6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh Agar Tetap Sehat di Usia Tua

6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh Agar Tetap Sehat - Ensure 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh Agar Tetap Sehat - Ensure

Perbesar Huruf :

Mendapatkan nutrisi yang cukup seiring bertambahnya usia menjadi tantangan tersendiri. Kalori yang diperlukan bisa semakin menurun dan tubuh jadi kurang maksimal menyerap berbagai nutrisi penting.  Untuk itu Anda harus berupaya memenuhi kebutuhan nutrisi lewat makanan sehat dan seimbang agar dapat membantu tubuh terus bugar.  

Di bawah ini ada beberapa daftar nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu agar tetap sehat meski sudah berusia lanjut.

1. Kalsium

Salah satu risiko yang sering dialami oleh orang lanjut usia yaitu tulang rapuh dan mudah patah. Untuk mencegah masalah itu terjadi, perlu didukung dengan asupan makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Fungsi dari kalsium sendiri bukan hanya untuk tulang, tapi baik untuk menjaga kesehatan saraf dan jantung. 

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium disarankan untuk mengonsumsi susu dan produk olahannya setiap hari. Selain itu, kalsium bisa diperoleh dari makanan seperti brokoli, kale, kangkung, dan makanan laut.

Bisa juga dengan berkreasi membuat smoothie dari bahan seperti buah dan sayur yang mengandung kalsium dan beri campuran plain yoghurt. Menu ini bisa menjadi pilihan menarik bagi orang yang sulit mengunyah atau kehilangan nafsu makan.

2. Vitamin D

Kalsium dan vitamin D saling terkait satu sama lain. Agar tubuh memperoleh kalsium yang tercukupi, diperlukan asupan vitamin D yang akan membantu penyerapan kalsium.  Bila orang lanjut usia kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko terjatuh. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti tuna, telur, sereal, salmon, yoghurt, sayuran hijau, dan susu.

3. Protein

Protein juga menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Fungsi protein cukup banyak di antaranya sebagai sumber energi dan memperbaiki sel yang rusak.  Asupan protein bisa diperoleh dari berbagai asupan makanan seperti ayam, ikan, sapi, telur, susu, dan makanan laut. 

4. Mineral dan Vitamin

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh yaitu mineral seperti kalium dan magnesium. Kalium berguna menjaga kekuatan tulang dan mengurangi tekanan darah tinggi. Untuk mencukupi kebutuhan kalium disarankan untuk memperbanyak makan buah dan sayur seperti plum, pisang, dan kentang bersama kulitnya.

Sedangkan magnesium berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan tulang. Magnesium bisa diperoleh dari makanan yang belum diproses seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Untuk vitamin bukan hanya vitamin D, nutrisi yang dibutuhkan tubuh salah satunya vitamin B12 yang berguna untuk menjaga kesehatan fungsi saraf. Beberapa makanan yang kaya vitamin B12 yaitu daging, unggas, ikan, susu, dan telur.

5. Serat

Masalah pencernaan juga sering menjadi gangguan yang dialami oleh orang lansia. Salah satu penyebabnya karena asupan serat yang kurang. Padahal serat sendiri memiliki banyak manfaat seperti mengontrol berat badan, menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi risiko sakit jantung dan kolesterol, dan mengenyangkan perut.  Kacang-kacangan, biji-bijian, sayur dan buah merupakan makanan yang mengandung tinggi serat. 

Sebagai inspirasi, Anda bisa membagi kacang-kacangan, berbagai macam buah atau sayuran yang sudah dipotong-potong ke dalam kantong atau wadah camilan. Kemudian tinggalkan di lemari es agar bisa dimakan kapan saja. 

6. Omega-3 & Omega-6

Lemak tak jenuh ini mampu mengurangi gejala peradangan sendi dan memperlambat gangguan penglihatan atau degenerasi makula terkait usia. Omega-3 juga bagus untuk kesehatan otak dan jantung. Asupan omega-3 bisa diperoleh dari sarden, salmon, dan tuna per minggu. Sementara sumber nabati omega-3 bisa diperoleh dari biji rami, kedelai, kenari, dan minyak canola

Sedangkan omega-6 berperan dalam kesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Asupan omega-6 bisa diperoleh dari kacang almond, kacang mete, minyak alpukat, dan tahu. 

Itu tadi 6 nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat di usia lanjut. Selain dari makanan, perlu juga melengkapi dengan segelas susu Ensure

Susu orang dewasa ini berisi nutrisi lengkap dan seimbang dengan Triple Protein, yaitu perpaduan unik protein whey, kasein dan soya yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Ada juga sumber serat pangan, omega 3 & 6, rendah laktosa serta 14 vitamin dan 10 mineral, termasuk kalsium dan vitamin D yang sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang. 

 

Selain memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, perlu juga didukung dengan melakukan olahraga rutin agar tubuh tetap bergerak aktif dan tetap sehat di usia lanjut.