Jenis Olahraga untuk Lansia & Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Jenis Olahraga untuk Lansia & Waktu yang Tepat - Ensure Jenis Olahraga untuk Lansia & Waktu yang Tepat - Ensure

Perbesar Huruf :

Usia yang bertambah bukan berarti menjadi hambatan untuk tetap aktif berolahraga. Bahkan memang sangat dianjurkan untuk para lansia demi mendukung tubuh yang bugar, sehat, dan bersemangat. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dan jenis olahraga untuk usia lanjut yang perlu diketahui.

Manfaat Olahraga Rutin Bagi Orang Lanjut Usia:

1. Membuat peredaran darah menjadi lancar

2. Otot dan sendi lebih kuat

3. Mengurangi risiko mengidap penyakit kardiovaskular seperti penyakit stroke, jantung, dan diabetes

4. Menghindari stres berlebih dan depresi

5. Menghindari penurunan fungsi dan kesehatan otak serta mengurangi risiko pikun

Waktu yang Tepat untuk Olahraga bagi Orang Lanjut Usia

Waktu yang tepat untuk olahraga bagi orang lanjut usia disarankan setidaknya 30 menit setiap harinya, 5 kali seminggu. Dengan pembagian jenis olahraga kekuatan atau ketahanan otot dilakukan minimal 2 kali seminggu. Sementara waktu yang tepat untuk olahraga keseimbangan minimal dilakukan 3 kali seminggu.

Jenis Olahraga untuk Lansia

Berjalan Santai

Aktivitas fisik ringan yang bisa jadi pilihan yaitu berjalan. Tidak perlu berjalan hingga jauh, Anda bisa berjalan di dalam rumah, halaman, atau daerah sekitar rumah. Meski sederhana, tapi manfaat yang dirasakan bila dilakukan secara rutin yaitu bantu membuat jantung lebih kuat dan membakar kalori yang berlebih.  

Bersepeda

Rutin melakukan olahraga bersepeda juga baik untuk para lansia. Alasannya dengan bersepeda secara rutin bisa membuat jantung lebih sehat serta tulang dan sendi jadi lebih kuat. Agar kegiatan bersepeda lebih aman sebaiknya selalu lindungi diri dengan menggunakan pengaman seperti sarung tangan, kacamata sepeda, dan helm sepeda. Pastikan juga sebelum bersepeda selalu mengecek keadaan sepeda, misalnya dengan menyesuaikan dudukan sepeda dengan postur tubuh dan mengatur kembali sadel agar nyaman saat digunakan.

Latihan Keseimbangan

Saat sudah memasuki fase lanjut usia, keseimbangan tubuh akan berkurang dan risiko cedera bisa lebih tinggi. Itulah sebabnya orang lanjut usia disarankan untuk secara rutin melakukan latihan keseimbangan untuk meminimalisir risiko terjatuh saat beraktivitas maupun berjalan. Contoh latihan keseimbangan yang bisa dilakukan yaitu berjalan jinjit atau berdiri di atas satu kaki, push up dinding, berjalan ke samping, dan mengangkat kaki ke belakang.

Yoga

Jenis olahraga untuk lansia selanjutnya yaitu yoga. Bila Anda secara teratur melakukannya akan sangat baik untuk menjaga pernapasan tetap teratur, meningkatkan kualitas tidur dan fokus serta bisa meminimalisir stres berlebih. Olahraga ini memiliki banyak jenis.  Salah satu jenis yoga yang direkomendasikan untuk lansia yaitu hatha yoga atau iyengar yoga. 

Tips Melakukan Olahraga Bagi Lansia 

1. Lakukan secara perlahan dan bertahap

2. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya

3. Pilih olahraga yang Anda sukai atau sesuai kemampuan

4. Pantau kemajuan olahraga menggunakan beberapa alat sederhana seperti pedometer untuk mencatat langkah, stopwatch untuk menghitung waktu latihan, jurnal untuk mencatat latihan harian dan menunjukkan seberapa banyak kemajuan

5. Jika Anda baru pulih dari sakit, konsultasikan pada dokter olahraga apa yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda dan berapa lama durasi yang aman untuk melakukannya

6. Pastikan cukup hidrasi dan makan yang bergizi setiap hari

Sebagai tambahan, selain rutin melakukan olahraga lengkapi juga nutrisi harian dengan mengonsumsi susu Ensure dua kali sehari. Susu ini membantu jaga daya tahan dan kekuatan tubuh agar bisa aktif melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari.  Terdapat kandungan penting di dalamnya seperti omega-3 & 6, kombinasi triple protein whey, kasien dan soya, 14 vitamin dan 9 mineral serta serat pangan untuk mendukung hidup sehat, mandiri, aktif, dan produktif. Susu Ensure diformulasikan tanpa pemanis buatan dan rendah laktosa sehingga nyaman di perut. 

 

Ensure tersedia dalam dua varian rasa vanila dan cokelat yang lezat. Ukuran tersedia 150 gram, 400 gram, dan 900 gram. 150 gram hanya tersedia untuk varian vanila. Anda bisa membelinya di supermarket terdekat dari tempat tinggal Anda.