5 Manfaat Kandungan Susu Ensure sebagai Cara Menjaga Kesehatan Otot Anda

Susu Ensure sebagai Cara Menjaga Kesehatan Otot - Ensure Susu Ensure sebagai Cara Menjaga Kesehatan Otot - Ensure

Perbesar Huruf :

Mengonsumsi makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi memang diperlukan, tidak hanya untuk menjaga massa otot tapi juga bantu jaga daya tahan tubuh. Selain diperlukan untuk aktifitas sehari-hari, memperhatikan asupan nutrisi juga berperan penting untuk dalam membantu proses pemulihan.

Makanan yang sehat dan rendah lemak seperti daging ayam dan ikan tentu saja bisa menjadi sumber protein yang baik. Namun, selain makanan bernutrisi, pemberian susu sebagai tambahan asupan nutrisi juga bisa dilakukan. Ini berkat ragam kandungan di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak terkecuali untuk lansia, para lansia tetap perlu mengonsumsi susu guna mencegah berbagai masalah kesehatan, salah satunya penurunan massa otot yang dapat mengganggu mobilitas dan daya tahan tubuh.

Di bawah ini akan disebutkan apa saja manfaat dari susu untuk lansia dan kandungan-kandungan apa saja yang sebaiknya ada dalam susu bagi mereka.

Manfaat Minum Susu untuk Lansia

  1. Menghindari terjadinya peradangan sendi (osteoatritis)
  2. Menjaga kekuatan gigi dan tulang. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin D dan kalsium yang bantu menjaga kepadatan tulang sehingga terhindar dari kerapuhan (osteoporosis).
  3. Dengan minum susu juga bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan otot para lansia. Pasalnya, susu menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk otot. Agar hasilnya maksimal, bisa dibarengi dengan melakukan aktivitas fisik
  4. Susu juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah berkat kandungan potasium yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu susu yang bisa menjaga kesehatan otot lansia adalah Ensure. Susu Ensure dirancang dengan formula Triple Protein yang merupakan kombinasi unik dari protein whey, kasein dan soya. Perlu diketahui, Triple Protein ini memiliki peranan penting untuk membantu menjaga kesehatan otot lansia. Berikut nutrisi-nutrisi untuk otot yang terdapat dalam segelas susu Ensure yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Protein Whey

Berdasarkan penelitian dari kelompok studi PROT-AGE, lansia sehat dianjurkan mendapatkan jumlah protein lebih tinggi daripada dewasa muda, yaitu sebesar 1-1.2 gram protein/kgBB/hari dari protein berkualitas tinggi seperti protein whey. Sumber protein tersebut bisa didapat dari ikan, telur, ayam, daging sapi, seafood, serta susu.

Protein whey adalah sebuah protein yang baik untuk bantu pembentukan massa otot. Pasalnya protein whey dapat bantu meningkatkan protein hingga 68% dan lebih cepat diserap tubuh jika dibandingkan dengan protein kasein. Kedua jenis protein ini merupakan nutrisi untuk otot yang sama pentingnya, hanya saja, tubuh manusia membutuhkan waktu 5-7 jam untuk mencerna kasein. Selain itu, protein whey memiliki banyak kandungan leusin. Leusin sendiri berperan pada proses pembentukan dan pemeliharaan massa otot serta perbaikan jaringan tulang.

Protein Kasein

Berbeda dengan protein whey, protein kasein dikenal sebagai protein antikatabolik dan fungsinya untuk otot pun berbeda. Kasein merupakan jenis protein yang mampu membentuk sekitar 80% dari protein susu sapi. Fungsi dari protein kasein yaitu menjaga kesehatan otot. Kasein dapat menghasilkan asam amino sepanjang waktu sehingga perlu dikonsumsi sebagai salah satu cara menjaga kesehatan otot. Karena protein satu ini melepaskan asam amino secara perlahan sehingga mampu memperbaiki kondisi otot dan menjaga kesehatan otot ketika tubuh sedang beristirahat atau tidur. Protein ini juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga cocok menjadi pelengkap makan malam sebelum tidur. Tidak hanya itu, protein kasein juga membantu penyerapan kalsium dan fosfor serta baik bagi jantung.

Protein Soya

Secara alami, protein kedelai mengandung asam lemak dan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Flavonoid juga memiliki senyawa yang bersifat melindungi jantung (cardioprotective). Protein kedelai cenderung lebih lambat dibanding protein whey dalam hal sintesis protein untuk otot namun kinerjanya lebih baik dibanding protein kasein. Protein kedelai cenderung memiliki banyak manfaat bila digabung dengan protein lain.

Kalsium

Kalsium memiliki peran penting beberapa di antaranya untuk gigi dan tulang, mengatur kontraksi otot dan detak jantung. Mineral satu ini menjadi kandungan yang terus dibutuhkan dari lahir sampai usia tua. Oleh karena itu, dalam tubuh manusia, tulang menjadi bagian yang paling banyak kalsium karena bertindak sebagai tempat penyimpanan mineral. Namun, memasuki usia 30 tahun ke atas, proses pembentukan sel tulang baru menjadi lebih lambat. Dengan bertambahnya usia, kalsium dalam tubuh akan menurun karena dilepaskan dari tubuh secara alami lewat kotoran, keringat, dan sel kulit. Hal ini menyebabkan massa tulang hilang lebih cepat daripada pembuatan tulang baru. Kondisi tersebut membuat risiko osteoporosis (pengeroposan tulang) dan patah tulang menjadi lebih besar. Jumlah asupan kalsium yang diperlukan setiap orang berbeda-beda setiap usia. Untuk orang dewasa memerlukan 1.000 mg, sementara lansia 50 tahun ke atas memerlukan 1.200 mg.

Vitamin D

Vitamin D memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap kalsium, tanpa asupan vitamin D, tulang Anda bisa menjadi rapuh dan lemah. Pada orang dewasa, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang rapuh atau osteoporosis. Selain membantu penyerapan kalsium, memenuhi asupan vitamin D juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan otot.

Fungsi dari vitamin D yaitu membantu penyerapan fosfat dan kalsium di dalam tubuh. Untuk lansia yang usianya di bawah 70 tahun, vitamin D yang disarankan sebanyak 600 IU per hari. Bagi lansia di atas 70 tahun, kebutuhan vitamin D yang diperlukan yaitu 800 IU.

Itu tadi 5 nutrisi untuk otot yang terdapat di dalam Ensure. Selain itu, Ensure juga mengandung nutrisi lain yang penting bagi tubuh yaitu 14 vitamin dan 9 mineral, serat pangan FOS serta omega 3 & 6.

Ensure, nutrisi lengkap seimbang yang didukung 30 uji klinis, serta dapat membantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari. Ensure juga rendah laktosa sehingga nyaman di perut dan tidak menggunakan pemanis buatan. Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah Ensure secara rutin dua kali sehari.

Ensure tersedia dalam dua varian rasa vanila dan cokelat yang lezat. Dalam kemasan 150 gram, 400 gram, dan 900 gram (ukuran 150 gram hanya tersedia untuk varian vanila). Anda bisa membelinya di supermarket atau toko terdekat dari tempat tinggal Anda. Jangan lupa pastikan untuk membaca label pada kemasan serta kunjungi situs Ensure untuk informasi lebih lanjut.

Selain memenuhi asupan nutrisi, berolahraga juga merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan otot Anda. Lantas, bagaimana cara tepat untuk melakukannya?

Tentu saja, Anda perlu menyesuaikan kegiatan, intensitas, serta waktu yang tepat untuk olahraga bagi Anda pribadi. Olahraga yang dilakukan tidak harus di gym atau fitness center. Siapa pun bisa dan perlu berolahraga dari sekarang. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, pelajari waktu tepat untuk olahraga di sini! Ingin mengetahui usia otot Anda? Silakan melakukan pengecekannya di sini.

 

Ingin mengetahui usia otot Anda? Silakan melakukan pengecekannya di sini.