3 Tips Memilih Merk Susu yang Baik untuk Kesehatan Tulang, Sendi, dan Otot

1431x Dibaca
3 Tips Memilih Merk Susu yang Baik untuk Kesehatan Tulang, dan Otot 3 Tips Memilih Merk Susu yang Baik untuk Kesehatan Tulang, dan Otot

Perbesar Huruf :

Susu telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Tak hanya susu perah saja, tapi di luaran banyak merk susu yang baik untuk kesehatan dengan menambahkan berbagai vitamin dan mineral. Hal ini kerap membuat manfaat dari susu bertambah.

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai merk susu yang baik untuk kesehatan, simak informasi berikut ini!

Manfaat Susu untuk Kesehatan

Sebelum lanjut membahas merk susu yang baik untuk kesehatan, Anda perlu tahu terlebih dahulu manfaat susu untuk kesehatan.

Sejak lama susu dipercaya memiliki fungsi untuk memperkuat tulang karena kandungan kalsiumnya. Tapi tahukah Anda, manfaat susu untuk kesehatan tidak berhenti pada tulang saja, tapi juga sendi dan otot?

Sebuah studi mendapatkan konsumsi susu pada wanita menurunkan perkembangkan penyakit sendi osteoarthritis. Susu juga disebut membantu orang dengan asam urat. Susu juga memiliki manfaat penting bagi otot.

Konsumsi susu secara rutin meningkatkan sintesis protein otot yang mengarah pada peningkatan keseimbangan protein pada otot. Penelitian menemukan konsumsi protein yang berbasis susu setelah olahraga efektif meningkatkan kekuatan otot.

Baca Juga: Cara Memilih Susu Untuk Orang Dewasa

Cara Alami Membangun Kekuatan Tulang, Sendi, dan Otot

Bertambahnya usia membuat kekuatan tulang, sendi, dan otot berkurang karena perubahan pada tubuh. Membangun kekuatan tulang, sendi, dan otot bukanlah hal yang sulit selama dilakukan dengan konsisten, seperti:

1. Rutin Berolahraga

Penelitian menyebutkan jarang berolahraga membuat otot, tulang, dan sendi menjadi lemah. Karena itu, lakukan olahraga rutin setidaknya 3 kali seminggu untuk mempertahankan kesehatan tulang, sendi, dan otot.

 

2. Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, akan mengganggu tubuh. Kebiasaan merokok menyebabkan peradangan tulang dan sendi. Peradangan ini menyebabkan orang mudah terserang osteoporosis dan rematik.

 

3. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan tetap ideal efektif mempertahankan kesehatan tulang, sendi, dan otot. Berat badan ideal berarti meminimalisir beban bagi sendi, tulang, maupun otot. Karenanya, pastikan memperhatikan konsumsi asupan nutrisi. Untuk itu, pilihlah merk susu rendah lemak.

 

3. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang tidak baik, seperti sering duduk membungkuk, berdampak buruk pada tulang, sendi dan otot. Kebiasaan postur tubuh yang buruk menjadi salah satu penyebab gangguan musculoskeletal, kondisi yang mengganggu fungsi sendi, otot, saraf, dan tulang belakang.

 

4. Penuhi Asupan Kalsium dan Vitamin D

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot adalah memastikan terpenuhinya nutrisi harian. Vitamin dan mineral yang penting untuk tulang, sendi, dan otot adalah kalsium dan vitamin D.  Kedua jenis nutrisi ini dapat diperoleh di berbagai merk susu yang tersedia di pasaran.