Selain Susu Protein Tinggi, Penuhi Kebutuhan Hariannya dengan Makan Menu-Menu Berikut!

Selain Susu, Berikut Menu Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi! Selain Susu, Berikut Menu Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi!

Perbesar Huruf :

 

Salah satu nutrisi terpenting bagi kesehatan manusia adalah protein. Sebenarnya, nama protein itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu proteos yang berarti ‘primary’. Dengan kata lain, protein adalah asupan pilihan yang dibutuhkan tubuh Anda. Hal ini dapat ditunjukkan terutama di beberapa bagian tubuh yang didukung oleh kadar protein seperti otot, rambut, mata, hormon dan enzim. Protein juga berperan dalam membantu regenerasi jaringan dalam tubuh.

Tentu saja, kebutuhan protein dapat dipenuhi dengan mengonsumsi susu tinggi protein. Namun, selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan zat tersebut juga bisa dilakukan. Lalu, apa saja makanan tinggi protein yang dapat Anda konsumsi dan bagaimana cara memaksimalkan penyerapan makanan dan susu protein tinggi sehingga nutrisi untuk daya tahan tubuh dapat senantiasa terjaga? Baca artikel ini lebih lanjut, ya!

 

Makanan Tinggi Kalori yang Baik untuk Dikonsumsi

1.   Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung 20 vitamin dan mineral. Selain susu protein tinggi, alpukat adalah buah paling mengandung banyak kalori dari semua buah-buahan. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh dan serat makanan yang menyehatkan jantung.

2.   Telur

Telur merupakan sumber vitamin D yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan tulang gigi bersama dengan sumber yang sangat baik dari kolin, bagian dari neurotransmitter asetilkolin, sebuah sinyal yang merangsang kontraksi otot yang mendukung gerakan otot dan kinerja.

3.   Tahu

Dengan umur simpan yang lama, makanan tahu adalah sumber protein yang biasa menjadi alternatif selain susu protein tinggi dan konsumsi daging bagi vegetarian. Kandungan protein tinggi ini membantu Anda mengisi dan mengendalikan nafsu makan. Selain itu, tahu juga merupakan sumber kalsium dan zat besi yang berharga.

Baca Juga: Susu Penambah Massa Otot, Tak Hanya Untuk Atlet? 

Itulah tadi beberapa jenis makanan tinggi protein yang baik untuk dikonsumsi. Selain mengonsumsi susu protein tinggi dan jenis makanan di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan demi meningkatkan efektivitas penyerapan protein di dalam tubuh. Apa saja?

 

        Mengonsumsi makanan yang kaya protease

Protease adalah enzim yang memecah protein menjadi peptida kecil dan asam-asam amino sehingga dapat dicerna lebih baik. Asupan yang sarat akan protease yaitu buah tin atau ara, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan yoghurt.

        Meminum minuman yang memperlancar pencernaan

Ada beberapa minuman yang mampu memperlancar pencernaan Anda. Contohnya adalah air jahe, air lemon, atau jus jeruk yang diminum pada pagi hari. Lancarnya pencernaan akan membantu proses penyerapan protein di dalam tubuh.

        Kombinasi nutrisi

Protein bisa dicerna apabila dikombinasikan dengan nutrisi lain. Buah-buahan dapat dicampur dengan dengan kacang-kacangan, misalnya. Bahkan, dal atau kacang lentil India bisa dikonsumsi bersama nasi, mengingat protein di dalam dal hanya dapat diserap ketika kandungan metionina pada beras bertemu dengan lisina pada dal.

Perlu diketahui juga, berdasarkan penelitian The Journal of Nutrition, kombinasi protein susu (whey dan kasein) dengan protein nabati (soy) mengandung asam amino esensial yang bisa memberikan dampak positif bagi otot. Kombinasi ini biasa disebut triple protein yang juga terkandung dalam susu protein tinggi. Ditambah lagi, dengan adanya kandungan nabati, protein dapat bertahan lama dalam tubuh serta mudah diserap dan dicerna.

 

Cara Lain untuk Meningkatkan Efektivitas Penyerapan Protein

Selain mengkonsumsi makanan bernutrisi dan meminum susu protein tinggi, pola hidup sehat juga dapat menunjang penyerapan dan pencernaan protein dalam tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, Anda dianjurkan untuk tidak makan terlalu banyak dalam satu waktu sekaligus. Sebaiknya, makanlah sedikit demi sedikit, tetapi sesering mungkin pada waktu yang berbeda. Bahkan, beberapa sumber menyarankan Anda untuk melakukan diet sehat guna menjamin keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

 

Berolahraga tentu tidak boleh dilupakan sebagai salah satu faktor yang menunjang kebugaran tubuh Anda. Nyatanya, berolahraga bisa membantu peningkatan keseimbangan protein otot. Penelitian dari Jurnal Sports Med. menyatakan bahwa penyerapan protein dinilai efektif ketika Anda mengonsumsi makanan berprotein sebelum dan setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

Banyak cara yang dapat diterapkan untuk membantu proses penyerapan makanan dan susu protein tinggi. Jika Anda sudah memasuki usia dewasa, jangan ragu juga untuk mengonsumsi Ensure sebagai salah satu nutrisi yang mengandung protein tinggi dan Triple Protein. Terdapat kombinasi whey, casein, dan soya di dalamnya. Selain itu, ada pula kandungan 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, dengan tingkat laktosa yang rendah serta nutrisi penting lainnya yang mampu melengkapi kebutuhan nutrisi bagi Anda yang sudah dewasa dan lansia.

Ensure, brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan produk nutrisi yang telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sehari-hari!

 

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021