Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Lansia

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Lansia Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Lansia

Perbesar Huruf :

Salah satu nutrisi yang wajib untuk dipenuhi bagi para lansia adalah vitamin D. Vitamin D memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan otot dan meningkatkan kepadatan tulang. Namun, seiring bertambahnya usia, maka kesehatan tubuh juga akan menurun, sehingga banyak lansia yang mengalami kekurangan vitamin D.

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D?

Jika kebutuhan vitamin D dalam tubuh kurang atau tidak tercukupi, hal ini bisa mengakibatkan dampak negatif. Beberapa contoh dampak negatif yang bisa terjadi adalah mengalami keterbatasan gerak dari waktu ke waktu, mudah terserang penyakit seperti osteoporosis atau sakit jantung, risiko kerusakan gigi, hingga terhambatnya penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Berapa Kebutuhan Vitamin D per Hari?

Dilansir dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan vitamin D setiap orang berbeda-beda yang dikelompokkan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Berikut tabel AKG sesuai umur yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

Usia

Pria

Wanita

19 – 29 tahun

15 mcg

15 mcg

30 – 49 tahun

15 mcg

15 mcg

50 – 64 tahun

15 mcg

15 mcg

65 – 80 tahun

20 mcg

20 mcg

80+ tahun

20 mcg

20 mcg

Bagaimana Cara Mendapatkan Vitamin D untuk Tubuh?

Setelah mengetahui berapa kebutuhan vitamin D yang perlu dipenuhi setiap orang, sekarang bagaimana cara mendapatkan vitamin D? Berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

Baca Juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Dengan Vitamin

Berjemur di Pagi Hari

Anda pasti sudah tahu jika berjemur di bawah sinar matahari bisa dijadikan sebagai cara mendapatkan vitamin D dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, apakah Anda tahu kapan dan berapa lama waktu berjemur yang aman? Sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari dilakukan sejak matahari terbit hingga jam 09.00 pagi, selama 10-15 menit, tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Nutrisi Baik Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat Berjemur di Pagi Hari:

1.   Meningkatkan Produksi Vitamin D

Manfaat berjemur di pagi hari yang pertama sudah pasti untuk memproduksi vitamin D secara alami dalam tubuh. Saat ini, banyak lansia yang kekurangan vitamin D. Padahal, vitamin D merupakan nutrisi penting bagi kesehatan mereka. Tubuh manusia bergantung pada sinar matahari untuk produksi vitamin D. Lansia yang kekurangan nutrisi ini berisiko terhadap kondisi seperti osteoporosis, serangan jantung, dan stroke.

2.   Mengurangi Risiko Depresi

Berjemur sekitar 15 menit secara rutin dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala depresi pada lansia. Kurangnya paparan sinar matahari dalam tubuh bisa mengakibatkan terjadinya penurunan kadar hormon serotonin sehingga cenderung memicu depresi.

3.   Mengurangi Gejala Alzheimer

Gejala penyakit alzheimer pada lansia biasanya muncul pada malam hari, dan dapat meningkat secara tiba-tiba. Salah satu manfaat berjemur di pagi hari adalah untuk mengurangi tingkat keparahan gejala yang dialami oleh lansia dengan penyakit alzheimer.

Itulah tadi penjelasan seputar manfaat berjemur di pagi hari untuk bantu jaga daya tahan tubuh lansia. Namun, selain hal tersebut, konsumsi makanan dan minuman juga perlu diperhatikan demi menunjang kesehatan tubuh agar tetap aktif sepanjang hari. Salah satu nutrisi tambahan yang dapat diberikan adalah Abbott Ensure.

Beberapa kandungan dalam Ensure yaitu kalsium berperan dalam mengatur kontraksi otot dan detak jantung dan mendukung kesehatan gigi dan tulang. Dilengkapi dengan triple protein (perpaduan Whey, Kasein, dan Soya), 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, sumber serat serta kadar laktosa yang rendah, membuat Ensure terasa nyaman Ketika diminum sebagai pelengkap untuk menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh Anda.

Pastikan untuk membaca label yang tertera pada kemasan dan konsultasikan dengan dokter Anda apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Ensure, brand nutrisi Dewasa No. 11 di dunia dan produk nutrisi yang paling telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sepanjang sehari-hari!

 

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021

 


Sumber:

https://hellosehat.com/lansia/gizi-lansia/cara-mengembalikan-daya-tahan-tubuh-bagi-lansia/

https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/berjemur-sinar-matahari-pagi-cerah-penularan-covid19-cek-faktanya.html