7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otot

587x Dibaca
7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otot 7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otot

Perbesar Huruf :

Kesehatan otot adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada 2 cara utama menjaga kesehatan otot, yaitu memastikan asupan nutrisi yang baik dan diimbangi dengan gaya hidup aktif.

Asupan nutrisi bisa didapatkan dari mengatur pola makan dan makanan sehat. Bila diperlukan, asupan susu protein tinggi bisa membantu menjaga otot. Apalagi saat ini, cukup mudah mencari merk susu yang baik untuk kesehatan otot.

Sejalan dengan hal ini, Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin. Ada cukup banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk membantu tubuh menjaga kesehatan otot.

Mengapa Menjaga Kesehatan Otot Itu Penting?

Otot sehat akan membantu tubuh tetap kuat dan memudahkan kita beraktivitas. Selain itu, otot yang kuat akan membantu sendi tetap sehat.

Seiring bertambahnya usia, massa otot terus berkurang. Pada kasus tertentu, kehilangan massa otot, baik kekuatan dan fungsinya, menjadi penyebab utama keterbatasan aktivitas. Biasanya, kasus ini mudah dijumpai pada orang lanjut usia.

Konsumsi susu secara rutin dapat meningkatkan sintesis protein otot yang mengarah pada peningkatan keseimbangan protein pada otot. Penelitian menemukan bahwa konsumsi susu mengandung vitamin dan protein setelah olahraga berperan efektif meningkatkan kekuatan otot.

Protein adalah nutrisi kunci menjaga kesehatan otot. Tapi, nutrisi lain seperti karbohidrat dan lemak juga diperlukan sebagai sumber energi tubuh dan menghindari kelelahan.

Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Otot

Lalu, apa saja makanan yang baik untuk menjaga kesehatan otot?

1. Dada Ayam

Dada ayam baik untuk menjaga kesehatan tulang karena kandungan proteinnya yang tinggi. Dalam 100 gram daging ayam terdapat 18,2 gram protein. Artinya, konsumsi 100 gram daging ayam dapat memenuhi 28 persen kebutuhan protein harian lansia.

 

Protein daging ayam terhitung sebagai protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna. Tidak hanya itu, mengonsumsi daging ayam diketahui berpengaruh pada penurunan lemak tubuh.

 

2. Ikan Tuna

Ikan tuna juga merupakan makanan kaya protein dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu menjaga kesehatan otot.

 

Bukan hanya menjaga kesehatan otot, lansia yang mengonsumsi omega 3 diketahui dapat meningkatkan massa dan fungsi otot. Ada juga kandungan vitamin A dan B di ikan tuna yang berefek baik bagi tubuh.

 

Protein ikan tuna termasuk berkualitas tinggi. Kualitas itu didapatkan dari kandungan asam amino esensial dan yang membuatnya muda dicerna tubuh.

 

3. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik karena terdapat 12, 4 gram protein dalam 100 gram telur. Telur juga merupakan makanan sumber protein berkualitas tinggi.

 

Kandungan asam aminonya membuat protein telur dapat diserap tubuh dengan cepat. Selain itu, asam amino berupa leucine dapat membantu pemulihan otot setelah berolahraga.

 

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Otot dan Melawan Risiko Sarkopenia

 

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah sumber protein nabati yang tepat. Tidak seperti protein nabati lainnya, kualitas protein kacang kedelai termasuk tinggi. Sebab kacang kedelai mengandung asam amino esensial yang membuat protein lebih cepat diserap tubuh.

 

Jumlah protein dari 100 gram kacang kedelai adalah 30,2 gram. Artinya, konsumsi 100 gram kedelai dapat memenuhi 62 persen kebutuhan protein harian lansia laki-laki.

 

Jika kurang suka mengonsumsi secara langsung, Anda bisa memilih olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, atau susu kedelai.