7 Nutrisi yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

1911x Dibaca
7 Nutrisi dan Rekomendasi Susu untuk Daya Tahan Tubuh 7 Nutrisi dan Rekomendasi Susu untuk Daya Tahan Tubuh

Perbesar Huruf :

Tubuh memiliki sistem yang menjadi pertahanan awal untuk melawan serangan substansi asing penyebab penyakit pada tubuh. Sistem ini disebut dengan sistem imun atau daya tahan tubuh.

Ketika imunitas melemah, tubuh tidak akan mampu melawan masuknya bakteri, virus, atau patogen penyebab penyakit lainnya. Inilah yang membuat kita mudah sakit. Seiring bertambahnya usia, sistem pertahanan tubuh ini menjadi melemah.

Demi melawan pelemahan sekaligus untuk meningkatkan sistem imun tubuh, sejumlah orang mengonsumsi makanan sehat dan susu untuk daya tahan tubuh.  Makanan sehat adalah sumber nutrisi penting dan utama bagi tubuh. Sementara susu merupakan pelengkap asupan nutrisi tubuh. Keduanya punya peran krusial bagi tubuh orang lanjut usia.

Untuk memahami hal ini lebih lanjut, yuk simak informasi berikut!

Pentingnya Vitamin dan Mineral untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Seperti disebut di awal, penuaan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun dan lebih rentan penyakit. Saat berusia lanjut, infeksi penyakit sederhana seperti flu dapat menimbulkan risiko komplikasi.

Salah satu langkah awal dan cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh adalah mengatasi kekurangan vitamin dan mineral. Beberapa vitamin dan mineral cenderung mendukung sistem daya tahan tubuh dengan lebih baik.

Makanan sehat serta susu untuk daya tahan tubuh mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi mengatasi pelemahan sistem imun karena penuaan. Kabar baiknya, makanan dan susu yang bagus untuk sistem imun tubuh bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Anda.

Sayangnya, walau mudah didapat, tidak banyak yang tahu apa saja makanan sehat dan susu yang baik untuk daya tahan tubuh orang dewasa. Atau apa saja vitamin dan mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh? Mari membahasnya satu per satu di sini:

1. Vitamin A

Menurut beberapa penelitian, vitamin A memegang peran penting dalam meningkatkan sistem imun. Vitamin A berkaitan erat dengan penurunan kadar tekanan darah, yang berguna untuk menjaga imunitas tubuh.

 

Vitamin A hadir dalam dua bentuk, makanan dari sumber hewani serta betakaroten dari sumber makanan nabati. Vitamin A dapat diperoleh dari makanan seperti ikan, daging, dan susu. Sedangkan betakaroten, dari sumber nabati seperti wortel, ubi jalar, labu, dan sayuran berdaun hijau.

2. Vitamin B

Vitamin B memiliki peran penting untuk berbagai sistem di tubuh. Ada 8 jenis vitamin B yang berbeda dan masing-masing bertanggung jawab atas berbagai proses metabolisme. Vitamin B juga memainkan peran penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

Kekurangan vitamin B9 dan B12 dapat secara drastis mengubah respons imun dengan mempengaruhi produksi dan aktivitas sel darah putih.

 

Selain itu, penelitian menemukan bahwa penurunan kadar B6 pada darah juga berdampak negatif pada sistem imun. Untuk memenuhi asupan vitamin B, Anda bisa mendapatkannya dari konsumsi kacang-kacangan, telur, buah, dan sayuran berdaun hijau.

 

Baca Juga: Pentingnya Susu Kalsium Tinggi Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

 

3. Vitamin C

Kekurangan vitamin C sejak lama dikaitkan dengan penurunan fungsi kekebalan tubuh dan peningkatan risiko infeksi. Sebaliknya, penelitian membuktikan suplementasi vitamin C membantu mempercepat pemulihan dari sakit.

 

Vitamin C memiliki peran penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Meski begitu, sebenarnya banyak orang tidak memerlukan tambahan asupan vitamin C karena sudah banyak didapatkan dari makanan.

 

Maka dari itu, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

 

4. Vitamin D

Vitamin D dikenal dan mudah diperoleh karena bisa didapat dari berjemur di bawah sinar matahari. Vitamin ini merupakan nutrisi yang paling penting dalam mendukung sistem daya tahan tubuh.

 

Selain berjemur, Anda juga dapat memperoleh vitamin D dari makanan. Beberapa sumber pangan kaya vitamin D adalah daging merah, telur, ikan berlemak (salmon, sarden), dan susu.

 

Oleh karenanya, cara memilih susu yang baik adalah dengan melihat kandungan di kemasannya. Bila susu mengandung vitamin A, B, C, dan D, maka semakin baik susu tersebut untuk sistem imun tubuh.