pada berbagai macam elemen, termasuk saat menghitung satuan energi. Satuan yang dimaksud di sini adalah kalori yang kita peroleh lewat makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Namun, sama seperti nutrisi esensial lainnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori harian Anda, seperti berikut.

  • Usia
  • Tingkat aktivitas
  • Jenis kelamin
  • Tinggi, berat, dan bentuk tubuh
  • Kondisi kesehatan secara menyeluruh

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan asupan kalori sebagai berikut!

Usia

Kebutuhan Kalori (Pria)

Kebutuhan Kalori (Wanita)

30-49 tahun

2550kkal

2150kkal

50-64 tahun

2150kkal

1800kkal

65-80 tahun

1800kkal

1550kkal

>80 tahun

1600kkal

1400kkal

 

Pastikan Asupan Nutrisi Lengkap dan Juga Seimbang

Saat mempertimbangkan asupan kalori, hindari sumber makanan yang kerap disebut sebagai empty calories atau sumber kalori yang tidak mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Pilihlah makanan dan susu tinggi kalori yang bukan hanya dapat dijadikan sumber kalori, tapi juga sumber protein (seperti susu tinggi protein), vitamin dan mineral, serat, dan juga lemak baik agar kesehatan terjaga.

Dampak dari Asupan Kalori yang Terlalu Banyak

Memang betul adanya bahwa kalori digunakan sebagai bahan bakar untuk kita beraktivitas dan itu sebabnya banyak yang memilih meminum susu tinggi kalori. Akan tetapi, mengonsumsinya secara berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Dampak ini pun ada beragam dan dipengaruhi oleh sumbernya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Kalori Berlebihan dari Lemak Jahat

Lemak jenuh dan lemak trans dikenal sebagai lemak jahat karena dapat membawa dampak buru pada kesehatan, yakni dengan cara meningkatkan low-density lipoproteins (LDL). Bila Anda tidak familiar dengan istilah LDL ini, perlu dipahami bahwa LDL kerap disebut sebagai kolesterol jahat yang mampu meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke.

  • Kalori Berlebihan dari Karbohidrat

Ada bermacam-macam sumber karbohidrat. Namun, sumber yang kerap menjadi penyebab penyakit diabetes adalah gula. Jadi, hindari mengonsumsi gula terlalu banyak pada teh, kopi, snack, atau makanan pencuci mulut yang Anda konsumsi setiap hari.

  • Kalori Berlebihan Secara Umum

Secara sederhana, ekses kalori akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. The American Council on Exercise (ACE) merekomendasikan persentase lemak tubuh di bawah 32% (pria) dan 25% (wanita). Bila dibiarkan, Anda bisa berisiko mengalami obesitas dan berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit hati, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung dan lainnya.

Pada dasarnya, kalori merupakan hal yang perlu diperhatikan asupannya karena kalori dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan bila jumlahnya berlebihan. Kemudian, pastikan untuk tidak memperhatikan asupan kalori saja, tetapi juga nutrisi lainnya, termasuk protein.

Salah satu produk susu tinggi kalori dan protein yang berkualitas adalah produk susu Ensure. Pasalnya, Ensure diformulasikan untuk mendukung Anda menjalani hidup dengan adanya formula Triple Protein, yang merupakan gabungan antara whey, soya, dan juga casein.

Formula ini menjadikan susu Ensure sebagai produk yang tak hanya membantu menambah energi sebagai susu tinggi kalori saja, tapi juga mendukung kekuatan massa otot lewat formula Triple Protein. Pasalnya, gabungan dari ketiga jenis protein ini diformulasikan agar mudah dicerna, diserap, serta bertahan di dalam tubuh Anda lebih lama, sehingga diharapkan dapat memberi kebaikan yang optimal.

Tapi, bukan hanya itu saja karena susu Ensure pun juga memiliki kandungan lainnya yang menjadikan nutrisi harian lengkap dan seimbang untuk menunjang aktivitas Anda setiap hari. Adapun kandungan lainnya yang termasuk, yakni: omega 3 (110mg) dan omega 6 (1000mg) di tiap sajian, sumber serat pangan, serta 14 vitamin dan 9 mineral.

Ensure tersedia dalam dua varian rasa, yakni vanila dan cokelat, serta tiga ukuran, yakni 150gr (khusus untuk rasa vanila), 400gr, dan juga 900gr. Seluruh varian ini mengandung laktosa yang rendah dan juga rasa yang enak, sehingga lebih aman dan nikmat untuk dikonsumsi. Namun, sebelum membeli produk susu Ensure, pastikan untuk membaca label pada kemasan serta kunjungi situs Ensure untuk informasi lebih lanjut.