Mengenali Manfaat Susu Kalsium untuk Tulang Orang Dewasa

3183x Dibaca
Manfaat Susu Kalsium untuk Tulang Orang Dewasa & Rekomendasinya! Manfaat Susu Kalsium untuk Tulang Orang Dewasa & Rekomendasinya!

Perbesar Huruf :

Susu adalah salah satu sumber kalsium yang diperlukan tubuh. Manfaat susu kalsium untuk tulang dewasa telah banyak dibahas oleh ahli kesehatan. Bahkan, The National Osteoporosis Foundation merekomendasikan orang dewasa mengkonsumsi 1000 miligram kalsium setiap hari.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Gizi dan Pangan tahun 2008 menyebut bahwa susu merupakan sumber kalsium yang baik dan merupakan sumber kalsium terbesar.

Kalsium adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk banyak fungsi dalam kesehatan manusia. Kalsium adalah mineral yang paling melimpah dalam tubuh, di mana 99 persen ditemukan di gigi dan tulang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko patah tulang, osteoporosis, dan diabetes.

Hal ini membuktikan bahwa bukan hanya untuk anak-anak, manfaat kalsium dalam susu juga diperlukan oleh orang dewasa.

Manfaat Susu Kalsium untuk Tulang Dewasa

Kalsium adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh semua organisme hidup, termasuk manusia. Kalsium juga termasuk dalam mineral yang paling banyak dibutuhkan tubuh, salah satunya untuk kesehatan tulang.

Berikut berbagai manfaat kalsium untuk tubuh, yakni sebagai berikut:

1. Mencegah Risiko Osteoporosis

Tulang adalah jaringan hidup yang terus memperbarui diri. Dalam istilah medis, proses pembaruan tulang disebut dengan remodelling.

Untuk memaksimalkan proses remodelling tulang, Anda membutuhkan kalsium. Seiring bertambahnya usia, proses penyerapan kalsium dalam tubuh semakin berkurang. Padahal, asupan kalsium yang cukup dapat memperlambat pengeroposan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

Pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa terjadi karena adanya gangguan metabolisme tulang. Salah satu penyebab terganggunya metabolisme tulang adalah kurangnya kalsium dalam tubuh.

Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa tubuh kita telah mendapatkan asupan kalsium yang cukup.

2. Sebagai Anti Penuaan Dini

Penuaan dini bisa ditandai dengan tubuh yang mudah merasa pegal, lelah, serta tulang yang terasa kaku. Biasanya, hal itu terjadi karena adanya penurunan massa otot dan peningkatan lemak tubuh secara progresif.

Selain pertambahan usia, penuaan dini juga bisa terjadi karena adanya penurunan beberapa jenis hormon. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi susu.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Brigham Young menemukan bahwa konsumsi susu membantu mencegah penuaan. Studi tersebut juga menemukan bahwa orang yang tidak minum susu lebih cepat tua dibandingkan orang dewasa yang mengkonsumsi susu rendah lemak.

Manfaat tersebut juga semakin bertambah jika Anda rutin mengkonsumsi susu kalsium untuk tulang dewasa. Kalsium dalam susu mampu menambah kekuatan tulang dan menambah massa otot sehingga kita tidak mudah lelah dan pegal.

3. Mencegah Sarkopenia

Sarcopenia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan hilangnya massa dan fungsi otot rangka. Kondisi ini bisa menghalangi kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Sarcopenia bisa terjadi karena kurangnya nutrisi tubuh, terutama kurangnya kalsium dan protein. Sarcopenia merupakan penyakit yang rawan menyerang lansia.

Semakin bertambah usia, risiko penyusutan massa otot semakin besar. Otot dan tulang juga menjadi mudah kendur dan rapuh. Oleh karena itu, lansia membutuhkan asupan nutrisi tambahan seperti susu untuk menghindari penyakit ini.

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Otot Lansia Melawan Risiko Sarkopenia

4. Memberi Kekuatan Otot

Selain mendukung kekuatan tulang,kalsium juga diperlukan oleh otot kita. Kalsium juga diperlukan oleh otot agar bisa berkontraksi dengan sempurna.

Ketika otot kekurangan kalsium, maka otot tidak bisa mengendur setelah berkontraksi sehingga rentan mengalami kram.

Orang yang kekurangan asupan kalsium juga rentan mengalami masalah otot seperti kejang, mati rasa dan kesemutan, serta nyeri di paha dan lengan.

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi susu berkalsium juga membantu pembentukan otot. Manfaat kalsium pada susu juga membantu mempercepat pemulihan otot yang cidera, sekaligus mencegah terjadinya kejang dan kram.