Manfaat Minum Susu Tinggi Kalsium untuk Bantu Jaga Kesehatan Lansia

871x Dibaca
Manfaat Susu Tinggi Kalsium Bagi Kesehatan Tubuh Manfaat Susu Tinggi Kalsium Bagi Kesehatan Tubuh

Perbesar Huruf :

Kepadatan tulang lansia semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia, sehingga rentan terjadi osteoporosis dan patah tulang. Karena itu, lansia harus memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang. Kalsium dan vitamin D bisa didapatkan dari makanan dan susu tinggi kalsium.

Apa Itu Kalsium?

Kalsium adalah mineral yang mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Penyerapan kalsium dalam tubuh memerlukan bantuan vitamin D. Sayangnya, ketika usia sudah lanjut maka kemampuan usus dalam menyerap nutrisi menurun, sehingga penyerapan kalsium juga berkurang. Kinerja ginjal yang kurang optimal dalam pembentukan vitamin D juga menyebabkan penyerapan kalsium berkurang.

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

Selama ini fungsi kalsium yang paling dikenal adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Padahal, organ tubuh lain juga membutuhkan kalsium agar dapat bekerja dengan baik. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi tubuh:

1.   Menjaga kepadatan dan kekuatan tulang

Lebih dari 99% kalsium disimpan di tulang dan gigi. Karena itulah kalsium dikenal untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Saat masa pertumbuhan, kalsium membantu pertumbuhan tulang. Ketika masa pertumbuhan berhenti, kalsium berfungsi mempertahankan kepadatan tulang agar tidak keropos.

Kepadatan tulang pada lansia berkurang karena usia. Pada wanita lanjut usia yang sudah menopause, produksi hormon estrogen akan berkurang drastis. Hormon estrogen berfungsi untuk melindungi tulang dari pengeroposan. Karena itu, wanita yang sudah menopause berisiko lebih tinggi mengalami osteoporosis. Karena itulah lansia perlu mengonsumsi sumber kalsium untuk mencegah osteoporosis.

Baca Juga: 6 Karakteristik Produk Susu Kalsium Tinggi Yang Baik

2.   Membantu kinerja jantung

Otot jantung memerlukan kalsium agar bisa berfungsi dengan baik. Kalsium juga berperan dalam merelaksasi otot polos di sekitar pembuluh darah, dengan begitu bisa mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan dalam proses pembekuan darah.

3.   Berperan dalam kontraksi otot

Kalsium membantu regulasi kontraksi otot. Ketika saraf menstimulasi otot, tubuh akan mengeluarkan kalsium yang membantu protein pada otot untuk berkontraksi. Kemudian, ketika kalsium dipompa keluar dari otot, maka otot akan kembali rileks.

4.   Mendukung fungsi sistem saraf

Kalsium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik. Kalsium berperan ketika otak mengirim sinyal ke organ tubuh lain melalui sistem saraf.

Nah, karena manfaat kalsium bagi tubuh sangat banyak, maka Anda harus mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

Baca Juga: Susu Kalsium Tinggi, Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Batas Konsumsi Kalsium Per Hari

Usia dewasa, baik laki-laki maupun perempuan membutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Kebutuhan kalsium akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Berdasarkan anjuran Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, perempuan dan laki-laki yang berusia 50 tahun ke atas membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari.

Kebutuhan kalsium tersebut akan sulit dicapai jika Anda tidak mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung tinggi kalsium. Jika asupan kalsium dari makanan sehari-hari tidak mencukupi, maka Anda bisa menambahnya dari suplemen, misalnya susu tinggi kalsium.

Namun, terlalu banyak asupan kalsium juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi suplemen kalsium sewajarnya dan tidak berlebihan. Batas konsumsi kalsium per hari untuk usia 51 tahun ke atas adalah tidak boleh lebih dari 2000 mg.

Manfaat Mengonsumsi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Lansia

Kebutuhan kalsium harian lansia bertambah banyak, sementara penyerapan kalsiumnya berkurang. Ditambah lagi nafsu makan lansia sering terganggu sehingga tidak bisa makan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Hal tersebut bisa menyebabkan lansia mengalami kekurangan nutrisi dan kesehatan pun bisa terganggu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melengkapi nutrisi lansia dan menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi susu tinggi kalsium. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi susu bagi lansia:

1.   Mencegah osteoporosis

Susu mengandung banyak kalsium yang berfungsi untuk memperkuat tulang. Selain itu, susu juga  mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Dengan rutin minum susu tinggi kalsium, maka akan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Tulang pun semakin kuat sehingga risiko patah tulang berkurang.

2.   Menjaga kesehatan jantung

Lansia rentan mengalami masalah jantung. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kalsium juga berfungsi untuk membantu kerja otot jantung dan mencegah tekanan darah tinggi. Selain kalsium, susu juga mengandung potasium yang dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

3.   Menjaga kekuatan otot

Massa otot pada lansia akan berkurang karena pertambahan usia. Untuk mengembalikan massa otot, tubuh memerlukan protein. Susu mengandung protein yang dapat membantu mengembalikan massa otot. Dengan begitu, kekuatan otot akan meningkat dan lansia bisa tetap aktif serta bebas bergerak.

4.   Mencukupi kebutuhan kalori

Banyak lansia yang mengalami penurunan nafsu makan. Gigi yang sudah tidak kuat, fungsi indera pengecap yang sudah berkurang, serta nafsu makan yang menurun menyebabkan asupan makan lansia lebih sedikit dari yang dibutuhkan. Akibatnya, kebutuhan kalori harian pun tidak tercukupi.

Untuk membantu lansia mencukupi kebutuhan kalorinya, susu bisa menjadi suplemen tambahan. Jangan lupa untuk membaca jumlah kalori yang terkandung dalam satu gelas susu yang diminum agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

5.   Mencukupi kebutuhan nutrisi

Susu mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, meliputi protein, vitamin, mineral, lemak baik, dan serat. Dengan begitu, minum susu bisa melengkapi kebutuhan nutrisi lansia. Terutama pada lansia yang mengalami kesulitan mencukupi nutrisinya dari makanan sehari-hari.

Untuk mendapatkan manfaat baik dari susu seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa memilih susu Abbott Ensure. Nutrisi yang terkandung dalam ensure memberikan segudang manfaat bagi kesehatan Anda.

Ensure mengandung Triple Protein (whey, kasein, dan soya) yang mampu menjaga massa otot, serta 14 vitamin dan 9 mineral yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Ensure juga merupakan nutrisi susu dewasa yang bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Dapatkan Ensure dalam dua varian rasa, yaitu cokelat dan vanilla. Jangan lupa untuk membaca informasi di situs Ensure sebelum mengonsumsinya dan konsultasi kepada ahli kesehatan jika Anda mempunyai kondisi medis tertentu.

Ensure, memiliki uji klinis sebagai brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan produk nutrisi yang telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sehari-hari!

 

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021