Catat! Ini 10 Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh

583x Dibaca
Catat! 10 Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh Catat! 10 Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh

Perbesar Huruf :

Daya tahan tubuh adalah salah satu sistem penting yang bekerja untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, atau patogen. Saat usia bertambah, perubahan pada tubuh juga berimbas pada sistem daya tahan tubuh ini.

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif adalah makan makanan sehat dan mengatur pola makan demi memberi asupan nutrisi ke tubuh lansia. Anda perlu mengonsumsi makanan yang meningkatkan imun tubuh atau makanan sehat.

Sebagai pelengkapnya, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen sebagai asupan nutrisi tambahan. Sehingga, kebutuhan nutrisi harian Anda terpenuhi, yang secara langsung memberi efek positif pada peningkatan sistem imun tubuh.

Walakin makanan dan suplemen berperan vital, aktivitas fisik juga mempengaruhi kondisi sistem imun tubuh Anda. Artinya, selain makanan dan suplemen, Anda juga berolahraga, menjalani gaya hidup sehat, mengelola tingkat stres, dan tidur cukup.

Jenis Makanan dan Vitamin Apa yang Sangat Dibutuhkan Agar Daya Tahan Tubuh Kita Kuat?

Saat sistem imun melemah, tubuh tidak akan mampu melawan masuknya bakteri, virus, atau patogen penyebab penyakit lainnya.

Sedangkan di sisi lain, penuaan berkaitan erat dengan defisiensi mikronutrien yang dapat memperburuk atau menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini karena perubahan pada sistem pencernaan dan metabolisme lansia.

Karena itu, menjaga pola makan dan memilih makanan adalah hal vital agar terhindar dari malnutrisi yang mengganggu produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh dan antibodi.

Lalu, apa saja makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

1. Sayur Bayam

Sayur bayam mengandung beberapa nutrisi penambah imunitas seperti flavonoid, karotenoid, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, kandungan magnesium pada bayam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak sampai di situ saja, kandungan betakaroten sayur bayam juga diketahui meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem imun kita.

 

Kandungan berbagai nutrisi ini menjadikan bayam sebagai makanan yang menguatkan daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kandungan-kandungan tersebut, Anda bisa mengonsumsi bayam secara mentah atau memasaknya sebentar.

2. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang baik. Senyawa bernama Quercetin dalam brokoli diketahui memiliki sifat sebagai antioksidan, antialergi, dan juga anti-virus.

 

Dengan berbagai kandungannya, brokoli merupakan sayur terbaik untuk dikonsumsi secara rutin demi meningkatkan sistem imun. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, semacam brokoli, secara rutin akan memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi harian dan peningkatan kekebalan tubuh.

3. Jeruk

Buah jeruk merupakan sumber vitamin C terbaik. Para peneliti menemukan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi durasi gejala pilek dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

 

Buah jeruk juga kaya akan flavonoid, terutama hesperidin yaitu antioksidan yang kuat dalam melawan peradangan dan virus pernapasan. Sebuah penelitian menemukan bahwa rutin konsumsi jus jeruk dapat meningkatkan jumlah sel darah putih untuk melawan infeksi dan menurunkan penanda peradangan pada tubuh.

4. Buah Naga

Buah naga adalah salah satu buah yang kaya akan Vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini baik untuk sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin C dalam buah naga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Hal ini dapat membantu memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan karena zat besi penting dalam proses peredaran oksigen dan nutrisi dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh Yang Wajib Dikonsumsi

5. Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu sumber makanan yang menguatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin E di dalamnya. Tidak hanya itu, Almond juga mengandung mangan, magnesium, dan serat. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, Anda bisa mengonsumsi segenggam kecil atau sekitar seperempat cangkir kacang almond.

6. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang meningkatkan imun tubuh. Telur mengandung vitamin A, vitamin B12, dan selenium  yang merupakan nutrisi penting untuk sistem imun sehat.

 

Kuning telur juga kaya akan vitamin D yang bermanfaat untuk fungsi kekebalan tubuh serta membantu tubuh untuk mengatur respons imun tubuh terhadap serangan penyakit.