Lawan Penurunan Daya Tahan Tubuh pada Lansia Dengan Cara Berikut!

Cara Mengatasi Daya Tahan Tubuh pada Lansia Menurun! Cara Mengatasi Daya Tahan Tubuh pada Lansia Menurun!

Perbesar Huruf :

 

 

Sebagai manusia, seiring berjalannya waktu, tubuh Anda mengalami perubahan. Perubahan tersebut terjadi pada organ tubuh, baik dari luar maupun dari dalam. Saat lanjut usia, kulit mulai keriput, Anda pun menjadi mudah pegal saat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berat. Menurunnya fungsi tubuh menyebabkan aktivitas sehari-hari pun tidak bisa dilakukan sebagaimana Anda lakukan saat masih muda.

Sistem tubuh pun akan mengalami penurunan saat Anda mulai lanjut usia. Sistem imun adalah salah satu sistem yang menurun fungsinya ketika masuk usia tua. Apabila sistem imun mengalami penurunan fungsi, maka daya tahan tubuh pun berkurang. Untuk itu, Anda harus selalu menjaga kesehatan dan mendukung daya tahan tubuh agar dapat selalu efektif dalam menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melawan penurunan daya tahan tubuh. Yuk, simak!

Pengertian Sistem Imun

Daya tahan tubuh Anda dijaga oleh sistem imun. Lalu, apa itu sistem imun? Dilansir dari Hellosehat, sistem imun adalah “sekelompok sel protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala hal yang berbahaya bagi tubuh”. Sistem imun bekerja untuk melindungi tubuh dari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit bagi tubuh kita, seperti mikroorganisme dan zat-zat asing yang berpotensi sebagai bibit penyakit. Sistem imun juga berperan untuk membentuk antibodi dan memerangi antigen atau bibit penyakit yang dapat menginfeksi tubuh.

Penurunan Daya Tahan Tubuh saat Lanjut Usia

Dengan tugasnya yang sangat penting bagi tubuh, sistem imun harus dijaga agar tubuh dapat selalu sehat. Namun, saat Anda lanjut usia, penurunan fungsi organ dapat terjadi pula pada sistem imun. Saat usia tua, sistem imun sering tidak memberikan respon yang efisien terhadap bibit-bibit penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh. Dengan fungsi organ yang sudah mengalami penurunan, sistem imun harus sangat dijaga agar daya tahan tubuh pun maksimal.

Dampak Penurunan Daya Tahan Tubuh

Apabila sistem imun menurun fungsinya, daya tahan tubuh pun akan terkena dampaknya. Berikut dampak-dampak yang dapat terjadi pada tubuhmu

  • Mudah Terserang Penyakit karena Virus dan Bakteri

Sistem imun yang berperan sebagai penangkal berbagai macam penyakit dan racun sangat penting untuk memebrikan perlindungan pada diri Anda. Apabila sistem imun menurun, daya tahan tubuh ikut menurun, maka penyakit dan racun pun akan mudah masuk. Hal ini karena respon sistem imun pada penyakit tidak lagi maksimal seperti saat Anda masih muda.

  • Mudah Mengalami Penyakit Serius

Saat kemampuan sistem imun menurun, efisiensi proses penangkalan penyakit pun menurun. Hal ini dapat menyebabkan banyak penyakit atau infeksi dalam tubuh tidak terdeteksi oleh sistem imun. Sehingga, penyakit yang bersarang dalam tubuh dapat meluas dan mengganas. Dalam hal ini, risiko kanker dan tumor dapat terjadi.

  • Masa Penyembuhan Penyakit menjadi Lambat

Saat terserang penyakit, garda terdepan dari penyembuhan adalah  sistem imun. Daat daya taha tubuh menurun, kemampuan sistem imun dalam memerangi penyakit pun menurun. Hal ini menyebabkan sistem imun memakan waktu yang cukup lama dalam menyembuhkan penyakit tersebut.

Langkah-langkah Melawan Penurunan Daya Tahan Tubuh

        Lengkapi Vaksin

Salah satu cara yang ampuh untuk melawan penyakit adalah dengan menggunakan bantuan vaksin. Vaksin dapat membuat sistem imun yang kuat pada penyakit tertentu. Dengan demikian, penyakit-penyakit serius yang dapat Anda alami saat lanjut usia pun dapat dibantu penyembuhannya. Karenanya, Anda harus selalu mengetahui informasi seputar vaksin yang harus Anda dapatkan. Anda dapat mendiskusikan ini dengan dokter.

        Rajin Berolahraga

Untuk melatih kekebalan tubuh, Anda harus berolah raga. Olahraga tidak hanya dapat menyehatkan fisik Anda. Organ tubuh Anda pun akan ikut sehat. Dengan demikian, sistem imun Anda pun terlatih untuk tetap sehat dan efektif dalam melawan penyakit. Berdasarkan houstonmethodist.org, Berolahraga sebanyak 30 menit sehari dapat menstimulasikan sistem imunmu. Mulailah rutin berolahraga agar sistem imun Anda juga dapat tetap sehat.

Baca Juga: Manfaat & Jenis Aktivitas Fisik Ringan di Rumah

        Rajin Minum Air Putih

Sebagai zat terbanyak dalam tubuh, air memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup kita. Limfa, organ yang bertugas sebagai penyuplai sel penghancur penyakit, dibuat dari air yang Anda minum. Apabila Anda rajin minum air putih, dehidrasi terhindarkan, dan sistem imun pun dapat bekerja dengan lebih baik. Penyakit pun akan mudah diserang.

        Tidur yang cukup

Tidur sangat berpengaruh pada kesehatan Anda, termasuk sistem imun. Saat sedang tidur, banyak aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh organ tubuh, termasuk memerangi penyakit. Oleh karena itu, tidur yang cukup dapat membantu sistem imun untuk melindungi kamu dari berbagai macam penyakit.

        Kelola Stres

Kesehatan mental sangat penting untuk tubuh. Siapa sangka, kesehatan mental yang terganggu dapat memicu terganggunya kesehatan fisik. Dalam beraktivitas sehari-hari, tentunya ada hal-hal yang dapat membuat pikiran Anda penat, hingga terjadi stres. Saat Anda sedang stres, tubuh merespon hal tersebut dengan memberikan perlindungan dari sistem imun. Hal ini dapat membuat sistem imun Anda menurun. Maka dari itu, kurangilah stres dengan cara Anda sendiri. Anda dapat bermeditasi, beribadah olahraga, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda senangi di sela-sela aktivitas Anda.

        Makan makanan sehat

Tentunya, Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat untuk tubuh Anda. Untuk meningkatkan sistem imun, makanlah makanan yang mengandung Vitamin B6 yang terdapat pada ayam dan sayur-sayuran hijau. Makan pula makanan yang mengandung VItamin C yang terdapat dari buah-buahan yang asam. Lalu, perbanyak juga makan makanan yang mengandung Vitamin E seperti kacang dan bayam.

Tentunya, Anda juga harus mengonsumsi produk yang dapat menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh Anda. Anda dapat meminum  Goldsure by Ensure sebagai tambahan asupan nutrisi. Produk Goldsure by Ensure memiliki HMB, Triple protein, 14 vitamin, serta omega 3 & 6 yang sangat membantu Anda dalam memulihkan daya tahan tubuh. Selain itu, Goldsure by Ensure juga rendah laktosa. Nutrisi yang terdapat pada produk ini dapat membantu Anda dalam masa pemulihan. Konsumsilah produk ini setelah Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan dan mendapat resep dokter.

Jangan lupa, bacalah label kemasan sebelum mengonsumsi dan kunjungi situs webnya. Setelah masa pemulihan, lanjutkan dengan mengonsumsi Ensure yang dapat membantu Anda untuk tetap kuat dan aktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh saat lanjut usia. Walaupun umur makin tua, tubuh harus tetap paripurna. Jagalah daya tahan tubuh Anda bersama Goldsure by Ensure!

Ensure, brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan produk nutrisi yang telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sehari-hari!

 

 

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021