Demi Masa Tua yang Sehat & Kuat, Konsumsi Makanan dan Susu untuk Diet Berikut!

Masa Tua yang Sehat, Konsumsi Makanan dan Susu untuk Diet Ini! Masa Tua yang Sehat, Konsumsi Makanan dan Susu untuk Diet Ini!

Perbesar Huruf :

Asumsi yang muncul jika berbicara soal diet seringnya mengarah pada penurunan berat badan dan hanya dilakukan oleh orang dewasa saja. Padahal faktanya, orang lansia pun juga perlu melakukan diet sehat untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

 

Diet sendiri memiliki arti pengaturan pola makan agar lebih sehat dan seimbang dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi fisik seseorang. Sebagai contoh, diet dilakukan untuk mengurangi asupan garam, gula, lemak, kemudian lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, mineral, vitamin, dan zat gizi lainnya.

 

Selain untuk menurunkan berat badan lansia, diet juga bertujuan sebagai cara menjaga kesehatan lansia, memberikan sejumlah energi bagi tubuh, bantu mempertahankan berat badan normal, dan mengurangi risiko munculnya penyakit. Tak hanya itu, diet juga berguna mengobati penyakit yang sedang Anda derita. Caranya menyesuaikan pola makan dengan penyakit yang sedang dimiliki.

 

Sebagai contoh, bila ternyata Anda memiliki kolesterol yang tinggi, mengidap diabetes atau hipertensi sebaiknya melakukan diet yang berfokus pada makanan bergizi tapi rendah lemak jahat, kalori, dan gula. 

 

Sebagai panduan, di bawah ini beberapa pola makan yang disarankan untuk lansia secara umum. Selain itu akan disampaikan juga susu untuk diet bagi lansia.

 

Pola Makan yang Perlu Diterapkan Lansia 

- Kurangi konsumsi camilan tinggi kalori, lemak jenuh, lemak trans, seperti permen, biskuit, dan kue serta garam yang berlebihan seperti keripik.

- Lebih memilih lemak baik seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh tunggal biasa ditemukan pada alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan, misalnya kacang almond, kacang mete, dan kacang tanah. Sedangkan lemak tak jenuh ganda bisa diperoleh dari biji wijen, bunga matahari, dan jagung, ikan sarden, ikan salmon, dan ikan makarel.

- Mengonsumsi air mineral setidaknya delapan gelas setiap hari.

- Selain air mineral, Anda bisa mendapatkan asupan cairan tambahan dari minuman lain seperti susu untuk diet. Salah satu susu untuk diet yang bisa Anda konsumsi sehari-hari yaitu Ensure. Susu Ensure diformulasikan dengan berbagai nutrisi yang lengkap dan seimbang yaitu terdiri dari Triple Protein, (whey, kasein, dan soya) yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Tak hanya itu, ada juga kalsium dan vitamin D yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang, serat pangan, omega 3 & 6, maupun 14 vitamin dan 9 mineral. Susu protein untuk diet ini juga rendah laktosa sehingga aman bagi pencernaan dan tidak mengandung pemanis buatan.  

- Konsumsi makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, makanan laut, dan telur agar menjaga kesehatan otot dan bantu proses penyembuhan sel tubuh.

- Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, vitamin D, dan kalsium

- Usahakan makan 3-5 porsi sayur dan buah setiap harinya untuk mendapatkan asupan serat yang cukup

 

Baca juga: Bagi Anda yang Lanjut Usia, Kebiasaan Berikut Bisa Jadi Cara Agar Anda Tetap Sehat!

 

Dalam menjaga kesehatan lansia bukan hanya dengan menerapkan pola makan yang tepat saja, tapi perlu juga didukung dengan melakukan aktivitas fisik setiap harinya. Tujuannya agar lansia tetap aktif dan sehat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Lakukanlah olahraga paling sedikit 2-3x seminggu. Olahraga yang dilakukan bisa ringan atau sedang. Sesuaikan dengan kemampuan fisik Anda, ya. 

 

Baca juga: 5 Tips yang Harus Diikuti Lansia Agar Badan Selalu Fit dan Segar di Bulan Puasa!