Catat! Ini Makanan dan Minuman Penambah Imun Tubuh

2144x Dibaca
Catat! 7 Minuman & Makanan Penambah Imun Tubuh Catat! 7 Minuman & Makanan Penambah Imun Tubuh

Perbesar Huruf :

Di tengah cuaca tak menentu seperti saat ini, menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting agar kita tidak mudah jatuh sakit. Ada beragam cara untuk melindungi tubuh agar tidak mudah jatuh sakit, salah satunya dengan mengonsumsi makanan penambah imun tubuh.

Imunitas atau sistem daya tahan tubuh membantu melindungi kita penyerang seperti bakteri, virus, dan jamur, dan racun (bahan kimia yang dibuat oleh mikroba). Sistem daya tahan tubuh terdiri dari organ khusus, sel, dan bahan kimia yang melawan infeksi.

Makanan yang kita konsumsi juga menentukan kekuatan tubuh dalam melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Dengan mengonsumsi makanan penambah imun, kita sama halnya dengan membekali tubuh dalam melawan kuman penyebab penyakit.

Orang yang memiliki pola makan yang baik tentu memiliki imun tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang memiliki pola makan buruk. Ada beberapa jenis makanan dan minuman penambah imun tubuh yang membantu kita melawan penyakit. Makanan dan minuman tersebut sangat mudah didapatkan di sekitar kita.

Daftar Makanan Yang Dapat Membantu Daya Tahan Tubuh

Meski tidak sepenuhnya melindungi tubuh dari infeksi, makanan bergizi akan membantu memperkuat daya tahan tubuh sehingga memberikan perlindungan ekstra. Beberapa jenis makanan penambah daya tahan tubuh antara lain:

1. Brokoli

Brokoli adalah makanan penambah imun tubuh yang kaya akan nutrisi. Sayuran ini juga tinggi beta-karoten, potasium, magnesium, seng, dan zat besi. Brokoli memasok berbagai vitamin B (B1, B2, B3, dan B6). Semua jenis tersebut diperlukan oleh tubuh agar sistem imun bisa bekerja maksimal.

Brokoli memiliki kadar glucoraphanin yang tinggi, senyawa yang dapat diubah menjadi antioksidan kuat yang disebut sulforaphane selama proses pencernaan.

Antioksidan adalah molekul yang menghambat atau menetralisir kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini dapat menyebabkan peradangan berkurang dan memberikan efek perlindungan kesehatan secara keseluruhan.

Riset juga membuktikan bahwa brokoli membantu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara, prostat, lambung, kolorektal, dan ginjal. Manfaat ini terjadi berkat kandungan.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh Yang Wajib Dikonsumsi

2. Bayam

Bayam mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin E dan magnesium yang mendukung daya tahan tubuh Anda. Daya tahan tubuh yang kuat membuat Anda aman dari virus dan bakteri penyebab penyakit.

Bayam juga mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin yang terkandung dalam bayam, antara lain:

     Vitamin A

     Vitamin C

     Vitamin K

     Asam folat

     Zat Besi

     Kalsium

3. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan vitamin E, antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Almond juga mengandung zat besi dan protein yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition College membuktikan bahwa kacang almond mengandung antioksidan berupa flavonol dan flavon-3-ols.

Kedua antioksidan ini berperan sebagai antivirus, anti-inflamasi, anti-alergi, anti-mutagenik, antikanker dan juga anti-kolesterol. Senyawa antioksidan tersebut juga membantu menekan terjadinya peningkatan stres oksidatif pada orang dengan kondisi autism spectrum disorders.

4. Mangga

Buah-buahan dengan cita rasa manis dan asam ini juga tergolong sebagai makanan penambah daya tahan tubuh. Mangga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan imunitas, penyerapan zat besi, dan pertumbuhan dan perbaikan sel. Buah satu ini juga mengandung senyawa polifenol yang membantu menurunkan risiko kanker.

5. Sup ayam

Sup ayam mengandung vitamin A dan C, magnesium, fosfor, gelatin, dan antioksidan, yang dikenal dapat membangun sistem kekebalan yang kuat dan melawan virus.

Protein dari ayam menyediakan asam amino yang digunakan untuk membangun antibodi untuk melawan infeksi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa semangkuk sup ayam hangat dapat membantu membersihkan hidung tersumbat dan meredakan gejala pilek.

6. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit.

7. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman.

Bawang putih utuh mengandung senyawa yang disebut allicin. Senyawa ini telah terbukti meningkatkan respons melawan penyakit dari beberapa jenis sel darah putih dalam tubuh ketika menghadapi virus, seperti virus yang menyebabkan pilek atau flu.

Minuman Penambah Imun Tubuh

Selain makanan, Anda juga bisa mencegah datangnya penyakit dengan minuman penambah imun tubuh dari bahan alami seperti berikut:

1. Air kelapa

Meski belum banyak diteliti, kelapa merupakan salah satu tanaman yang berpotensi meningkatkan imunitas tubuh.

Riset membuktikan air kelapa mampu meningkatkan jumlah leukosit, salah satu komponen darah yang berperan dalam pembentukan sistem imun.

Manfaat ini karena air kelapa mengandung Vitamin B2, B6, B12, dan C, polisakarida, kinetin, asam folat, dan berbagai jenis asam amino. Bahan penyusun dalam air kelapa juga menstimulasi pembelahan sel.

2. Teh hijau

Teh hijau sarat dengan antioksidan penangkal penyakit dan polifenol, termasuk epigallocatechin gallate.

Antioksidan epigallocatechin gallate telah banyak dipelajari ahli kesehatan karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian tahun 2020 juga membuktikan bahwa epigallocatechin gallate mampu mengubah aktivitas protein tertentu, yang dapat membantu memblokir virus flu agar tidak bereplikasi.

Teh hijau juga mengandung senyawa katekin yang membantu mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Baca Juga: Daftar 10 Makanan Yang Meningkatkan Imun Tubuh!

3. Wedang Jahe

Selain menghangatkan tubuh, wedang jahe juga bisa menjadi minuman penambah daya tahan tubuh.

Jahe mengandung vitamin C dan magnesium, dimana kedua nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem imun. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa memotong jahe menjadi bagian kecil-kecil lalu menyeduhnya dengan secangkir air panas.

4. Jus Buah Sitrus

Jus buah sitrus adalah sumber vitamin C dan folat, yang berperan dalam memperkuat imunitas. Kedua nutrisi ini juga berperan dalam mendukung fungsi berbagai jenis sel kekebalan termasuk fagosit, sel pembunuh alami, sel T dan sel B.

Kandungan vitamin C dalam buah sitrus juga berperan sebagai antioksidan yang mengurangi respon inflamasi. Sementara itu, kandungan polifenolnya membantu mencegah kerusakan sel dan mengurangi radikal bebas.

Ensure untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Selain makanan dan minuman penambah daya tahan tubuh di atas, Anda juga bisa mengonsumsi Ensure untuk manfaat yang sama.

Baca Juga: 7 Nutrisi dan Rekomendasi Susu Untuk Daya Tahan Tubuh

Ensure mengandung omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, Zinc, selenium, kalsium, dan nutrisi penting lainnya yang terbukti secara klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ensure juga mengandung 14 vitamin dan 9 mineral yang mendukung kondisi dan daya tahan tubuh.

Untuk penyajian, Anda hanya perlu menyeduh 5 sendok takar susu Ensure dengan 198 ml air hangat atau dingin. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh disertai minum Ensure 2 kali sehari.

 

 

SOURCE:

Pola Makan Sehat dan Bergizi untuk Meningkatkan Imunitas saat terserang Covid-19. Universitas Negeri Sebelas Maret. Retrieved on June 20, 2022 from https://uns.ac.id/id/uns-opinion/pola-makan-sehat-dan-bergizi-untuk-meningkatkan-imunitas-saat-terserang-covid-19.html

16 Foods That Boost and Improve Immune System - One Health. Retrieved on June 20, 2022 from https://www.onhealth.com/content/1/immune_system_boosting_foods.

Top 14 Health Benefits of Broccoli - Healthline. Retrieved on June 20, 2022 from https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-broccoli

Health Benefit of Spinach - Web MD. Retrieved on June 20, 2022 from https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-health-benefits-of-spinach

Spinach 101:Nutrition Facts and Health Benefit - Healthline. Retrieved on June 20, 2022 from https://www.healthline.com/nutrition/foods/spinach#vitamins-and-minerals

Aktivitas Antioksidan, Total Bakteri Asam Laktat, Sifat Fisik dan Tingkat Penerimaan Yoghurt Almond (Prunus Dulcis) Sebagai Produk Probiotik Alternatif Bagi Penderita Autis - Journal of Nutrition College. Retrieved on June 20, 2022 from https://media.neliti.com/media/publications/96857-ID-none.pdf

10 Health Benefit of Mango- Healthline. Retrieved on June 20, 2022 from https://www.healthline.com/nutrition/mango

Tags:

nutrisi
gizi