Catat! Ini 10 Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh

2231x Dibaca
Catat! 10 Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh Catat! 10 Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh

Perbesar Huruf :

Daya tahan tubuh adalah salah satu sistem penting yang bekerja untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, atau patogen. Saat usia bertambah, perubahan pada tubuh juga berimbas pada sistem daya tahan tubuh ini.

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif adalah makan makanan sehat dan mengatur pola makan demi memberi asupan nutrisi ke tubuh lansia. Anda perlu mengonsumsi makanan yang meningkatkan imun tubuh atau makanan sehat.

Sebagai pelengkapnya, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen sebagai asupan nutrisi tambahan. Sehingga, kebutuhan nutrisi harian Anda terpenuhi, yang secara langsung memberi efek positif pada peningkatan sistem imun tubuh.

Walakin makanan dan suplemen berperan vital, aktivitas fisik juga mempengaruhi kondisi sistem imun tubuh Anda. Artinya, selain makanan dan suplemen, Anda juga berolahraga, menjalani gaya hidup sehat, mengelola tingkat stres, dan tidur cukup.

Jenis Makanan dan Vitamin Apa yang Sangat Dibutuhkan Agar Daya Tahan Tubuh Kita Kuat?

Saat sistem imun melemah, tubuh tidak akan mampu melawan masuknya bakteri, virus, atau patogen penyebab penyakit lainnya.

Sedangkan di sisi lain, penuaan berkaitan erat dengan defisiensi mikronutrien yang dapat memperburuk atau menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini karena perubahan pada sistem pencernaan dan metabolisme lansia.

Karena itu, menjaga pola makan dan memilih makanan adalah hal vital agar terhindar dari malnutrisi yang mengganggu produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh dan antibodi.

Lalu, apa saja makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

1. Sayur Bayam

Sayur bayam mengandung beberapa nutrisi penambah imunitas seperti flavonoid, karotenoid, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, kandungan magnesium pada bayam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak sampai di situ saja, kandungan betakaroten sayur bayam juga diketahui meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem imun kita.

 

Kandungan berbagai nutrisi ini menjadikan bayam sebagai makanan yang menguatkan daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kandungan-kandungan tersebut, Anda bisa mengonsumsi bayam secara mentah atau memasaknya sebentar.

2. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang baik. Senyawa bernama Quercetin dalam brokoli diketahui memiliki sifat sebagai antioksidan, antialergi, dan juga anti-virus.

 

Dengan berbagai kandungannya, brokoli merupakan sayur terbaik untuk dikonsumsi secara rutin demi meningkatkan sistem imun. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, semacam brokoli, secara rutin akan memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi harian dan peningkatan kekebalan tubuh.

3. Jeruk

Buah jeruk merupakan sumber vitamin C terbaik. Para peneliti menemukan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi durasi gejala pilek dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

 

Buah jeruk juga kaya akan flavonoid, terutama hesperidin yaitu antioksidan yang kuat dalam melawan peradangan dan virus pernapasan. Sebuah penelitian menemukan bahwa rutin konsumsi jus jeruk dapat meningkatkan jumlah sel darah putih untuk melawan infeksi dan menurunkan penanda peradangan pada tubuh.

4. Buah Naga

Buah naga adalah salah satu buah yang kaya akan Vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini baik untuk sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin C dalam buah naga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Hal ini dapat membantu memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan karena zat besi penting dalam proses peredaran oksigen dan nutrisi dalam tubuh.

5. Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu sumber makanan yang menguatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin E di dalamnya. Tidak hanya itu, Almond juga mengandung mangan, magnesium, dan serat. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, Anda bisa mengonsumsi segenggam kecil atau sekitar seperempat cangkir kacang almond.

6. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang meningkatkan imun tubuh. Telur mengandung vitamin A, vitamin B12, dan selenium  yang merupakan nutrisi penting untuk sistem imun sehat.

 

Kuning telur juga kaya akan vitamin D yang bermanfaat untuk fungsi kekebalan tubuh serta membantu tubuh untuk mengatur respons imun tubuh terhadap serangan penyakit.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan beta karoten tinggi. Beta karoten merupakan antioksidan yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A sendiri, menurut beberapa penelitian, sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dikaitkan dengan penurunan kadar tekanan darah, yang berguna untuk menjaga imunitas tubuh.

 

Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.  Ubi jalar berwarna ungu juga mengandung antioksidan bernama antosianin yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem imun.

8. Beras Merah

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi beras merah. Sebab, beras merah memiliki berbagai manfaat untuk tubuh karena kandungan antioksidan alami dari tanaman dan juga serat. Antioksidan dan mineral dalam beras merah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

 

Tak hanya itu, konsumsi beras merah juga disebut dapat menurunkan kadar kolesterol hingga menurunkan risiko penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Sedangkan kandungan selenium pada beras merah diketahui punya manfaat untuk meningkatkan fungsi imun tubuh.

9. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang jamak digunakan sebagai minuman penghangat badan sekaligus untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Fenomena tersebut  bukan hanya asumsi semata karena jahe mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.  Tidak hanya itu, kandungan nutrisi pada jahe memiliki sifat anti peradangan dan juga anti kanker.

10. Susu yang Sudah Difortifikasi Antioksidan dan Mineral

Susu diketahui memiliki berbagai kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Tapi, bisakah susu meningkatkan sistem imun tubuh? Pada susu yang telah difortifikasi vitamin dan mineral, manfaat untuk meningkatkan sistem imun dapat diperoleh.

Selain Makanan, Ini Panduan Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Daya tahan tubuh harus selalu dijaga agar Anda tidak mudah lelah apalagi sakit. Salah satu caranya ialah dengan mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang telah direkomendasikan. Pentingnya menjaga imun supaya Anda terhindar dari virus yang tidak terduga, terhindar juga dari bakteri hingga parasit yang tidak diinginkan. 

Memiliki gaya hidup sehat juga penting untuk dimiliki, karena dapat menjadi suatu sistem yang bagus untuk terhindari dari penyakit. Jika tidak, Anda akan gampang sakit. 

Maka dari itu, dalam menjaga dan meningkatkan imun tubuh, selain makanan dan minuman, penting juga memiliki gaya hidup seperti berikut:

  • Milikilah waktu istirahat atau tidur minimal 7 sampai 8 jam dalam sehari, 
  • Melakukan olahraga secara rutin
  • Gaya hidup sehat, hindari merokok, minuman beralkohol, hingga minuman tinggi gula. 
  • Konsumsi air putih yang cukup 
  • Jangan stres atau depresi. Coba untuk mengelola stres. 
  • Konsumsi minuman dan makanan yang meningkatkan imun tubuh. 

Secara rutin melakukan panduan diatas dan melengkapi asupan nutrisi seperti minuman dan makanan penambah daya tahan tubuh sangat bagus untuk masa tua yang terjaga. Gaya hidup sehat juga baik dalam menjaga daya tahan tubuh Anda agar sistem imun yang baik. 

Ensure, Nutrisi Tambahan Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh

Salah satu sumber nutrisi tambahan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh adalah Ensure. Abbott Ensure mengandung omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, Zinc, selenium, kalsium, dan nutrisi penting lainnya yang terbukti secara klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, Ensure rendah laktosa dan mengandung Triple Protein berupa perpaduan whey, kasein, dan soya sehingga mudah dicerna tubuh dan nyaman di perut.

Untuk kenyamanan Anda saat minum, Abbott Ensure bisa diminum dalam kondisi hangat atau dingin. Anda juga bisa mendapatkan Ensure rasa vanila atau rasa coklat. Cara penyajiannya pun tidak sulit, cukup tambahkan 5 sendok takar ke dalam 200 ml air, lalu aduk rata, dan Ensure sudah siap minum.

Setelah mengonsumsi makanan yang meningkatkan imun tubuh, Anda dapat meminum Ensure untuk memberikan tambahan energi dan nutrisi bagi imun tubuh. Cukup minum sebanyak 2 kali sehari secara rutin, maka Ensure akan mendukung kekuatan dan daya tahan tubuh Anda. 

 

 

SOURCE:

9 Ways to Boost Your Body’s Natural Defenses - Healthline. Retrieved 11 June 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/how-to-boost-immune-health

Nutrition and Immunity - Harvard T.H. Chan-School of Public Health. Retrieved 11 June 2022, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/nutrition-and-immunity/

The best foods for boosting your immune system - Medical News Today. Retrieved 11 June 2022, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412#which-foods-boost-the-immune-system

Health Benefits of Spinach - WebMD. Retrieved 11 June 2022, from https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-health-benefits-of-spinach

15 Foods That Boost the Immune System - Healthline. Retrieved 11 June 2022, from https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system

15 Foods That Boost Your Immune System - WebMD. Retrieved 11 June 2022, from https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-immune-foods

Which foods boost the immune system?- Live Science. Retrieved 11 June 2022, from https://www.livescience.com/which-foods-boost-the-immune-system

The health benefits of broccoli - Medical News Today. Retrieved 11 June 2022, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/266765

Effects of Citrus Fruit Juices and Their Bioactive Components on Inflammation and Immunity: A Narrative Review - Frontiers. Retrieved 11 June 2022, from https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fimmu.2021.712608/full

Dragon Fruit - WebMD. Retrieved 11 June 2022, from https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-dragon-fruit

Everything you need to know about eggs - Medical News Today. Retrieved 11 June 2022, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/283659

You Are What You Eat: Choose Foods that Boost Immunity and Fight Infection - UC Health. Retrieved 11 June 2022, from https://www.uchealth.com/en/media-room/covid-19/boost-immunity-with-food