Tambah Umur & Tetap Sehat? Lakukan Kebiasaan Makan Bergizi & Kegiatan Ini!

1721x Dibaca
Tips Panjang Umur: Makan Bergizi dan Kebiasaan Lainnya! Tips Panjang Umur: Makan Bergizi dan Kebiasaan Lainnya!

Perbesar Huruf :

Semua orang ingin mempertahankan kekuatan dan kesehatan mereka, meski umur selalu bertambah. Akan tetapi, hanya sebagian yang mengetahui cara-cara yang tepat untuk melakukannya, seperti dengan menjaga pola makan yang bergizi, berolahraga, dan lain sebagainya.

Apabila Anda merupakan salah satu dari mereka yang belum paham, jangan khawatir karena kebiasaan baik berikut masih bisa untuk dimulai dari hari ini!

1. Lengkapi Kebutuhan Gizi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengutamakan asupan gizi adalah hal yang penting dan Anda mungkin sudah tahu caranya. Tapi, saat memulai kebiasaan makan yang bergizi, pastikan kembali bahwa makanan tersebut baik untuk kondisi kesehatan yang Anda miliki. Simak tips berikut ini!

  • Perbanyak konsumsi protein untuk menghindari penurunan massa otot di usia tua (sarcopenia)
  • Hindari konsumsi lemak jahat dan perbanyak serat untuk mengurangi kolesterol
  • Batasi konsumsi karbohidrat, terutama gula, jika Anda punya penyakit diabetes
  • Jangan mengonsumsi garam terlalu banyak karena dapat tingkatkan tekanan darah
  • Perbanyak kalsium agar terhindar dari risiko osteoporosis

2. Lakukan Medical Check-up

Pemeriksaan kesehatan penting untuk dilakukan secara berkala, terlebih jika Anda telah memasuki usia lanjut dan memiliki riwayat penyakit tertentu di keluarga Anda. Beberapa contoh hal yang dapat diperiksa antara lain kadar kolesterol, hemoglobin A1c (untuk mengetahui risiko diabetes), atau pemeriksaan risiko kanker prostat (pada pria) dan payudara (pada wanita).

3. Perbanyak Asupan Vitamin D

Masa pensiun yang dilewati oleh lansia adalah masa santai yang mereka berhak dapatkan. Namun, meskipun tidak diharuskan untuk beraktivitas di luar, pastikan untuk berjemur karena sinar matahari dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D. Kemudian, jangan lupa untuk makan yang bergizi dan mengandung vitamin D, seperti ikan salmon, ikan tuna, dan juga telur.