Agar Orang Tua Terus Aktif & Kuat Jalani Hari, Berikan Kandungan Makanan yang Bergizi Berikut Ini!

Makanan Bergizi Agar Aktif & Kuat di Masa Tua - Ensure Makanan Bergizi Agar Aktif & Kuat di Masa Tua - Ensure

Perbesar Huruf :

Tidak dimungkiri bahwa, seiring bertambahnya usia, fungsi tubuh manusia akan semakin berkurang. Namun, hal ini bukan berarti orang tua Anda tidak memiliki harapan untuk memiliki kehidupan yang aktif dan berkualitas. Pasalnya, dengan pemberian makanan yang bergizi, Anda dapat turut menjaga kesehatan orang tua agar mereka mampu berada di berbagai momen berharga di hidup Anda.

 

Ingin tahu kandungan apa saja yang harus Anda utamakan untuk memenuhi kebutuhan gizi orang dewasa lanjut usia? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

 

Protein untuk Menjaga Massa Otot

 

Tahukah Anda bahwa para orang tua sangat membutuhkan protein untuk menjaga kekuatan otot dan tubuh? Perlu diketahui, hal ini karena para orang tua memiliki risiko penurunan kekuatan otot setidaknya 3% setiap tahun. Kondisi penurunan massa otot ini dikenal juga sebagai sarkopenia.

 

Maka dari itu, menurut AKG, Anda perlu memberikan mereka setidaknya 64-6 gram protein untuk pria lanjut usia dan 58-60 gram untuk wanita lanjut usia. Penuhi kebutuhan ini dengan memberikan makanan seperti daging sapi dan ayam atau sumber protein lainnya dengan tekstur yang lebih lembut, seperti tahu, susu, ikan, atau telur.

 

Karbohidrat sebagai Sumber Energi

 

Banyak yang salah kaprah dan menganggap karbohidrat buruk karena sering diasosiasikan dengan makanan yang manis. Padahal, asalkan dalam jumlah yang wajar (130 gram per hari) serta dari sumber makanan yang bergizi dan baik, konsumsi karbohidrat sangat dianjurkan.

 

Secara garis besar, karbohidrat memang berguna sebagai sumber energi agar tetap hidup aktif. Tetapi, jika orang tua juga mengonsumsi karbohidrat seperti buah dan sayuran, kebutuhan vitamin dan mineral juga bisa dipenuhi secara bersamaan. Kemudian, karbohidrat juga hadir dalam bentuk gandum utuh yang bisa bantu penuhi kebutuhan serat dan mendukung kesehatan pencernaan orang tua.

 

Vitamin D dan Kalsium untuk Dukung Kekuatan Tulang dan Otot

 

Di usia lanjut, para orang tua membutuhkan lebih banyak vitamin D dan juga kalsium guna mempertahankan tulang dan otot mereka. Maka dari itu, banyak dari mereka yang direkomendasikan untuk mengonsumsi susu tinggi protein yang juga tinggi vitamin D dan kalsium.

 

Kemudian, selain itu, orang tua juga bisa memperoleh vitamin D dan kalsium lewat berbagai makanan yang bergizi lainnya, seperti sayuran hijau, ikan salmon, serta telur. Mengonsumsi makanan-makanan ini nantinya juga akan membantu orang tua Anda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang lainnya. 

 

Jangan Hanya Fokus pada Makanan Saja

 

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi di atas, apakah Anda sudah punya gambaran tentang makanan apa yang bisa diberikan untuk penuhi kebutuhan gizi orang dewasa lanjut usia?

 

Sebelum lanjut menentukan makanannya, ketahuilah bahwa mengonsumsi makanan yang bergizi saja tidaklah cukup. Orang tua tetap perlu melakukan olahraga ringan setidaknya 150 menit setiap minggunya agar dapat melawan sarkopenia.

 

Bila ragu tentang jenis olahraganya, Anda dapat konsultasi dengan dokter tentang aktivitas apa saja yang dapat mendukung kekuatan otot orang tua. Namun, secara garis besar, kegiatan olahraga yang baik bagi orang tua adalah yang aman dilakukan sendiri di rumah.

 

Demikian penjelasan singkat tentang kandungan makanan yang bergizi yang dapat diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi orang dewasa lanjut usia. Kesimpulannya, memberikan makanan yang tinggi protein, mengandung karbohidrat yang berkualitas, serta dengan vitamin D dan kalsium mampu mendukung orang tua agar tetap hidup aktif sepanjang hari. Tetapi, pastikan juga agar orang tua berolahraga ringan agar kekuatan otot tetap terjaga.

 

Kemudian, tidak ada salahnya untuk memberikan mereka susu Ensure. Pasalnya, susu Ensure mengandung formula unik Triple Protein (kombinasi dari Whey, Kasein, dan Soya) untuk menunjang kekuatan otot. Kemudian, susu Ensure juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti Omega-3 dan 6, serat pangan, vitamin D dan kalsium yang tinggi, serta 13 vitamin dan 9 mineral lainnya.

 

Tak hanya itu saja, dengan rasa yang enak dan kandungan laktosa yang rendah, susu Ensure baik untuk dikonsumsi 2 kali sehari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!