Mengapa Orang Tua Anda Butuh Susu Penambah Nutrisi Cari Tahu di Sini!

Cari Tahu Mengapa Orang Tua Butuh Susu Penambah Nutrisi! Cari Tahu Mengapa Orang Tua Butuh Susu Penambah Nutrisi!

Perbesar Huruf :

Kesulitan makan yang dialami oleh lansia menjadi salah satu kondisi yang biasa terjadi. Namun, jika dibiarkan, sulit makan yang dialami oleh lansia akan membuat mereka jadi kekurangan nutrisi.  Selain itu, kondisi turun berat badan secara drastis, sarkopenia, osteoporosis, dan sembelit juga bisa terjadi. 

 

Sebenarnya apa sih yang membuat orang tua jadi sulit makan? Selain itu, langkah apa yang bisa dilakukan untuk membuat mereka jadi selera makan? Di bawah ini akan diberi penjelasan terkait dua pertanyaan tersebut, sekaligus memberikan rekomendasi susu penambah nutrisi orang tua yang bisa dikonsumsi setiap hari. 

 

Kondisi-kondisi yang Membuat Orang Tua Jadi Sulit Makan

Ada Masalah pada Gigi atau Mulutnya 

Bisa jadi kondisi sulitnya lansia makan disebabkan karena mereka sedang mengalami masalah mulut dan gigi. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Sebagai contoh, gigi yang sudah goyah atau sudah copot sehingga membuat mereka kurang mampu mengunyah makanan yang teksturnya alot atau keras.  

 

Bisa juga disebabkan karena saat muda lansia malas membersihkan area mulut dan gigi sehingga mempengaruhi fungsi mulut, lidah, dan gigi saat usia lanjut. Akibatnya lansia jadi sulit mengecap, menelan, dan mengunyah makanan.

 

Nafsu Makan yang Menurun

Hal ini bisa terjadi dikarenakan makanan yang disajikan tidak sesuai dengan selera orang tua Anda, jumlah makanan yang diberikan terlalu banyak, tampilannya kurang menarik, atau tidak sesuai dengan kondisi kesehatan orang tua Anda. Misalnya makanan yang disajikan terlalu pedas, sangat manis, atau keras sehingga orang tua tidak bisa makan yang cukup.

 

Kemampuan Indera Pengecap yang Berkurang 

Kemampuan lidah yang tidak bisa lagi mengecap berbagai rasa dari makanan juga mengakibatkan lansia jadi sulit makan. Kondisi ini menyebabkan makanan yang masuk ke dalam mulut jadi tidak berasa sama sekali atau kurang bumbu sehingga lansia tidak merasa berselera menyantapnya. 

 

Itu tadi apa saja yang bisa membuat orang tua jadi sulit makan. Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya bisa dengan memberikan makanan yang teksturnya mudah dikonsumsi dan memberi tambahan bumbu agar rasanya lebih lezat. Selain itu, untuk memberikan asupan tambahan, juga bisa dengan memberikan susu penambah nutrisi orang tua. 

 

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Lansia dengan Lewat Pemberian Susu untuk Orang Tua

 

Mengapa Orang Tua Tetap Memerlukan Susu Penambah Nutrisi? 

Pasalnya orang tua juga tetap perlu mengonsumsi susu karena beragam manfaat yang bisa diperoleh seperti untuk menguatkan tulang, memelihara kesehatan otot, dan menaikkan berat badan.

 

Biasanya susu penambah nutrisi orang tua mengandung berbagai asupan penting seperti protein, kalsium, dan vitamin D.  Kandungan-kandungan tersebut penting untuk mencegah penyakit seperti osteoporosis, sarkopenia atau penyakit lainnya yang berkaitan dengan otot dan tulang. 

 

Namun yang pasti, dalam memilih susu penambah nutrisi orang tua, perlu terdapat kandungan Triple Protein dari whey, kasein, dan soya. Ketiganya merupakan nutrisi untuk otot agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

 

Dalam memilih susu penambah nutrisi orang tua, juga perlu memastikan terdapat kandungan omega 3 & 6, tinggi serat, rendah laktosa, dan tidak mengandung pemanis buatan. 

 

Masih bingung memilih susu penambah nutrisi orang tua? Anda bisa memilih Ensure. Semua kandungan pada susu penambah nutrisi orang tua yang sudah disebutkan di atas bisa diperoleh dari Ensure. Bila rutin dikonsumsi dua kali sehari, Anda bisa merasakan manfaat yang maksimal.

 

Baca juga: Ingin Mengganti Makanan Lansia dengan Susu Tinggi Kalori? Perhatikan Hal-hal Berikut Dulu!