Manfaat Mengonsumsi Susu Penambah Massa Otot Guna Memenuhi Nutrisi Lengkap Seimbang

2359x Dibaca
Manfaat Susu Penambah Massa Otot Untuk Nutrisi Seimbang Manfaat Susu Penambah Massa Otot Untuk Nutrisi Seimbang

Perbesar Huruf :

Massa otot adalah komponen tubuh yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, semakin bertambah usia, maka massa otot akan semakin berkurang. Oleh karena itu, mengonsumsi susu penambah massa otot bisa menjadi pilihan untuk memenuhi nutrisi nutrisi lengkap seimbang..

Memasuki usia 40 tahun, massa otot akan berkurang sebanyak 8% setiap dekadenya dan semakin menurun ketika memasuki usia 70 tahun. Selain karena usia, massa otot juga bisa berkurang karena sakit. Oleh karena itu, pada masa pemulihan setelah sakit penting untuk mengonsumsi makanan atau suplemen nutrisi untuk membangun kembali massa otot yang hilang.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membangun massa otot, sudahkah Anda memahami apa itu massa otot? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Apa Itu Massa Otot?

Komposisi tubuh manusia tersusun dari massa lemak tubuh (body fat) dan massa tubuh tanpa lemak (lean body mass). Massa tubuh tanpa lemak meliputi otot, tulang, organ, dan cairan tubuh. Komposisi tubuh yang sehat adalah jika persentase lemak tubuh rendah dan persentase massa tubuh tanpa lemak lebih tinggi.

Massa otot terdiri dari otot rangka, otot polos, dan otot jantung. Namun, ketika membicarakan massa otot, biasanya merujuk pada otot rangka yang bisa dikontrol dan dibentuk dengan asupan nutrisi, olahraga, dan latihan tertentu.

Mengapa Membangun Massa Otot Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Massa otot tidak hanya berguna untuk menjaga penampilan. Lebih dari itu, massa otot mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat massa otot adalah:

Massa otot membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga dapat membakar kalori lebih banyak. Dengan begitu, pembakaran lemak yang tersimpan di tubuh juga lebih cepat.

Memperkuat otot tubuh sehingga keseimbangan tubuh terjaga

Memperkuat tulang sehingga mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis dan menurunkan risiko terjatuh atau cedera.

Mencegah kekakuan otot sehingga Anda bisa aktif dan bebas bergerak.

Itulah beberapa manfaat massa otot bagi kesehatan tubuh. Karena massa otot mempunyai peran yang penting, Anda harus menjaga massa otot agar tidak menghilang.

Massa Otot Bisa Berkurang

Massa otot juga bisa berkurang karena beberapa faktor. Berikut beberapa hal yang mengurangi massa otot:

1.   Usia

Memasuki usia senja, massa otot akan berkurang secara alami, sehingga lansia membutuhkan nutrisi tambahan untuk membangun massa otot.

2.   Kurangnya aktivitas fisik dan olahraga

Olahraga dapat memperkuat otot dan mempertahankan massa otot. Jika aktivitas fisik dan olahraga berkurang, maka penggunaan otot akan berkurang sehingga menyebabkan otot menciut. Oleh karena itu, usahakan untuk berolahraga secara rutin. Bukan hanya untuk membentuk otot badan, tetapi juga untuk menjaga massa otot agar tidak menghilang. Namun, hindari olahraga berlebih karena justru dapat merusak otot.

3.   Penyakit

Beberapa penyakit dapat menyebabkan massa otot berkurang, misalnya sakit jantung, ginjal, paru-paru, kanker, serta penyakit autoimun. Ketika sakit, tubuh membutuhkan banyak nutrisi dan energi untuk melawan penyakit. Salah satu sumber energi tubuh adalah dengan memecah massa otot.

4.   Pola makan tidak sehat

Pembentukan otot memerlukan beberapa nutrisi. Protein adalah salah satu nutrisi yang penting untuk menambah massa otot. Protein akan dipecah menjadi asam amino yang digunakan oleh tubuh untuk membentuk massa otot. Selain protein, vitamin dan mineral juga berperan dalam pembentukan otot, yaitu vitamin D, kalsium, omega-3, dan zinc.

5.   Kurang istirahat

Tak hanya olahraga, istirahat juga diperlukan untuk menambah massa otot. Istirahat yang cukup terutama setelah beraktivitas fisik yang berat perlu dilakukan. Dengan istirahat, otot ikut istirahat sehingga kekuatan otot akan pulih kembali. Oleh karena itu, Anda perlu tidur setidaknya 7-8 jam setiap hari.

Setelah mengetahui beberapa hal yang mengurangi massa otot di atas, kini saatnya fokus dalam membangun massa otot, terutama jika Anda adalah lansia. Pasalnya, kemampuan tubuh lansia dalam mengubah protein menjadi asam amino berkurang. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab menurunnya massa otot pada lansia.

Baca Juga: Susu Penambah Massa Otot Tak Hanya Untuk Atlit, Benarkah? 

Kehilangan massa otot pada lansia bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh, kekuatan otot berkurang, mobilitas terganggu, meningkatkan risiko terjatuh dan patah tulang, dan mengganggu kualitas hidup lansia. Oleh karena itu, lansia perlu memperbanyak konsumsi makanan yang menambah massa otot.

Nutrisi Penambah Massa Otot

Nutrisi yang berperan utama dalam menambah massa otot adalah protein. Selain itu, beberapa vitamin dan mineral juga diperlukan  untuk membangun massa otot. Nutrisi yang diperlukan untuk menambah massa otot bisa Anda dapatkan dari bahan makanan sehari-hari. Berikut beberapa makanan yang menambah massa otot:

1.   Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah didapatkan. Telur mengandung asam amino yang penting bagi pembentukan massa otot. Selain protein, telur juga mengandung vitamin dan mineral.

2.   Dada ayam

Dada ayam rendah lemak seberat 100 gram mengandung sekitar 30 gram protein yang mencukupi hampir setengah dari kebutuhan orang dewasa. Selain sebagai sumber protein, dada ayam juga mengandung vitamin B3 dan B6.

3.   Daging merah

Daging merah mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Protein, vitamin, dan mineral yang terdapat pada daging merah dapat membantu pembentukan massa otot. Pilihlah daging merah tanpa lemak agar tidak menambah asupan lemak ke dalam tubuh.

4.   Ikan

Beberapa jenis ikan, yaitu ikan salmon, tuna, dan tenggiri mengandung lemak baik omega-3. Tak hanya itu, ikan juga banyak mengandung protein yang dibutuhkan untuk membentuk massa otot.

5.   Kacang-kacangan

Kacang hitam, kacang merah, dan kedelai adalah sumber protein nabati. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin dan mineral untuk membentuk otot tubuh.

Baca Juga: Makanan Tinggi Kalori Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Itulah beberapa makanan yang bisa menambah massa otot. Pada lansia, terutama yang sedang dalam masa pemulihan bisa mengalami penurunan nafsu makan. Padahal, pada masa pemulihan tubuh membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, Anda bisa mengonsumsi susu penambah massa otot.

Abbott Ensure dapat diberikan sebagai susu penambah massa otot dan melengkapi nutrisi selama masa pemulihan. Ensure dibuat dengan formula Triple Protein gabungan dari whey, kasein, dan soya, serta 14 vitamin dan 9 mineral yang dibutuhkan dalam pembentukan massa otot. Abbott Ensure juga nyaman di perut karena mengandung serat pangan FOS dan rendah laktosa.

Anda dapat mengonsumsi Ensure sebagai tambahan nutrisi untuk menguatkan otot dan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menambah energi untuk beraktivitas. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, serta baca label dalam kemasan sebelum mengonsumsi.

Ensure, memiliki uji klinis sebagai memiliki uji klinis sebagai brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan produk nutrisi yang telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sehari-hari!

 

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021