5 Minuman Penambah Stamina Tubuh Alami

5 Minuman Penambah Stamina Tubuh Alami

Banner
Banner
Banner
Tags:

Memasuki usia lanjut, stamina tubuh biasanya akan menurun. Biasanya ditandai dengan beraktivitas sebentar sudah lelah.

Secara klinis, rasa kekurangan energi serta perasaan letih, lemah, dan lesu pada lansia bukanlah hal yang normal. Untuk itu, jika merasakan kekurangan energi, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Penelitian bahkan menyebutkan bahwa 1 dari 5 orang lansia merasa kekurangan energi dan menghabiskan hari-harinya hanya duduk.

Meski didasari oleh kondisi medis, tapi kebanyakan rasa kekurangan energi dapat diatasi dengan pemenuhan asupan nutrisi harian. Ada banyak cara mengatasi rasa lelah dan lesu yang berkepanjangan, salah satunya dengan susu penambah stamina tubuh.

Cara kerja susu adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi berupa makro dan mikronutrien. Jika kebutuhan nutrisi harian tubuh terpenuhi, maka tubuh akan bugar dan kembali bertenaga.

Selain susu, ada beberapa minuman dari bahan alami yang dapat digunakan untuk menambah stamina tubuh. Kira-kira minuman apa untuk memulihkan tenaga yang bisa Anda konsumsi setiap hari di rumah?

1. Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit seperti kalium yang menurut berbagai penelitian bermanfaat untuk mengembalikan hidrasi tubuh. Tetap terhidrasi dengan baik inilah yang menjadikan air kelapa sebagai penambah tenaga bagi tubuh.

Air kelapa juga mengandung asam laurat yang membantu peningkatan imun tubuh, membantu metabolisme serta penurunan berat badan.

Cara mendapatkan air kelapa cukup mudah, Anda bisa mengambil air dari kelapa yang masih muda atau masih memiliki kulit hijau. Anda bisa langsung meminumnya setelah membuka buah kelapa muda.

Sebagai minuman dengan kesegaran alami, air kelapa juga bisa menjadi minuman penambah stamina setelah sakit. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 600 mg potassium, 56 mg kalsium (setara 4 persen kebutuhan harian), dan 60 mg magnesium (setara 14 persen kebutuhan harian). Elektrolit-elektrolit insi membantu dalam produksi energi danfungsi organ.

2. Air Kunyit

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit dapat menurunkan tingkat kelelahan secara signifikan dan dapat menambah energi tubuh.  Kandungan kurkumin dalam kunyit merupakan pemberi manfaat alami untuk mengatasi sindrom kelelahan kronis.  Makanya, air kunyit termasuk salah satu minuman penambah daya tahan tubuh alami.

Cara membuat air kunyit:

1.       Siapkan 2 rimpang kunyit, 2 sdm madu, dan 1 gelas air

2.       Parut kunyit hingga halus

3.       Didihkan air

4.       Masukan parutan kunyit ke dalam air yang direbus, tunggu hingga matang

5.       Matikan api, saring air kunyit ke dalam gelas

6.       Tambahkan madu dan aduk hingga rata.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan kafein yang dapat membuat Anda merasa segar dan terjaga. Tapi, dibandingkan kopi, banyak orang melaporkan memiliki energi yang lebih stabil setelah minum teh hijau.

Teh hijau juga bermanfaat menaikkan energi tubuh agar Anda tetap aktif menjalani hari. Penelitian lain menunjukkan bahwa minum teh hijau secara rutin berperan meningkatkan energi dan sebagai penambah daya tahan tubuh alami.

Cara membuat air kunyit:

1.       Siapkan 1 gelas air hangat bersuhu 85 derajat Celcius

2.       Masukkan satu setengah sendok teh bubuk teh hijau ke dalam gelas

3.       Tunggu hingga 3 menit sampai warna air seduhan berubah kecokelatan

4.       Saring ke dalam cangkir

5.       Tambahkan 1 sendok teh madu.

4. Smoothie Pisang dan Susu

Pisang merupakan sumber gula alami yang juga kaya akan serat yang membantu memperlambat pencernaan gula tersebut. Dengan begitu, konsumsi pisang dapat membuat tubuh terasa penuh energi.

Kabar baiknya, tingkat energi setelah makan pisang biasanya bertahan lebih lama dibanding minum kopi. Bahkan, konsumsi dua buah pisang dapat memenuhi kebutuhan kalori untuk berolahraga selama 1 jam.

Selain pisang, susu juga dapat menjadi minuman penambah stamina tubuh. Anda bisa meneguk satu gelas susu dingin dan langsung merasakan tubuh yang kembali segar. Di luar sana, ada banyak pilihan susu penambah stamina tubuh yang bisa dicampur dengan pisang untuk membuat smoothie.

Susu penambah stamina tubuh mengandung vitamin B kompleks, termasuk vitamin B12, riboflavin (vitamin B2), dan niacin (vitamin B3) yang membantu mengubah makanan menjadi energi bagi tubuh.

Kandungan dalam pisang dan susu menjadikan dua bahan ini cocok dijadikan minuman penambah stamina. Cara membuatnya pun mudah, Anda bisa menggabungkan pisang dan susu menjadi smoothie.

Cara membuat smoothie pisang dan susu:

1.       Siapkan satu setengah buah pisang yang matang, 1 gelas susu, dan gula secukupnya

2.       Blender semua bahan hingga halus

3.       Sajikan ke dalam gelas.

5. Jus Wortel, Apel, dan Jeruk

Wortel adalah bahan pangan yang mengandung vitamin B serta antioksidan, yang membantu produksi energi. Selain wortel, apel dan jeruk juga diketahui punya manfaat yang besar dalam memproduksi energi.

Apel mengandung serat, vitamin C, antioksidan, dan juga karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk memberi tubuh energi yang tahan lama. Jeruk juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu mencegah kelelahan.

Antioksidan yang terkandung dalam wortel, apel, dan jeruk memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Begitu pula kandungan vitamin B dan vitamin C yang menurut penelitian dapat menambah energi tubuh secara instan.

Untuk itu, tidak ada salahnya menggabungkan 3 bahan ini menjadi jus yang dapat dijadikan sebagai minuman penambah energi. Begini cara membuat jus wortel, apel, dan jeruk yang bisa Anda coba di rumah:

1.       Siapkan 1 wortel ukuran sedang, ¼ buah apel, dan 1 jeruk

2.       Cuci bersih semua bahan dan potong dalam ukuran kecil

3.       Blender semua bahan bersama 125 ml air putih matang dan gula sesuai selera.

Ensure, Asupan Penambah Stamina Tubuh

Selain 5 resep di atas, Anda juga bisa mengonsumsi  Ensure untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh Kandungan nutrisi Ensure telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi harian lansia.

Ensure mengandung Triple Protein, 14 vitamin, 9 mineral, Omega 3, Omega 6, serta nutrisi lain yang mampu membantu Anda mendapat energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, Ensure juga rendah laktosa yang nyaman di perut ketika dikonsumsi. Oleh karena itu, Ensure dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai penambah stamina dan penjaga daya tahan tubuh lansia.

Untuk hasil optimal, Anda bisa mengonsumsi asupan penambah stamina tubuh Ensure 2 kali sehari. Anda cukup mencampurkan 5 sendok takar Ensure ke dalam 200 ml air matang, lalu aduk secara merata. Setelah itu, Anda bisa langsung meminumnya dan mendapatkan hasil optimal Ensure.

Itulah informasi seputar minuman penambah stamina dan penjaga daya tahan tubuh alami yang bisa Anda konsumsi.

Sumber:

Fatigue Among Elders Tied to Other Ills - WebMD. Retrieved 05 June 2022, from  https://www.webmd.com/healthy-aging/news/20080808/fatigue-among-elders-tied-to-other-ills

Lack Of Energy In Old Age Not Normal, Associated With Health Problems - Columbia University Irvig Medical Center. Retrieved 05 June 2022, from  https://www.cuimc.columbia.edu/news/lack-energy-old-age-not-normal-associated-health-problems

7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water - Healthline. Retrieved 05 June 2022, from  https://www.healthline.com/nutrition/coconut-water-benefits#6.-Beneficial-after-prolonged-exercise     

Is coconut water good for you? Benefits and Nutrition - Medical News Today. Retrieved 05 June 2022, from  https://www.medicalnewstoday.com/articles/318394#nutrients

What Is The Best Time to Drink Coconut Water? - Food NDTV. Retrieved 05 June 2022, from  https://food.ndtv.com/food-drinks/what-is-the-best-time-to-drink-coconut-water-1755236

A Dash Of This One Spice In Your Pre-Workout Snack Will Help You Feel More Motivated - Elite Daily. Retrieved 05 June 2022, from https://www.elitedaily.com/p/does-turmeric-give-you-energy-this-is-how-the-spice-can-improve-your-workout-8126838

Turmeric for Fibromyalgia and Chronic Fatigue Syndrome - verywellhealth. Retrieved 05 June 2022, from https://www.verywellhealth.com/turmeric-for-fibromyalgia-chronic-fatigue-syndrome-715988

7 Cara Membuat Minuman Kunyit untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh - Liputan 6. Retrieved 05 June 2022, from https://hot.liputan6.com/read/4223049/7-cara-membuat-minuman-kunyit-untuk-tingkatkan-daya-tahan-tubuh

10 Evidence-Based Benefits of Green Tea - Healthline. Retrieved 05 June 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-green-tea

Beneficial effects of green tea: A literature review - US National Library of Medicine. Retrieved 05 June 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2855614/

4 Cara Menyeduh Teh Hijau yang Enak dan Benar, dari Daun hingga Bubuk - Merdeka.com. Retrieved 05 June 2022, from https://www.merdeka.com/sumut/4-cara-menyeduh-teh-hijau-yang-enak-dan-benar-dari-daun-hingga-bubuk-kln.html

Produk Rekomendasi

Artikel Terkait