Tambah Umur & Tetap Sehat? Lakukan Kebiasaan Makan Bergizi & Kegiatan Ini!

Tips Panjang Umur: Makan Bergizi dan Kebiasaan Lainnya! Tips Panjang Umur: Makan Bergizi dan Kebiasaan Lainnya!

Perbesar Huruf :

Semua orang ingin mempertahankan kekuatan dan kesehatan mereka, meski umur selalu bertambah. Akan tetapi, hanya sebagian yang mengetahui cara-cara yang tepat untuk melakukannya, seperti dengan menjaga pola makan yang bergizi, berolahraga, dan lain sebagainya.

Apabila Anda merupakan salah satu dari mereka yang belum paham, jangan khawatir karena kebiasaan baik berikut masih bisa untuk dimulai dari hari ini!

1. Lengkapi Kebutuhan Gizi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengutamakan asupan gizi adalah hal yang penting dan Anda mungkin sudah tahu caranya. Tapi, saat memulai kebiasaan makan yang bergizi, pastikan kembali bahwa makanan tersebut baik untuk kondisi kesehatan yang Anda miliki. Simak tips berikut ini!

  • Perbanyak konsumsi protein untuk menghindari penurunan massa otot di usia tua (sarcopenia)
  • Hindari konsumsi lemak jahat dan perbanyak serat untuk mengurangi kolesterol
  • Batasi konsumsi karbohidrat, terutama gula, jika Anda punya penyakit diabetes
  • Jangan mengonsumsi garam terlalu banyak karena dapat tingkatkan tekanan darah
  • Perbanyak kalsium agar terhindar dari risiko osteoporosis

2. Lakukan Medical Check-up

Pemeriksaan kesehatan penting untuk dilakukan secara berkala, terlebih jika Anda telah memasuki usia lanjut dan memiliki riwayat penyakit tertentu di keluarga Anda. Beberapa contoh hal yang dapat diperiksa antara lain kadar kolesterol, hemoglobin A1c (untuk mengetahui risiko diabetes), atau pemeriksaan risiko kanker prostat (pada pria) dan payudara (pada wanita).

3. Perbanyak Asupan Vitamin D

Masa pensiun yang dilewati oleh lansia adalah masa santai yang mereka berhak dapatkan. Namun, meskipun tidak diharuskan untuk beraktivitas di luar, pastikan untuk berjemur karena sinar matahari dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D. Kemudian, jangan lupa untuk makan yang bergizi dan mengandung vitamin D, seperti ikan salmon, ikan tuna, dan juga telur.

4. Rutin Melakukan Olahraga

American Heart Association merekomendasikan setiap individu untuk berolahraga setidaknya selama 150 menit setiap minggu demi menjaga kesehatan otot jantung. Jika durasi tersebut terdengar terlalu lama, jangan khawatir dulu karena Anda bisa membaginya kapan pun yang dimau. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari selama 5 hari berturut-turut. Bahkan, bila perlu, Anda dapat membaginya lagi jadi olahraga 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore hari.

Kemudian, untuk kegiatannya sendiri, Anda direkomendasikan melakukan kegiatan aerobik, seperti berjalan, jogging, dan bermain sepeda. Tidak perlu terlalu intens, kuncinya ada pada komitmen melakukan olahraga secara konsisten. Lalu, jangan lupa untuk makan yang bergizi agar terus berenergi saat berolahraga.

5. Tidur yang Cukup Setiap Malam

Selain agar tubuh jadi segar kembali keesokan harinya, tidur juga berguna untuk menjaga metabolisme, memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan sistem imun, dan mengurangi risiko berbagai macam penyakit yang kronis, seperti hipertensi dan juga diabetes.

Umumnya, orang dewasa yang telah memasuki usia lanjut disarankan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malam. Jadi, cobalah untuk menghindari penggunaan gadget atau menonton TV sebelum tidur karena dapat mengganggu produksi hormon yang membuat Anda mengantuk. Sebagai gantinya, cobalah untuk melakukan kegiatan yang menenangkan, seperti meditasi, beribadah, atau baca buku.

6. Menenangkan Diri dan Tetap Optimis

Tips terakhir ini terdengar tidak terlalu berkaitan dengan hidup yang sehat, seperti berolahraga dan pola makan yang bergizi. Tapi, jangan salah karena menurut riset yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, orang yang optimis terbukti cenderung memiliki masa hidup yang lebih lama. Menarik, ‘kan?

Itulah tadi kelima kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan meski telah memasuki usia lanjut. Kesimpulannya, kebiasaan-kebiasaan di atas terbilang sederhana, tapi akan membawa manfaat yang berarti jika dilakukan secara rutin, terutama jika kebiasaan tersebut adalah menjaga pola minum dan makan yang bergizi.

Untuk mendukung asupan gizi agar aktif sepanjang hari, jangan ragu untuk mengonsumsi susu Ensure dua kali setiap hari. Pasalnya, produk susu Ensure mengandung Triple Protein yang diformulasikan untuk Anda yang berusia lanjut. Formula ini merupakan gabungan unik dari protein whey, soya, dan juga casein yang diformulasikan agar dapat dengan mudah dicerna, diserap, serta bertahan di tubuh lebih lama dan membawa kebaikan yang optimal bagi tubuh Anda.

Selain itu, Ensure juga mengandung laktosa yang rendah dan juga serat pangan yang tinggi, sehingga aman untuk dikonsumsi para lansia. Tak lupa, Ensure juga bisa membantu Anda memperoleh asupan gizi yang lengkap dan seimbang dengan adanya kandungan 14 mineral dan 9 vitamin, kandungan kalsium dan vitamin D, serta omega-3 dan omega-6.

Dapatkan Ensure di berbagai merchant yang ada di wilayah Anda. Ensure hadir dalam dua varian rasa, yakni vanila dan juga cokelat, serta tiga ukuran kemasan, 150gr (khusus untuk rasa vanila), 400gr, dan juga 900gr. Kunjungi website Ensure untuk informasi lebih lanjut seputar kandungan dan harga susu Ensure. Kemudian, jangan lupa untuk membaca label sebelum membeli. Selamat mencoba!