Demi Kesehatan Jantung, Ikuti Pola Makan Tepat Berikut Ini!

624x Dibaca
Demi Kesehatan Jantung, Ikuti Pola Makan Tepat Berikut Ini! Demi Kesehatan Jantung, Ikuti Pola Makan Tepat Berikut Ini!

Perbesar Huruf :

Usia merupakan faktor risiko yang kerap mengancam kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan dengan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) 2018 yang menyebutkan bahwa prevalensi penyakit jantung pada orang dengan usia 65 tahun ke atas adalah 4,6 persen.

Perlu diketahui juga bahwa semakin bertambah usia, makin tinggi prevalensi penyakit jantung. Alasannya, karena penuaan menyebabkan perubahan pada jantung dan pembuluh darah, yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Penuaan juga berkaitan dengan kurangnya respons tubuh dalam menghadapi penyakit jantung.

Kesehatan jantung dapat terganggu akibat gaya hidup dan pola makan tidak sehat. Pola makan yang buruk seperti konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, gula, dan garam dapat menjadi pemicu penyakit jantung.

Mengonsumsi makanan tidak sehat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, hipertensi, obesitas, dan lain sebagainya. Kabar buruknya, penyakit kronis tersebut meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Pola Makan yang Benar untuk Kesehatan Jantung

Pola makan yang benar adalah kunci lansia menjaga jantung terus sehat. Berikut pola makan yang perlu diikuti lansia demi kesehatan jantung:

1. Hitung Kalori Harian

Seimbangkan kalori dari dikonsumsi dengan jumlah yang dibakar melalui aktivitas fisik. Tujuannya agar Anda tetap memiliki berat badan ideal. Cobalah membatasi jumlah porsi makan Anda serta menambah aktivitas fisik.

 

Sebenarnya, kebutuhan kalori masing-masing orang berbeda. Walakin, dalam Angka Kecukupan Gizi  Bangsa Indonesia, kecukupan kalori lansia per hari adalah:

A.      Kalori Laki-laki

        Usia 50-64 tahun: 2150 kkal

        Usia 65-80 tahun: 1800 kkal

        Usia 80 tahun ke atas: 1600 kkal

 

B.      Kalori Perempuan

        Usia 50-64 tahun: 1800 kkal

        Usia 65-80 tahun: 1550 kkal

        Usia 80 tahun ke atas: 1400 kkal

 

2. Makan Sesuai Jadwal dan Jumlah Makanan yang Direkomendasikan

Salah satu masalah di pola makan yang buruk adalah kerap mengemil. Pada pola makan penderita jantung, aktivitas mengemil sangat dibatasi.

 

Karenanya, Anda perlu mengikuti jadwal makan yang telah dibuat dan dalam porsi yang direkomendasikan. Anda bisa menggunakan piring atau mangkok kecil untuk mengontrol porsi yang akan dimakan.

3. Konsumsi Jenis Makanan yang Dibutuhkan Tubuh

Semakin bertambahnya usia, semakin Anda tidak membutuhkan banyak lemak. Sebaliknya, untuk mendapatkan jantung sehat, Anda perlu meningkatkan asupan serat dari sayur dan buah.

 

Anda juga perlu menambahkan berbagai jenis makanan kaya protein. Alih-alih memilih protein dari sumber hewani, Anda bisa menggantinya dengan protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, dan lain sebagainya untuk mengurangi risiko penyakit jantung.