Yuk, Cari Tahu Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

1554x Dibaca
Yuk, Cari Tahu Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur Yuk, Cari Tahu Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Perbesar Huruf :

Minum susu sebelum istirahat merupakan salah satu rutinitas malam yang sering ditanamkan oleh orang tua kepada anak. Orang tua mungkin mengatakan bahwa minum susu sesaat sebelum tidur akan membantu tubuh untuk tumbuh tinggi.

Meski tinggi badan orang dewasa tidak bertambah, minum susu sebelum istirahat malam tetap memberi efek positif bagi tubuh. Kabar baiknya, terdapat merk susu yang baik untuk kesehatan dan memberi kenikmatan tersendiri jika diminum sebelum tidur.

Walaupun minum susu sebelum tidur memiliki perdebatan tersendiri. Sebagai contoh, apakah benar minum susu sebelum tidur bisa bikin gemuk? Sebelum tidur, enaknya minum susu hangat atau minum susu dingin?

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Susu merupakan bahan pangan yang padat nutrisi. Dalam segelas susu, Anda dapat memperoleh kalsium, protein, vitamin, lemak, asam amino, serat, dan antioksidan, yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu waktu terbaik minum susu adalah sebelum istirahat malam. Susu dianggap bisa memberikan sensasi relaksasi sebelum tidur. Selain itu, masih ada sejumlah efek positif minum susu sebelum terlelap. Mari membahasnya satu per satu:

1. Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Dalam pengobatan Ayurveda, salah satu metode pengobatan tertua di dunia dari India; segelas susu hangat direkomendasikan untuk diminum pada malam hari sebelum tidur. Hal ini karena minum susu dapat membantu tidur lebih nyenyak.

 

Tidak hanya pada kualitas tidur, minum susu sebelum istirahat malam diketahui dapat membuat Anda tertidur lebih cepat. Hal ini karena susu mengandung asam amino triptopan dan melatonin yang membuat lebih cepat mengantuk.

 

Melatonin adalah hormon tidur yang membantu regulasi ritme sikardian dan membuat istirahat malam lebih baik. Sedangkan triptopan adalah asam amino yang berperan penting dalam produksi serotonin yang membantu tidur nyenyak.

 

Selain dari nutrisinya, susu juga memberi efek psikologis yang membantu tidur lebih lelap. Minum susu memberikan efek menenangkan, yang lalu jadi sinyal bagi otak untuk istirahat malam.

 

2. Menambah Berat Badan

Jika Anda ingin menambah berat badan, minum susu sebelum istirahat malam mungkin dapat membantu.

 

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa susu yang diminum bersifat sebagai asupan kalori tambahan, bukan sebagai asupan kebutuhan kalori sehari-hari.

 

Jika susu yang Anda konsumsi hanya cukup digunakan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian, maka bisa jadi Anda mengalami penurunan berat badan. Alasannya, karena Anda kekurangan asupan kalori untuk memenuhi kebutuhan kalori harian.

 

Dalam Angka Kecukupan Gizi  (AKG) Masyarakat Indonesia yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kecukupan kalori lansia per hari adalah:

 

Laki-laki

        Usia 50-64 tahun: 2150 kkal

        Usia 65-80 tahun: 1800 kkal

        Usia 80 tahun ke atas: 1600 kkal

 

Perempuan

        Usia 50-64 tahun: 1800 kkal

        Usia 65-80 tahun: 1550 kkal

        Usia 80 tahun ke atas: 1400 kkal.

 

Dengan kata lain, jika Anda ingin menambah berat badan, susu harus diberikan setelah memenuhi kebutuhan kalori tersebut.

 

Pemilihan waktu minum susu sebelum tidur malam menjadi penting karena Anda tidak melewatkan jadwal makan sekaligus mendapatkan porsi makan harian yang cukup. Dengan begitu susu bisa menjadi asupan tambahan untuk kebutuhan kalori.

 

3. Mengurangi Kebiasaan Makan Tengah Malam

Makan atau ngemil tengah malam biasa dikaitkan sebagai kebiasaan buruk penyebab berbagai penyakit seperti kegemukan dan obesitas. Salah satu cara mencegah kebiasaan buruk itu adalah minum susu sebelum tidur.

 

Beberapa penelitian mengaitkan hubungan keduanya karena pola tidur yang lebih baik. Saat Anda minum susu sebelum terpejam, perut akan terasa kenyang sehingga mencegah terbangun tengah malam karena rasa lapar. Dengan rasa kenyang itu, Anda akan terlelap sepanjang malam dan terhindar dari ngemil.

 

4. Jaga Kesehatan Tulang dan Otot

Umum diketahui bahwa susu adalah bahan pangan sumber kalsium. Kabar baiknya, beberapa merk susu yang baik untuk kesehatan juga sudah memiliki tambahan kandungan vitamin D. Kombinasi kalsium dan vitamin D ini sangat penting bagi kesehatan tulang, bahkan dapat mencegah osteoporosis.

 

Selain untuk kesehatan tulang, susu juga baik untuk otot. Untuk diketahui, dalam susu terdapat protein kasein yang membantu pembentukan massa otot. Penelitian pada 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi kasein pada malam hari (sebelum tidur) membantu meningkatkan massa otot tanpa lemak saat tidur.

 

5. Menjadikan Tubuh Tetap Berenergi

Manfaat minum susu sebelum tidur bagi orang dewasa yang sering diabaikan adalah memberi asupan energi di hari berikutnya. Anda akan bangun dalam keadaan berenergi, segar, siap beraktivitas, dan memiliki suasana hati yang baik sepanjang hari.