3 Tips Memilih Merk Susu yang Baik untuk Kesehatan Tulang, Sendi, dan Otot

2952x Dibaca
3 Tips Memilih Merk Susu yang Baik untuk Kesehatan Tulang, dan Otot 3 Tips Memilih Merk Susu yang Baik untuk Kesehatan Tulang, dan Otot

Perbesar Huruf :

Susu telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Tak hanya susu perah saja, tapi di luaran banyak merk susu yang baik untuk kesehatan dengan menambahkan berbagai vitamin dan mineral. Hal ini kerap membuat manfaat dari susu bertambah.

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai merk susu yang baik untuk kesehatan, simak informasi berikut ini!

Manfaat Susu untuk Kesehatan

Sebelum lanjut membahas merk susu yang baik untuk kesehatan, Anda perlu tahu terlebih dahulu manfaat susu untuk kesehatan.

Sejak lama susu dipercaya memiliki fungsi untuk memperkuat tulang karena kandungan kalsiumnya. Tapi tahukah Anda, manfaat susu untuk kesehatan tidak berhenti pada tulang saja, tapi juga sendi dan otot?

Sebuah studi mendapatkan konsumsi susu pada wanita menurunkan perkembangkan penyakit sendi osteoarthritis. Susu juga disebut membantu orang dengan asam urat. Susu juga memiliki manfaat penting bagi otot.

Konsumsi susu secara rutin meningkatkan sintesis protein otot yang mengarah pada peningkatan keseimbangan protein pada otot. Penelitian menemukan konsumsi protein yang berbasis susu setelah olahraga efektif meningkatkan kekuatan otot.

Cara Alami Membangun Kekuatan Tulang, Sendi, dan Otot

Bertambahnya usia membuat kekuatan tulang, sendi, dan otot berkurang karena perubahan pada tubuh. Membangun kekuatan tulang, sendi, dan otot bukanlah hal yang sulit selama dilakukan dengan konsisten, seperti:

1. Rutin Berolahraga

Penelitian menyebutkan jarang berolahraga membuat otot, tulang, dan sendi menjadi lemah. Karena itu, lakukan olahraga rutin setidaknya 3 kali seminggu untuk mempertahankan kesehatan tulang, sendi, dan otot.

2. Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, akan mengganggu tubuh. Kebiasaan merokok menyebabkan peradangan tulang dan sendi. Peradangan ini menyebabkan orang mudah terserang osteoporosis dan rematik.

3. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan tetap ideal efektif mempertahankan kesehatan tulang, sendi, dan otot. Berat badan ideal berarti meminimalisir beban bagi sendi, tulang, maupun otot. Karenanya, pastikan memperhatikan konsumsi asupan nutrisi. Untuk itu, pilihlah merk susu rendah lemak.

4. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang tidak baik, seperti sering duduk membungkuk, berdampak buruk pada tulang, sendi dan otot. Kebiasaan postur tubuh yang buruk menjadi salah satu penyebab gangguan musculoskeletal, kondisi yang mengganggu fungsi sendi, otot, saraf, dan tulang belakang.

5. Penuhi Asupan Kalsium dan Vitamin D

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot adalah memastikan terpenuhinya nutrisi harian. Vitamin dan mineral yang penting untuk tulang, sendi, dan otot adalah kalsium dan vitamin D. Kedua jenis nutrisi ini dapat diperoleh di berbagai merk susu yang tersedia di pasaran.

Tips Memilih Merk Susu yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

1. Perhatikan Tabel Nutrisi

Secara umum, susu memang punya manfaat dasar untuk kesehatan tulang, sendi, dan otot. Tapi beberapa merk sudah menambahkan berbagai vitamin dan mineral untuk mendapatkan manfaat kesehatan ekstra.

Untuk memilih merk susu untuk menjaga kondisi tubuh, Anda perlu memperhatikan tabel nutrisinya. Sebagai contoh, bila Anda perlu membatasi jumlah lemak tapi perlu kalsium tinggi, maka pilihlah susu yang rendah lemak dan tinggi kalsium.

2. Pilih Susu dengan Tingkat Keasaman yang Tepat

Susu tidak terasa asam. Bahkan, sering kali susu dianggap sebagai “obat” untuk meredakan gejala asam lambung atau heartburn. Namun, minum susu kadang menimbulkan gejala heartburn. Alasannya, karena susu dapat memicu lambung memproduksi asam yang kemudian munculnya gejala maag.

Untuk itu, pilihlah susu dengan tingkat keasaman yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika memiliki asam lambung atau maag, ada baiknya pilih susu dengan kadar pH lebih basa.

3. Pilih Brand Terpercaya

Selain dari tabel nutrisinya, Anda bisa memilih merk susu yang baik untuk kesehatan tulang, sendi, dan otot melalui nama brand.

Pada umumnya, brand yang telah memiliki nama besar sangat terpercaya dalam memformulasikan susu. Salah satunya adalah Ensure, susu yang ditujukan untuk lansia.

Susu Ensure merupakan susu dengan formula triple protein, yaitu whey, kasein, dan soya. Formulasi ini membuat protein lebih cepat diserap oleh tubuh.

Cara konsumsinya pun mudah, cukup minum Ensure 2 kali sehari baik disajikan hangat maupun dingin. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan 5 sendok takar susu Ensure pada 200 ml air matang lalu aduk secara merata.

Mengapa Ensure termasuk merk susu yang baik untuk kesehatan?

Jawabannya adalah karena Abbott Ensure rendah laktosa sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. Ensure juga kaya mengandung omega 3, omega 6, 14 vitamin dan 9 mineral yang mendukung daya tahan tubuh.

Selamat mencoba!

 

 

 

SOURCE:

Got milk? It might help your arthritis - Harvard Health Publishing-Harvard Medical School. Retrieved 03 June 2022, from  https://www.health.harvard.edu/pain/got-milk-it-might-help-your-arthritis

Is Milk Bad for Arthritis? - verywellhealth. Retrieved 03 June 2022, from https://www.verywellhealth.com/milk-and-arthritis-pros-cons-and-recommendations-5090207

Milk: the new sports drink? A Review - National Library of Medicine. Retrieved 03 June 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2569005/

Position of the Academy of Nutrition and Dietetics, Dietitians of Canada, and the American College of Sports Medicine: Nutrition and Athletic Performance - Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. Retrieved 03 June 2022, from https://www.jandonline.org/article/S2212-2672(15)01802-X/fulltext

Effects of inactivity and exercise on bone - National Library of Medicine. Retrieved 03 June 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/2646672/

8 Ways to Prevent Rheumatoid Arthritis Joint Damage - everydayhealth. Retrieved 03 June 2022, from https://www.everydayhealth.com/hs/rheumatoid-arthritis-treatment-management/prevent-joint-damage-pictures/