Panduan Memilih Merk Susu yang Mengandung Protein Tinggi

1280x Dibaca
Panduan Memilih Merk Susu yang Mengandung Protein Tinggi Panduan Memilih Merk Susu yang Mengandung Protein Tinggi

Perbesar Huruf :

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh bagi semua kalangan usia, tak terkecuali lansia.

Pada lansia, konsumsi makanan kaya protein sangat penting terutama bagi orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan, mengalami penyakit kronis, atau sedang sakit yang membutuhkan rawat inap.

Selain dari makanan, Anda bisa memenuhi kebutuhan protein dengan susu dengan kandungan protein. Ada banyak merk susu yang mengandung protein tinggi dijual di pasaran.

Sayangnya, karena proses penuaan, tubuh memproses protein dengan kurang efisien. Akibatnya, lansia memerlukan lebih banyak protein untuk mempertahankan massa otot, menjaga kesehatan tulang, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terkadang, asupan protein tidak cukup jika berasal dari makanan saja.

Karenanya, saat memilih susu protein tinggi untuk otot, ada sebaiknya jika Anda mengenal lalu memahami lebih jauh jenis susu ini. Yuk, simak ulasannya!

Apa Itu Susu dengan Kandungan Protein?

Pada dasarnya, susu merupakan sumber pangan dengan kandungan protein. Tidak hanya susu sapi, susu dari bahan nabati juga mengandung protein.

Meski begitu, susu sapi merupakan susu yang mengandung protein paling tinggi. Dalam segelas susu sapi, terdapat 8 gram protein. Jenis protein utama yang terdapat dalam susu sapi adalah casein dan whey.

Kedua jenis protein tersebut merupakan elemen krusial bagi susu yang mengandung protein tinggi untuk menambah berat badan. Karena, kedua elemen tersebut berfungsi menambah massa otot manusia.

Dengan kata lain, whey dan kasein adalah jenis protein penting pada susu tinggi protein untuk otot yang sehat.

Manfaat Susu dengan Kandungan Protein Tinggi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa susu memiliki manfaat kesehatan yang besar. Tapi, tahukah Anda jika sebagian besar manfaat kesehatan tersebut berkaitan dengan kandungan proteinnya?

Penelitian menemukan bukti ilmiah bahwa protein dalam susu menunjukkan manfaat berupa anti-kanker, anti-hipertensi, anti-mikroba, efek menurunkan kolesterol, dan menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya untuk memilih susu dengan kandungan protein tinggi sebagai salah satu asupan makanan lansia.

Panduan Memilih Susu dengan Kandungan Protein

Kita sudah mengetahui manfaat susu dengan kandungan protein untuk kesehatan. Tapi, bagaimana cara memilih merk susu tinggi protein untuk dewasa, terutama lansia? Simak tips berikut ini agar memudahkan Anda menemukan merk susu yang mengandung protein tinggi.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Kebutuhan protein lansia dapat dilihat dari panduan Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI.

 

Berdasar panduan tersebut, jumlah protein yang dibutuhkan oleh lansia laki-laki adalah 64 gram per hari. Sedangkan kebutuhan protein harian lansia perempuan adalah 58 gram. Untuk memilih merk susu tinggi protein terbaik, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan harian ini.

2. Cocokan dengan Pola Makan

Kebutuhan harian lansia terhadap protein umumnya dipenuhi dari makanan. Baru kemudian Anda bisa menambahkan susu dengan kandungan protein sebagai tambahan.

 

Untuk itu, sesuaikan pilihan susu dengan kandungan protein Anda dengan pola makan sehari-hari. Apakah Anda sehari-hari sudah cukup mengonsumsi protein atau belum.

 

Baca Juga: Ensure, Susu Tinggi Protein Untuk Menjaga Otot

 

3. Perhatikan Kondisi Tubuh

Saat tubuh tidak berada dalam kondisi prima, kebutuhan protein meningkat. Protein berfungsi sebagai sumber energi, membangun massa otot, meningkatkan kekuatan tulang, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Karenanya, Anda perlu menyesuaikan kondisi tubuh dalam memilih susu dengan kandungan protein tinggi.

Pilihan Merk Susu yang Mengandung Protein Tinggi

Salah satu pilihan susu dengan kandungan protein tinggi adalah Ensure. Susu Ensure merupakan susu dengan formula triple protein, yaitu whey, kasein, dan soya. Formulasi ini membuat protein lebih cepat diserap oleh tubuh.

Dengan hanya minum Ensure 2 kali sehari, Anda sudah mendapatkan manfaat baik protein tinggi. Cara penyajian Ensure bisa dilakukan siapa saja, termasuk orang tua. Anda hanya perlu menambahkan 5 sendok takar susu Ensure pada 200 ml air matang lalu aduk secara merata. Menariknya lagi, Ensure bisa disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Tidak hanya populer sebagai merk susu yang mengandung protein tinggi, Ensure juga kaya akan kandungan omega 3, omega 6, 14 vitamin dan 9 mineral yang mendukung daya tahan tubuh. Selain itu, Ensure juga rendah laktosa sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. Selamat mencoba!

 

SOURCE:

For older adults, a protein-rich diet is important for health - Washington Post. Retrieved 02 June 2022, from  https://www.washingtonpost.com/national/health-science/for-older-adults-a-protein-rich-diet-is-important-for-health/2019/01/18/886926ce-1a78-11e9-88fe-f9f77a3bcb6c_story.html

How Much Protein Is In A Cup Of Milk? - Undeniably Dairy. Retrieved 02 June 2022, from  https://www.usdairy.com/news-articles/how-much-protein-is-in-a-cup-of-milk

Health-Related Aspects of Milk Proteins - National Library of Medicine. Retrieved 02 June 2022, from  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5149046/

PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2019 TENTANG ANGKA KECUKUPAN GIZI YANG DIANJURKAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA - Kementerian Kesehatan. Retrieved 02 June 2022, from  http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Milk protein for improved metabolic health: a review of the evidence - BioMed Central. Retrieved 02 June 2022, from  https://nutritionandmetabolism.biomedcentral.com/articles/10.1186/1743-7075-10-46