Kenapa Susu Mengandung Kalsium Tinggi & Cara Penuhi Kebutuhan Harian Anda

Kenapa Susu Mengandung Kalsium Tinggi & Cara Memenuhi Kebutuhan! Kenapa Susu Mengandung Kalsium Tinggi & Cara Memenuhi Kebutuhan!

Perbesar Huruf :

 

Susu dan kalsium adalah dua kata yang selalu beriringan. Susu dipercaya sebagai sumber kalsium yang baik karena kandungan kalsium di dalam susu cukup melimpah. Kalsium dalam susu adalah sumber kalsium yang mudah diserap dalam tubuh. Dengan mengonsumsi susu kalsium tinggi dan makanan yang mengandung kalsium lainnya, menjaga tubuh, tulang, dan gigi menjadi lebih kuat dan sehat.

Manusia membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat, dan 99% kalsium tubuh ada di tulang dan gigi. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga komunikasi yang sehat antara otak dan bagian tubuh lainnya. Ini memainkan peran dalam gerakan otot dan fungsi kardiovaskular. Untuk mengetahui manfaat kalsium dan cara memenuhi kebutuhan kalsium hariannya, perlu diketahui definisi mengenai kalsium dahulu.

Apa itu Kalsium?

Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat dan menjalankan banyak fungsi penting. Kalsium adalah mineral yang paling melimpah di dalam tubuh. Hampir semua kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang dan gigi, sehingga memberikan struktur dan kekerasan. Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk otot bergerak dan saraf untuk membawa pesan antara otak Anda dan setiap bagian tubuh Anda. Kalsium juga membantu pembuluh darah menggerakkan darah ke seluruh tubuh Anda dan membantu melepaskan hormon yang memengaruhi banyak fungsi dalam tubuh Anda.

Mengapa Kalsium Penting?

Dengan kalsium yang cukup dan tepat, tubuh mampu berfungsi dengan baik karena kalsium adalah jenis mineral yang berperan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Di dalam tubuh, tempat kalsium paling banyak ditemukan adalah pada tulang dan gigi. Alasannya adalah karena kedua bagian tubuh tersebut menjadi tempat penyimpanan kalsium yang kemudian akan dilepaskan setiap tubuh Anda membutuhkannya.

Pentingnya kalsium dan mengonsumsi susu kalsium tinggi karena kalsium dapat:

1.   Membantu Menjaga Kondisi Tulang dan Gigi & Kesehatan Jantung

Kalsium dibutuhkan dalam proses pembekuan darah, mampu menjaga kerja otot jantung untuk membuat detaknya lebih teratur, serta mengontrol kontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Mineral ini juga membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah.

2.   Baik untuk fungsi saraf

Sistem saraf tubuh manusia membutuhkan kalsium untuk mengirim sinyal dari otak ke bagian tubuh manusia lainnya. Selain itu, kalsium dapat bertindak sebagai obat penenang alami yang merilekskan sistem saraf dan mengurangi rasa sakit.

3.   Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi keroposnya tulang dan gigi dan paling sering terjadi pada orang dengan usia lanjut, khususnya perempuan. Hal tersebut terjadi karena di usia tua, tubuh secara alami kehilangan 50% kalsium yang terkandung di dalamnya sehingga perlu mendapat asupan yang lebih banyak. Untuk mencegahnya, mengonsumsi susu kalsium tinggi adalah salah satu cara yang paling mudah dilakukan.

4.   Pembakar lemak

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi merupakan solusi untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Kalsium memiliki efek positif dalam metabolisme tubuh karena dapat mempercepat pembakaran lemak dan mengurangi nafsu makan. Selain itu, kalsium tidak memiliki sifat mengikat lemak sehingga bisa dikatakan sebagai nutrisi yang sangat baik untuk melangsingkan tubuh.

Konsumsi untuk Memenuhi Kebutuhan Harian Kalsium

Susu kalsium tinggi adalah salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Namun, tentunya saja mengonsumsi susu perlu dibarengi dengan makanan yang mengandung kalsium tinggi serta vitamin yang dibutuhkan akan kebutuhan terpenuhi secara maksimal. Apa saja yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium?

        Yogurt

        Susu

        Sarden dan salmon

        Keju

        Tahu

        Sayuran berwarna hijau, seperti brokoli, daun turnip, dsb

        Sereal yang mengandung kalsium

        Jus buah-buahan

        Kacang-kacangan dan biji-bijian, khususnya almond dan chia

        Kedelai

Baca Juga: Susu Tinggi Kalsium, Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

 

Mengacu pada ODS, konsumsi kandungan kalsium yang diperlukan sebagai berikut:

        Usia Baru lahir – 6 Bulan: 200mg

        Usia 7 – 12 Bulan: 260 mg

        Usia 1 – 3 Tahun: 700 mg

        Usia 4 – 8 Tahun: 1000 mg

        Usia 9 – 13 Tahun: 1300 mg

        Usia 14 – 18 Tahun: 1300 mg

        Usia 19 – 50 Tahun: 1000 mg

        Laki-laki usia 51 – 70 Tahun: 1000 mg

        Perempuan Usia 51 — 70 Tahun: 1200 mg

        Usia 71 ke atas: 1200 mg

        Ibu muda menyesui: 1300 mg

        Ibu menyusui: 1000mg

Cara Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Selain dengan mengkonsumsi susu kalsium tinggi, ada cara lain untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh agar kebutuhan harian terpenuhi dan kesehatan tubuh berfungsi dengan baik. Perlu diketahui, produk konsumsi yang kandungan kalsiumnya paling mudah diserap oleh tubuh adalah kalsium di dalam susu. Dalam makanan lain, kandungan kalsium cukup sulit terserap oleh tubuh Anda. Apa lagi, seiring berjalannya usia, kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi akan semakin berkurang. Untuk itu, lakukan hal-hal di bawah ini agar penyerapan kalsium dalam tubuh Anda meningkat.

  1. Memerhatikan asupan kalsium dari makanan & menghindari berbagai hal yang menghambat penyerapan kalsium

Ada jenis-jenis makanan yang mampu menghambat penyerapan kalsium, yaitu coklat, makanan cepat saji yang mengandung garam (natrium tinggi, soda, minuman berkafein, dan minuman beralkohol. Kandungan asam oksalat pada cokelat bisa menghambat penyerapan kalsium. Sementara makanan cepat saji dan jenis minuman lain membuat Anda memproduksi urine secara cepat sehingga kalsium yang ada di dalam tubuh akan ikut terbuang.

  1.  Penuhi asupan vitamin D

Vitamin D membantu Anda menyerap kalsium dan fosfor. Apabila tubuh Anda kekurangan vitamin D, hal ini akan membuat sistem imun yang terganggu, kandungan fosfor dan kalsium di tubuh jadi berkurang, hingga meningkatkan risiko kehilangan pendengaran, menderita penyakit arthritis rheumatoid (radang sendi kronis), hingga osteoporosis. Dengan memenuhi asupan vitamin D, kadar kemampuan penyerapan kalsium dan fosfor pada tubuh akan semakin mudah.

Anda bisa mendapatkan sumber asupan vitamin D dari minyak ikan kod, salmon, hati sapi, telur, susu, jamur kancing, dan lainnya. Jika asupan makanan Anda sehari-hari dirasa belum bisa mencukup kebutuhan vitamin D, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen CDR yang mengandung kombinasi kalsium, vitamin D, vitamin C, dan vitamin B6.

Jangan lupakan untuk selalu mengonsumsi susu kalsium tinggi seperti mengonsumsi Ensure. Anda membutuhkan asupan kalsium dan vitamin D mendukung kebugaran tubuh dan mencegah osteoporosis. Dengan fakta tersebut, Ensure dapat membantu memenuhi asupan-asupan yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas harian.

Ensure juga mampu membantu menjaga daya tahan tubuh Anda jika anda mengonsumsi Ensure dua kali sehari sebagai asupan kalsium dan nutrisi tambahan. Kandungan triple protein, serta 14 vitamin dan 9 mineral membuat Ensure menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Ensure, brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan produk nutrisi yang telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sehari-hari!

 

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021