Selain Latihan Kekuatan Otot, Konsumsi Juga Ensure, Nutrisi untuk Dewasa & Lansia!

Latihan Kekuatan Otot dan Konsumsi Ensure Untuk Nutrisi - Ensure Latihan Kekuatan Otot dan Konsumsi Ensure Untuk Nutrisi - Ensure

Perbesar Huruf :

Walaupun telah berada di usia yang tidak lagi muda, orang dewasa dan lansia tetap dianjurkan untuk rutin melakukan latihan kekuatan otot. Dengan rutin melakukannya, maka tubuh akan terasa lebih sehat, bugar, dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, rutin melakukan latihan kekuatan otot juga dapat memberikan beberapa manfaat lain bagi tubuh, diantaranya:

        Memperlancar peredaran darah

        Meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang

        Menjaga fleksibilitas dan keseimbangan tubuh

        Memperbaiki postur tubuh

        Meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia

 

Namun, Anda perlu ingat, manfaat tersebut tidak bisa didapatkan secara instan. Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda perlu mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup yang sehat, yakni istirahat yang cukup, menghindari stres, tidak merokok, dan yang terpenting adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar nutrisi yang diperlukan tubuh selalu terpenuhi.

Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi untuk dapat menunjang latihan kekuatan otot yang Anda lakukan adalah protein. Asupan protein dan kalori yang cukup sangat penting demi mempertahankan massa otot. Kebutuhan protein bagi lansia pria yang berusia 41 - 65 tahun memerlukan 65 gram protein, lansia yang usianya lebih dari 65 tahun memerlukan 62 gram protein per hari. Sedangkan lansia dan wanita usia 41 sampai di atas 65 tahun membutuhkan 56 gram protein per hari.

Baca Juga: Ingin Dukung Nutrisi di Masa Tua dengan Susu Protein Tinggi Simak Fungsinya Berikut Ini!

Tak hanya protein, asupan vitamin D, kalsium dan asam lemak omega-3 juga perlu dicukupi untuk menunjang latihan kekuatan otot yang Anda lakukan. Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi, Anda juga dapat memberikan nutrisi tambahan pada tubuh dengan mengonsumsi tinggi protein, seperti Ensure. Ensure memiliki 5 kandungan yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan otot lansia. Berikut nutrisi untuk menunjang latihan kekuatan otot yang terdapat dalam segelas susu Ensure yang baik untuk Anda konsumsi:

 

Triple Protein

Ensure mengandung triple protein, yaitu whey, kasein, dan soya. Fungsi protein whey adalah untuk membantu memperbaiki otot yang rusak, meningkatkan kekebalan, kekuatan, dan massa otot. Sedangkan, dalam protein kasein terdapat asam amino yang berguna untuk membantu membangun otot dan protein soya akan membantu pembentukan massa otot baru serta meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita yang mendekati menopause.

Kombinasi dari ketiga protein ini membuat protein lebih mudah diterima oleh tubuh sehingga mudah dicerna, diserap dan meningkatkan rasa kenyang karena bertahan lama pada tubuh.

 

Memiliki 14 Vitamin dan 9 Mineral

Beberapa vitamin dimiliki oleh susu Ensure seperti vitamin A, C, D, dan E. Vitamin-vitamin tersebut tentunya memiliki khasiat seperti mencegah risiko datangnya penyakit dan menjaga daya tahan tubuh, salah satunya pada vitamin D memiliki peran untuk menyerap kalsium sehingga terjaganya otot Anda dan vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mineral yang termasuk ke dalam kandungan susu Ensure yaitu zinc, kalsium, dan selenium.

 

Kalsium

Kalsium memiliki peran penting beberapa di antaranya untuk gigi dan tulang, mengatur kontraksi otot dan detak jantung. Mineral satu ini menjadi kandungan yang terus dibutuhkan dari lahir sampai usia tua. Oleh karena itu, dalam tubuh manusia, tulang menjadi bagian yang paling banyak kalsium karena bertindak sebagai tempat penyimpanan mineral. Namun, memasuki usia 30 tahun ke atas, proses pembentukan sel tulang baru menjadi lebih lambat.

Dengan bertambahnya usia, kalsium dalam tubuh akan menurun karena dilepaskan dari tubuh secara alami lewat kotoran, keringat, dan sel kulit. Hal ini menyebabkan massa tulang hilang lebih cepat daripada pembuatan tulang baru. Kondisi tersebut membuat risiko osteoporosis (pengeroposan tulang) dan patah tulang menjadi lebih besar.

 

Omega 3 dan Omega 6

Kesehatan jantung dapat dijaga dengan memberikan asupan nutrisi omega 3 dan 6. Omega 3 dan 6 merupakan lemak tak jenuh yang dapat menjaga kesehatan sendi lansia. Omega 3 memiliki peran untuk menjaga kesehatan otot dan jantung, sedangkan omega 6 memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang dan metabolisme tubuh.

 

Serat

Pencernaan di masa tua seringkali bermasalah dikarenakan kurangnya serat yang diserap tubuh, sehingga sudah pasti bahwa lansia butuh konsumsi makan-makanan yang mengandung serat. Nutrisi serat yang terkandung dalam Ensure dapat membantu masalah pencernaan yang lansia miliki karena terdapat sumber serat pangan di dalam kandungannya.

Susu Ensure dapat dikonsumsi sesuai dengan takaran yang telah ditentukan, sehingga pemenuhan nutrisi pada lansia dapat berlangsung secara optimal. Khasiat susu Ensure dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tubuh dengan nutrisi yang dikandungnya. Disarankan untuk melihat label kemasan atau website Abbott Ensure sebelum membeli Susu Ensure, di dalamnya juga terdapat saran penyajian.

Ensure, brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan memiliki uji klinis sebagai nutrisi yang telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sehari-hari!

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021

Sumber

Panduan Latihan Kekuatan Otot pada Lansia Agar Tetap Kuat dan Aktif: https://ensure.co.id/artikel/olahraga/panduan-latihan-kekuatan-otot-pada-lansia-agar-tetap-kuat-dan-aktif

For Aging Bodies, Encurance and Resistance Training Can Help: https://www.healthline.com/health-news/endurance-not-resistance-training-helps-with-aging

A Healthy Aging Guide to Strength Training and Stretching at Home: https://www.healthline.com/health/fitness/healthy-aging-guide-to-strength-training