5 Manfaat Susu yang Mengandung Protein Tinggi

12882x Dibaca
Merk Susu yang Mengandung Protein Tinggi dan 5 Manfaatnya Merk Susu yang Mengandung Protein Tinggi dan 5 Manfaatnya

Perbesar Huruf :

Salah satu sumber protein yang cukup mudah didapatkan adalah susu. Kabar baiknya, ada banyak merk susu yang mengandung protein tinggi di pasaran dan bisa langsung Anda konsumsi.

Saking banyaknya merek susu protein tinggi yang beredar di pasaran, tidak jarang bikin orang kebingungan memilih mana yang tepat untuk diri sendiri. Kebingungan tersebut makin terasa saat harus mencocokkan kebutuhan tubuh dengan manfaat susu yang akan dibeli.

Nah, biar tidak bingung, yuk simak pembahasan manfaat susu tinggi protein dan bagaimana cara mendapat susu yang cocok untuk Anda berikut ini!

Mengapa Protein Sangat Dibutuhkan Tubuh?

Protein merupakan salah satu makronutrien penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Semua kalangan usia membutuhkan protein, tidak terkecuali orang lanjut usia atau lansia.

Konsumsi makanan kaya protein sangat penting terutama bagi orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan, mengalami penyakit kronis, atau sedang sakit yang membutuhkan rawat inap.

Lebih jauh lagi, proses penuaan membuat tubuh memproses protein dengan kurang efisien. Kondisi tersebut kadang kala membuat asupan protein dari makanan tidak cukup. Karenanya, dibutuhkan asupan protein tambahan dari suplemen. Salah satu suplemen protein tambahan yang mudah didapat adalah susu.

Apa Itu Susu Tinggi Protein?

Susu pada dasarnya adalah sumber pangan yang kaya kandungan protein. Tidak hanya susu sapi, susu dari bahan nabati atau tumbuhan juga mengandung protein.

Tapi, susu sapi merupakan susu yang mengandung protein paling tinggi. Dalam segelas susu sapi (Sekitar 200 ml), terdapat 8 gram protein. Jenis protein yang terdapat dalam susu sapi adalah casein dan whey.

Meski merupakan bahan pangan sumber protein, banyak merk susu yang mengandung protein lebih tinggi dengan memformulasikan beberapa jenis protein sekaligus. Manfaat minum susu dengan kandungan protein tinggi tadi adalah pembentukan otot.

Penelitian ilmiah juga menemukan bukti dari manfaat susu tinggi protein untuk kesehatan. Penelitian tersebut menemukan bahwa kandungan protein susu menunjukkan manfaat berupa anti-kanker, anti-hipertensi, anti-mikroba, efek menurunkan kolesterol, dan menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan.

Jumlah Kebutuhan dan Kualitas Protein yang Dibutuhkan

Salah satu manfaat susu untuk kesehatan adalah memenuhi kebutuhan protein. Kebutuhan protein pada lansia lebih besar dibandingkan saat masih muda. Pada orang tua berusia 50 tahun ke atas membutuhkan protein sebesar 1,2 gram per kilogram berat badannya.

Sedangkan pada usia muda, sekitar 18 hingga 49 tahun, protein yang dibutuhkan sekitar 0,8 gram per kilogram berat badan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lansia membutuhkan banyakan asupan protein dari makanan sehat. Asupan protein yang lebih besar ini bertujuan untuk menjaga massa dan kekuatan otot.

Selain itu, asupan protein yang cukup juga akan membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi waktu pemulihan dari sakit.

Secara garis besar, menurut Angka Kecukupan Gizi tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, kebutuhan protein harian orang Indonesia rata-rata:

Laki-laki

        Usia 50 – 64 tahun: 65 gram

        Usia 65 – 80 tahun: 64 gram

        Usia 80 tahun ke atas: 64 gram

Perempuan

        Usia 50 – 64 tahun: 60 gram

        Usia 65 – 80 tahun: 58 gram

        Usia 80 tahun ke atas: 58 gram

 

Selain jumlah asupan protein, hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas protein itu sendiri. Hal ini berhubungan dengan jenis protein yang perlu dikonsumsi.

Jenis protein yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein dari hewani maupun nabati. Konsumsi dua sumber protein ini harus seimbang. Sumber protein hewani mengandung asam amino lebih lengkap dan zat gizinya lebih mudah diserap tubuh. Sedangkan protein nabati juga diperlukan tubuh karena proporsi lemak tidak jenuhnya lebih banyak.

Konsumsi protein hewani dan nabati harus seimbang untuk mendukung sistem imun dapat bekerja secara optimal. Dengan kata lain, jenis protein pada susu yang perlu diseimbangkan adalah whey, casein, dan soya.

Manfaat Khusus Merk Susu yang Mengandung Protein Tinggi

Susu protein tinggi biasanya memiliki manfaat khusus. Pada umumnya, sejumlah merk susu yang mengandung protein tinggi memiliki manfaat berupa:

1. Meningkatkan Massa dan Kekuatan Otot

Protein adalah nutrisi yang menyusun otot manusia. Berbagai penelitian menemukan konsumsi protein dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot. Selain itu, konsumsi protein dalam jumlah yang tepat dapat mencegah hilangnya massa otot saat tubuh mengalami penurunan berat badan.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Protein dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan bagian tubuh yang terluka atau cedera. Hal ini karena protein merupakan penyusun dari jaringan dan organ tubuh. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi lebih banyak protein setelah cedera dapat mempercepat penyembuhan.

 

Baca Juga: 3 Tips Memilih Merk Susu Yang Baik Untuk Kesehatan

 

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Protein juga memiliki peran besar dalam membangun sistem imun tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa defisit atau kekurangan asupan protein dapat melemahkan respons daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyembuhan luka pada lansia.

 

4. Menjaga Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Mendapatkan asupan protein dalam jumlah yang tepat dapat menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah dalam angka yang normal. Penelitian yang dipublikasikan tahun 2010 menunjukkan bahwa asupan protein berkaitan erat dengan penurunan tekanan darah. Tidak hanya tekanan darah yang menurun, penelitian lain juga menemukan bahwa menaikan asupan protein juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

5. Menambah Berat Badan

Salah satu cara sehat untuk menambah berat badan adalah dengan meningkatkan asupan protein. Ini karena saat menambah asupan protein, yang bertambah adalah massa otot bukan lemak. Justru, konsumsi protein meningkatkan pembakaran lemak. Dengan begitu, berat badan Anda bertambah bukan karena penumpukan lemak.

Suplemen Tambahan Tinggi Protein

Salah satu pilihan suplemen protein tinggi untuk dikonsumsi sehari-hari adalah Ensure. Abbott Ensure mengandung tinggi protein yaitu whey, kasein, dan soya. Formulasi tersebut memungkinkan kekayaan nutrisi dan protein di Ensure terserap tubuh lebih cepat.

Tidak hanya itu, Ensure juga rendah laktosa sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari dan nyaman untuk saluran cerna orang dewasa. Abbott Ensure juga mengandung omega 3, omega 6, 14 vitamin, dan 9 mineral yang mendukung daya tahan tubuh dan pembentukan energi untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk memberi kenikmatan minum, Ensure bisa Anda nikmati dalam kondisi hangat atau dingin. Untuk menambah kenikmatan, Abbot Ensure tersedia dalam rasa vanila dan coklat yang bisa Anda pilih sesuka hati.

Cara membuat Ensure tergolong mudah dan anti-ribet. Anda hanya cukup menambahkan 5 sendok takar ke dalam 200 ml air matang, lalu aduk hingga rata, maka Ensure siap diminum.

Mulai saat ini, saat Anda memilih merk susu yang mengandung protein tinggi, pastikan mengetahui tujuan Anda mengonsumsinya. Cara terbaiknya adalah pergi berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui seberapa banyak kekurangan protein yang dialami. Dari sana, dokter akan merekomendasikan susu apa yang sebaiknya Anda minum.

 

 

 

SOURCE:

Why Older Adults Should Eat More Protein (And Not Overdo Protein Shakes) - KHN. Retrieved 12 June 2022, from https://khn.org/news/why-older-adults-should-eat-more-protein-and-not-overdo-protein-shakes/

Milk - Harvard T.H. Chan-School of Public Health. Retrieved 12 June 2022, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/milk/

How Much Protein Is In A Cup Of Milk? - Undeniably Dairy. Retrieved 12 June 2022, from https://www.usdairy.com/news-articles/how-much-protein-is-in-a-cup-of-milk

Health-Related Aspects of Milk Proteins - US National Library of Medicine. Retrieved 12 June 2022, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5149046/

Older Adults Need More Protein - HealthHub by Ministry of Health Singapore. Retrieved 12 June 2022, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5149046/

PMK No 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia - KEMKES RI. Retrieved 12 June 2022, http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Makan Makanan Sumber Protein Tinggi - RSUD Nyi Ageng Serang. Retrieved 12 June 2022, https://rsnas.kulonprogokab.go.id/detil/215/makan-makanan-sumber-protein-tinggi

Animal vs. Plant Protein — What’s the Difference? - Healthline. Retrieved 12 June 2022, https://www.healthline.com/nutrition/animal-vs-plant-protein

The effects of protein supplements on muscle mass, strength, and aerobic and anaerobic power in healthy adults: a systematic review - US National Library of Medicine. Retrieved 12 June 2022, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25169440/

A systematic review of dietary protein during caloric restriction in resistance trained lean athletes: a case for higher intakes - US National Library of Medicine. Retrieved 12 June 2022, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24092765/

The importance of patients' nutritional status in wound healing - US National Library of Medicine. Retrieved 12 June 2022, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12070399/

Ensuring Adequate Protein Intake - Today's Geriatric Medicine. Retrieved 12 June 2022, https://www.todaysgeriatricmedicine.com/archive/summer2011_p6.shtml